Cara Flash Samsung Galaxy Ace 3

Cara Flash Samsung Galaxy Ace 3 Dengan PC dan Tanpa PC

Cara Flash Samsung Galaxy Ace 3 – Ketika masalah yang terjadi pada HP Samsung Ace 3 masih dalam batas normal, maka kita bisa mengatasinya hanya dengan melakukan factory reset saja. Tapi berbeda jika kondisi yang terjadi sudah parah, seperti bootloop, terserang virus sampai dengan mati total.

Jika sudah mengalami masalah tersebut, tentu dengan hanya melakukan factory reset saja tidak akan bisa memperbaikinya. Karena hanya dengan cara flash saja yang akan bisa membantu kalian untuk memperbaiki masalah yang sedang terjadi.

Terlepas dari kerusakan tersebut, melakukan flash juga sebenarnya bisa membantu kalian saat ingin memulihkan performa ponsel. Hal ini karena ketika melakukan flashing, seluruh sistem dan data yang ada didalam ponsel akan di hapus dan diganti dengan data yang lebih baru. Sehingga jika memang terjadi bugerror pada sistem tentu akan hilang sampai ke akar-akarnya.

Untuk melakukan flash tidaklah mudah seperti yang kalian bayangkan, karena ini berhubungan dengan file sistem pada HP. Sehingga kalian tidak bisa sembarangan memasangkan file sistem pada HP yang akan di flash, sebab masing-masing ponsel Android memiliki file sistem yang berbeda.

Namun kalian tidak perlu merasa khawatir, karena saya di sini akan menjelaskan tutorialnya secara lengkap dan pastinya mudah untuk dipahami. Dalam tutorial kali ini, kalian bisa memilih salah satu dari dua cara flash Samsung Galaxy Ace 3 yang saya rangkumkan di bawah.

Cara Flash Samsung Galaxy Ace 3 GT-S7270 Dengan PC

Cara Flash Samsung Galaxy Ace 3 GT-S7270 Dengan PC

Dalam tutorial yang pertama ini, saya akan menjelaskan ke kalian tentang cara flash Samsung Galaxy Ace 3 dengan memakai komputer atau laptop. Namun jika kalian tidak memiliki perangkat komputer atau laptop di rumah, mungkin bisa mengikuti tutorial yang kedua.

Bagi kalian yang ingin mengikuti tutorial ini, maka ada beberapa bahan yang perlu kalian persiapkan terlebih dahulu.

Bahan-bahan yang perlu disiapkan:

Sebelum memulai, ada hal penting yang wajib untuk kalian ketahui. Di mana kalian juga wajib melakukan backup data yang tersimpan di dalam HP terlebih dahulu, namun jika memungkinkan.

Karena saat proses flashing, seluruh data penting yang ada di dalam HP akan terhapus tanpa tersisa. Sehingga, jika kalian ada data penting yang tidak ingin hilang ketika melakukan flash, ada baiknya membackup terlebih dahulu data tersebut.

Jika kalian tidak tahu caranya, maka bisa membaca tutorial cara backup data penting di Android pada artikel saya sebelumnya. Setelah semua bahan sudah siap semuanya, maka kalian sudah bisa langsung memulai proses flash pada HP Samsung Ace 3.

Cara Flash Samsung Galaxy Ace 3 GT-S7270 Via Odin

  1. Ekstrak terlebih dahulu semua bahan yang sudah kalian download tadi.
  2. Lalu install USB Driver Samsung pada PC atau laptop.
  3. Setelah itu, kalian sekarang bisa mematikan HP Samsung Ace 3.
  4. Berikutnya masuk ke mode Download dengan menekan tombol Home + Power + Volume Down secara bersamaan.
  5. Untuk melanjutkan ke mode Download, tekan tombol Volume UP.Cara Masuk ke Mode Download pada Samsung Galaxy Ace 3
  6. Sekarang kalian jalankan software Odin.
  7. Hubungkan HP ke perangkat komputer dengan memakai kabel USB dan pastikan sudah terdeteksi dengan benar.
  8. Jika sudah, pilih menu AP pada odin dan masukan firmware Samsung Galaxy Ace 3 yang sudah di download.
  9. Apabila sudah, kalian dapat langsung menekan menu Start.
  10. Proses flashing akan dimulai secara otomatis dan akan memakan waktu yang cukup lama.
  11. Jika berhasil, maka akan di tandai dengan munculnya tulisan PASS pada Odin.

Nantinya HP Samsung kalian akan reboot secara otomatis dan proses ini biasanya memakan waktu yang cukup lama, antara 5 sampai 10 menit.

Cara Flash Samsung Galaxy Ace 3 GT-S7270 Tanpa PC

Cara Flash Samsung Galaxy Ace 3 GT-S7270 Tanpa PC

Seperti dengan judulnya, di mana kalian tidak membutuhkan perangkat PC atau laptop untuk membantu proses flashing. Selain itu, cara ini juga hanya membutuhkan satu file yang harus kalian download dan menyimpannya di memori SD Card.

Proses flashing tanpa memakai PC memang tidak sulit dan pastinya sangat mudah untuk dilakukan. Tapi dibalik itu, ada hal penting yang wajib juga kalian ketahui. Kalau cara ini hanya bisa kalian gunakan apabila HP Samsung Galaxy Ace 3 tidak dalam keadaan bootloop atau mati total.

Selain itu, prosesnya juga memiliki resiko kegagalan jika file yang kalian gunakan tidak sesuai dengan file lama pada HP. Jika memungkinkan, kalian juga wajib untuk membackup seluruh data penting yang di simpan pada ponsel, agar tidak hilang saat proses flashing berlangsung.

Bahan-bahan yang harus disiapkan:

Cara Flash Samsung Galaxy Ace 3 GT-S7270 Tanpa PC

  1. Pertama pastikan kalian sudah mengunduh file ROM Samsung Galaxy Ace 3.
  2. Simpan file ROM tersebut pada memori SD Card.
  3. Lalu matikan HP Samsung Galaxy Ace 3.
  4. Masuk ke mode Recovery dengan menekan kombinasi tombol PowerVolume Down secara bersamaan.
  5. Berikutnya pilih menu Wipe Data dan Wipe Cache.
  6. Selanjutnya pilih menu Install Form ext SD Card.
  7. Cari file ROM yang sudah kalian simpan tadi.
  8. Tap dan proses flashing akan dimulai secara otomatis.
  9. Tunggu sampai prosesnya selesai dan pastikan daya baterai tidak habis.

Di sini kalian juga bisa sambil berdoa agar proses flash HP Samsung Galaxy Ace 3 dapat berjalan dengan lancar.

Penutup

Untuk saat ini, kedua cara tadi masih bisa kalian gunakan ketika ingin melakukan flash pada HP Samsung Galaxy Ace 3. Namun jika kalian masih sangat pemula, ada baiknya meminta bantuan orang yang lebih berpengalaman dengan hal ini.

Karena jika kalian salah dalam memasukkan file saat proses flashing, kemungkinan buruk bisa saja terjadi pada ponsel. Jadi, pastikan kalian sudah memahami konsekuensinya, ya.

Mungkin sampai disini dulu tutorial cara flash Samsung Galaxy Ace 3 dengan PC atau tanpa PC. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Gambar Gravatar
Sangat suka menulis dan utak atik HP dari kecil!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.