5+ Cara Cek Sensor HP Samsung Dijamin Akurat

Cara Cek Sensor HP Samsung Dijamin Akurat

Cara Cek Sensor HP Samsung – Pada dasarnya masing-masing smartphone itu mempunyai kelengkapan sensor yang berbeda-beda. Dimana semakin mahal harga smartphone yang kalian beli maka akan semakin lengkap sensor yang ada didalamnya.

Untuk jenis sensor yang ada didalam smartphone sendiri juga ada banyak, mulai dari sensor Proximity, Accelerometer, Gyroscope, sensor pemindai sidik jari atau wajah dan masih ada banyak lagi yang lainnya. Namun salah satu sensor yang paling wajib ada didalam smartphone adalah Gyroscope atau Gyro.

Pada saat membeli sebuah smartphone baru ataupun bekas, tentu hampir sebagian dari orang akan melakukan pengecekan keseluruh bagian. Mulai dari bodi, layar ataupun hal lain yang memang kira-kira dapat dilihat secara fisik, setelah itu barulah lanjut kebagian segi sistemnya.

Untuk proses pengecekan kondisi HP secara umum tentu sudah banyak orang yang tahu dan paham caranya. Tapi bagaimana dengan cara cek fungsi sensor pada HP? Pasti masih banyak dari kalian yang belum tahu bukan?

Oleh karena itu, admin akan membahasnya secara lengkap didalam artikel ini. Lebih jelasnya kalian dapat menyimaknya dibawah ini.

Pengertian Tentang Sensor HP Secara Umum

Sebelum kita lanjut kedalam pembahasan cara cek sensor di HP Samsung, ada baiknya kita lihat dulu sekilas pengertian tentang sensor yang ada didalam sebuah smartphone Android.

Didalam smartphone Android, khusus untuk HP keluaran sekarang ini setidaknya itu sudah dibekali dengan 6 jenis sensor yang tertanam didalamnya. Masing-masing sensor tersebut juga mempunyai fungsi atau kegunaanya masing-masing.

Sebagai salah satu contoh sederhannya, pada saat kalian melakukan panggilan ataupun menerima panggilan menggunakan HP, maka jika kalian dekatkan ke tangan tentu layar akan terkunci secara otomatis. Sebaliknya, jika kita menjauhkan tangan dari layar maka akan kembali menyala seperti awal.

Itu hanya sebagai contoh sederhana fungsi dari sensor yang ada didalam sebuah smartphone. Jika dilihat lebih jauh, tentu masih ada banyak lagi sensor yang mungkin tidak bisa dilihat secara kasat mata. Sensor juga sebagai pendukung agar sebuah smartphone itu terlihat canggih dan berguna untuk penggunanya.

Fungsi Sensor HP Samsung

Ketika kita melakukan sebuah pengecekan pada sensor HP Samsung, tentu kalian akan mendapatkan banyak sekali pilihan didalamnya. Sebagian besar pilihan tersebut mungkin belum banyak orang yang memahaminya.

Oleh sebab itu, agar kalian lebih paham tentang fungsi sensor pada HP Samsung, maka bisa menyimak penjelasannya dibawah ini.

Berikut daftar nama dan fungsi sensor pada HP Samsung:

  • Accelerpmeter: Sensor pertama ini memiliki fungsi untuk mendeteksi percepatan dari gravitasi bumi. Sederhananya itu, sensor ini mempunyai peran sebagai salah satu fungsi dasar dari kompas serta dalam pemakaian GPS pada smartphone.
  • Gyroscope: Sensor kedua ini mempunyai fungsi untuk mendeteksi posisi smartphone. Contoh sederhananya itu sensor ini akan membedakan mana atas dan mana bawah serta seterusnya. Sensor ini umumnya akan aktif jika penggunannya menggunakan smartphone untuk bermain game tertentu.
  • Ambient Light: Sensor yang berikut ini mempunyai fungsi dalam menyesuaikan sorotan cahaya layar pada smartphone dengan keadaan di sekitar secara otomatis. Contohnya saja ketika dalam keadaan terang, maka layar smartphone akan secara otomatis mengatur tingkat kecerahan layar. Hal ini berguna agar pengguna dengan mudah melihat tampilan yang ada didalam smartphone.
  • Proximity: Ini merupakan salah satu sensor yang tadi sudah admin sebutkan diatas. Dimana sensor ini akan membuat layar smartphone kalian mati saat sedang melakukan panggilan ataupun menerima telepon. Ini bertujuan untuk menghemat konsumsi daya pada baterai.
  • Magnet Sensor: Sama seperti dengan namanya, dimana sensor yang satu ini memiliki fungsi untuk mendeteksi magnet. Sensor ini juga digunakan sebagai komponen dasar dari fungsi kompas yang ada dalam smartphone.
  • Temperature Sensor: Sebenarnya didalam smartphone itu ada dua jenis sensor temperatur. Namun untuk sensor yang dimaksudkan ini adalah untuk mengetahui temperatur suhu dari komponen HP Samsung itu sendiri. Ini juga akan memudahkan penggunanya untuk memonitor tingkat suhu dari ponsel yang mereka gunakan.
  • Fingerprint: Tentu kalian sudah tidak asing dengan sensor yang satu ini. Dimana sensor ini memiliki fungsi untuk memindai sidik jari yang biasanya terletak dibagian belakang HP, depan dan juga didalam layar. Sensor ini akan mengamankan ponsel kalian dari orang lain.
  • Sound: Atau lebih tepatnya lagi adalah sensor suara. Dimana sensor ini memiliki fungsi untuk menyesuaikan volume suara HP.

Diatas itu mungkin hanya baru sebagian saja contoh sensor yang umum ada didalam smartphone seperti Samsung. Mungkin untuk HP Samsung yang lebih baru, ada penambahan sensor lain yang mungkin tidak admin sebutkan diatas. Karena tiap tahun teknologi akan terus mengalami perkembangan, begitu juga dengan fitur sensor yang ada didalam sebuah smartphone.

Seperti yang sudah admin katakan diatas tadi, dimana masing-masing produsen smartphone termasuk Samsung tentu membekali setiap produknya dengan jenis sensor yang berbeda-beda. Ini juga biasanya berpatokan dengan harga dari smartphone itu sendiri.

Cara Cek Sensor di HP Samsung Dengan Kode Rahasia

Dengan pembahasan diatas tadi, pastinya kalian sudah paham mengenai nama dan fungsi sensor yang ada didalam smartphone. Maka untuk selanjutnya admin akan menjelaskan secara mudah tentang cara mengecek sensor di HP Samsung.

Sensor yang ada didalam smartphone tentu tidak semuanya bisa kita lihat dengan kasat mata seperti komponen lain. Oleh karena itu, untuk mengetahuinya kalian harus menggunakan cara khusus dan pastinya berbeda dengan cara pengecekan komponen lain.

Untuk kali ini, kita akan melakukan pengecekan menggunakan sebuah kode sensor Samsung yang mungkin masih sedikit orang yang tahu. Penasaran? Berikut tutorial lengkapnya:

  • Langkah pertama kalian buka dulu aplikasi Telepon yang ada didalam HP Samsung.
  • Selanjutnya jika sudah, kalian bisa mengetikan kode sensor Samsung *#0#* pada dial.
  • Pilih Panggil maka kalian akan melihat sebuah halaman pengecekan HP Samsung.
  • Terakhir tentu kalian pilih menu Sensor.

Cara Cek Sensor di HP Samsung Dengan Kode Rahasia

Dalam menu tersebut kalian bisa melakukan pengecekan secara mendalam mengenai sensor yang ada pada HP Samsung. Cara ini juga tergolong akurat saat ingin mengetahui kondisi sensor pada HP Samsung.

Cara Mengecek Sensor Samsung Dengan Aplikasi

Sensor yang ada didalam ponsel tentu berbentuk komponen dan ini juga akan sangat mungkin mengalami sebuah kerusakan. Jika terjadi kerusakan pada sensor, maka pastinya akan berdampak buruk pada HP yang kita gunakan. Tentu kalian tidak ingin hal tersebut terjadi bukan?

Maka, selain melakukan pengecekan dengan menggunakan kode sensor Samsung diatas tadi, kalian jika bisa menggunakan bantuan beberapa aplikasi pihak ketiga. Hal ini tentu sangat berguna jika kalian membeli sebuah HP Samsung bekas yang tentu kita tidak tahu kondisi sebelumnya bagaimana.

Jika memungkinkan, kalian dapat menggunakan bantuan aplikasi pihak ketiga untuk membatu pengecekan sensor yang ada pada HP Samsung secara menyeluruh.

Berikut daftar aplikasi untuk membantu mengecek sensor HP Samsung:

1. Menggunakan Aplikasi AIDA64

Menggunakan Aplikasi AIDA64

Aplikasi pertama yang bisa kalian gunakan untuk membantu mengecek sensor HP Samsung adalah AIDA64. Aplikasi ini bisa kalian uduh secara gratis di Google Play Store yang ada didalam smartphone.

AIDA 64 ini memiliki sebuah fitur yang dimana fitur tersebut akan membantu kalian untuk melihat secara detail sensor yang ada didalam HP Samsung. Selain informasi sensor yang ditampilkan lebih detail, aplikasi ini juga bisa menampilkan spesifikasi dan beragam informasi penting lainnya yang ada di HP Samsung.

2. Memakai Aplikasi CPU-Z

Memakai Aplikasi CPU-Z

Aplikasi kedua yang bisa kalian gunakan saat ingin mengecek sensor HP Samsung adalah CPU-Z. Fungsi dari aplikasi ini memang masih sama dengan aplikasi sebelumnya, namun CPU-Z mampu membantu kalian melihat kondisi dari HP Samsung yang dibeli secara keseluruhan.

Kalian juga bisa mendapatkan aplikasi ini secara gratis di Play Store. Selain ukurannya yang tidak terlalu besar, aplikasi ini juga sangat mudah untuk kalian gunakan.

3. Dengan Aplikasi CPU Z Pro

Dengan Aplikasi CPU Z Pro

Aplikasi ini adalah salah satu aplikasi yang admin gunakan saat ingin mengetahui kondisi sensor yang ada didalam smartphone termasuk juga pada HP Samsung. Hal ini karena CPU Z Pro ini mampu menampilkan seluruh sensor secara mendetail dan menampilkannya secara sederhana.

Selain digunakan untuk mengetahui kondisi sensor, aplikasi ini juga bisa kalian gunakan untuk mengecek keadaan hardware, baterai sampai kondisi dari sistem operasi yang ada pada Smartphone. Terakhir, aplikasi ini juga sangat mudah untuk dioperasikan.

4. Menggunakan Aplikasi Sensor Box

Menggunakan Aplikasi Sensor Box

Sebuah aplikasi terakhir yang bisa membantu kalian dalam mengecek keadaan sensor HP Samsung adalah Sensor Box. Masih sama dengan deretan aplikasi diatas, dimana fitur yang ada didalam aplikasi ini akan membantu kalian dalam mengecek seluruh sensor yang ada didalam ponsel.

Tampilan dari aplikasi ini juga cukup simpel dan pastinya sangat mudah untuk kalian operasikan. Jadi, apakah kalian tertarik untuk menggunakan aplikasi ini?

Cara Mengatasi Sensor HP Samsung yang Bermasalah

Jika setelah kalian melakukan pengecekan sensor seperti yang admin jelaskan di atas dan ternyata ada beberapa masalah pada sensor di HP Samsung yang kalian beli maka tidak usah khawatir. Karena sebenarnya sensor yang mengalami kerusakan itu dapat diperbaiki.

Caranya tentu dengan mengganti komponen sensor yang rusak tadi dengan komponen sensor yang baru. Untuk melakukannya, kalian bisa membawanya ke tempat service HP Samsung agar komponen yang rusak bisa diganti dengan yang baru.

Untuk masalah biaya, setiap komponen sensor memiliki harga yang berbeda-beda. Namun jika ponsel masih dalam masa garansi, mungkin saja kalian tidak perlu mengeluarkan biaya untuk memperbaikinya.

Tapi bagaimana jika garansi sudah hilang dan tidak ada biaya untuk memperbaikinya? Tenang, kalian tidak perlu panik begitu. Admin ada sedikit solusi dalam mengatasi permasalahan tersebut, tapi solusi ini tidak bisa kalian lakukan pada semua komponen sensor yang ada didalam HP Samsung.

Selain itu, cara ini juga tidak akan bisa memperbaiki komponen sensor HP Samsung yang benar-benar sudah rusak. Tapi jika hanya terjadi error atau masalah sistem lainnya, maka cara ini akan sangat ampuh untuk mengatasinya.

Bagaimana caranya? Yuk, kita lihat beberapa tips memperbaiki sensor HP Samsung yang bermasalah di bawah ini:

1. Membersihkan Panel Sensor Samsung

Membersihkan Panel Sensor Samsung

Sebelum kalian berburuk sangka pada sistem sensor, ada bagusnya kalian melihat dan mengecek apakah terdapat kotoran atau goresan diatas sensor Proximity. Jika ternyata ada, maka cobalah untuk membersihkannya terlebih dahulu.

Kalian dapat membersihkan area sensor tersebut dan bila perlu kalian juga bisa melepaskan anti gores yang melekat pada layar. Sebab tidak hanya debu saja, goresan yang terjadi juga bisa menghambat kinerja dari Sensor tersebut. Maka dari itu, cobalah untuk memeriksa kebersihan terlebih dahulu sebelum membawanya ke tempat service.

2. Lakukan Kalibrasi Sensor Proximity

Lakukan Kalibrasi Sensor Proximity

Cara yang berikutnya ini juga bisa kalian lakukan apabila kinerja sensor Proximity yang ada didalam HP Samsung mengalami masalah. Selain dengan membersihkan dari kotoran, debu serta goresan, kalian juga bisa melakukan kalibrasi pada sensor Proximity.

Melakukan kalibrasi ini tentu bertujuan untuk memperbaiki dan melakukan reset ulang pada sensor HP Samsung tersebut. Untuk melakukannya, kalian bisa menggunakan sebuah aplikasi pihak ketiga yang bernama Proximity Sensor Reset Fix Calibrate.

Aplikasi tersebut bisa kalian dapatkan di Google Play Store yang ada pada HP Samsung. Ukurannya juga tidak terlalu besar dan pastinya mudah untuk dioperasikan.

3. Coba Lakukan Flashing

Coba Lakukan Flashing

Cara yang paling ekstrim untuk membantu kalian dalam mengatasi masalah yang sedang di hadapi pada sensor HP Samsung adalah dengan melakukan Flashing. Prinsip kerja flashing ini adalah dengan menginstal ulang seluruh sistem yang ada didalam Smartphone dan mengembalikannya seperti awal.

Tapi admin tidak terlalu menyarankan untuk melakukan cara ini, karena jika ada kesalahan saat proses Flashing maka akan membuat ponsel kalian mengalami kerusakan yang lebih parah. Namun jika kalian sudah berpengalaman, mungkin dapat mencoba cara yang satu ini.

Penutup

Mungkin begitu saja penjelasan mengenai cara cek sensor HP Samsung. Jadi jika kalian ingin membeli sebuah smartphone baru ataupun bekas, maka jangan hanya mengecek bodi, layar atau komponen yang terlihat secara fisik saja. Karena kalian juga wajib mengecek kondisi dan kelengkapan sensor yang ada didalam smartphone.

Meski hal tersebut dirasa sangat merepotkan, tapi mengecek sensornya itu juga demi mencegah kalian mendapatkan sebuah ponsel yang cacat bukan? Kalian bisa mengecek sensor HP Samsung yang ingin dibeli dengan menggunakan metode diatas tadi.

Seperti biasa, jika kalian mempunyai sebuah pertanyaan atau ada hal yang kurang jelas tentang pembahasan diatas maka jangan ragu untuk menulisnya di kolom komentar. Admin akan dengan senang hati membantu kalian. Semoga bermanfaat!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.