Cara Agar Google Docs Dapat Diakses Banyak Orang

Cara Agar Google Docs Dapat Diakses Banyak Orang

Bagi yang belum tahu, kalau di dalam Google Docs itu kita tidak hanya bisa membuat sebuah dokumen saja lho. Tapi Google Docs juga dapat diakses oleh banyak orang sekaligus dalam satu dokumen.

Hal ini sangat cocok sekali untuk orang-orang yang bekerja dalam sebuah tim dan mengharuskan mereka untuk membuat sebuah dokumen bersama-sama pada waktu yang bersamaan pula.

Dengan begitu, kita di sini juga tidak perlu repot-repot lagi untuk menulis dokumen secara terpisah kemudian harus menggabungkannya dengan cara manual. Pastinya akan sangat merepotkan dan membutuhkan waktu yang tidak sedikit juga.

Nah, bagi kalian yang mungkin sedang ingin tahu tentang cara agar Google Docs dapat diakses banyak orang sekaligus, bisa langsung menyimak panduan lengkapnya di sini.

Cara Agar Google Docs Dapat Diakses Banyak Orang

Cara ini juga bisa kalian lakukan menggunakan browser pada komputer atau memakai aplikasi resmi Google Docs di HP. Nanti prosesnya tetap sama saja kok, hanya tampilannya saja yang akan menjadi pembedanya.

Namun untuk tutorial kali ini, saya akan mencontohkan caranya menggunakan aplikasi pada HP Android. Langkah-langkahnya seperti berikut:

1. Buka Aplikasi Google Docs

Langkah pertama, kalian bisa membuka aplikasi Google Docs yang terpasang pada perangkat. Jika belum mempunyai aplikasinya, kalian bisa mendownloadnya di Google Playstore terlebih dahulu. Pada HP, aplikasi Google Docs biasanya bernama “Google Dokumen“.

Nanti jika sudah, jangan lupa juga login menggunakan akun Google yang kalian gunakan.

2. Buka Dokumen

Jika aplikasinya sudah terbuka, kalian bisa langsung membuka dokumen ataupun membuat dokumen baru. Dalam tutorial kali ini, di sini saya akan memilih untuk membuat dokumen bari di Google Docs.

Caranya dengan menekan ikon + yang ada di pojok kanan bawah layar. Nanti halaman dokumen baru akan langsung terlihat pada layar HP kalian.


Baca Juga : Cara Membuat dan Menambahkan Co Host di Google Zoom


3. Masukan Data-data yang Diinginkan

Setelah dokumen baru sudah muncul, sekarang kalian bisa menambahkan data-data yang ingin di buat pada dokumennya.

Seperti menambahkan gambar, membuat tabel, memberi batas halaman, nomor halaman dan masih banyak lagi. Untuk menambahkan data-data tersebut, kalian bisa menekan ikon + yang ada di atas layar.

Jika sudah, tekan tanda centang yang ada di pojok kiri atas layar untuk menyimpan dokumen terlebih dahulu.

4. Berikan Nama Pada Dokumen

Langkah selanjutnya setelah membuat dokumen baru, di sini kalian harus memberi nama pada dokumen tersebut. Ini agar nanti kalian bisa lebih mudah untuk menemukan dokumennya.

Langkah-langkahnya seperti ini:

  • Di halaman utama, kalian tekan ikon titik tiga yang ada di sebelah dokumen.
  • Maka nanti akan muncul banyak pilihan opsi.
  • Silakan pilih menu Ganti Nama.
  • Lalu masukkan nama yang di inginkan.
  • Tekan menu Ganti Nama untuk menyimpan perubahan.

5. Aktifkan Fitur Editor

Selanjutnya kita akan masuk kedalam bagian yang paling penting, ialah membuat dokumen yang kita buat bisa di akses oleh banyak orang.

Caranya seperti ini:

  • Pastikan halaman utama Google Docs masih terbuka.
  • Kemudian tekan ikon titik tiga yang ada di samping dokumen.
  • Maka akan muncul beberapa opsi, pilih saja Kelola Orang dan Link.
  • Di sini akan muncul beberapa pilihan, tekan menu Ubah di bawah tulisan Dibatasi.
  • Lalu tekan lagi ikon panah di samping.
  • Lanjut tekan opsi Siapa saja yang memiliki link.
  • Nanti akan secara otomatis kembali ke halaman sebelumnya.
  • Sekarang tekan menu Pengakses Lihat-Saja dan rubah menjadi Editor.
  • Selesai deh.

Kini sekarang siapapun yang mempunyai link dari dokumen yang kalian buat bisa langsung mengedit dokumen tersebut. Kalian juga bisa langsung membagikan link dari dokumen tadi ke orang yang ingin di berikan.

Caranya dengan menekan ikon titik tiga pada dokumen, kemudian memilih menu Salin Link. Nanti tinggal mengirimnya menggunakan aplikasi yang kalian inginkan.

Penutup

Oh ya, perlu kalian ketahui juga kalau orang yang sudah memiliki tautan ke dokumen yang kalian buat tersebut bisa melakukan perubahan pada dokumennya. Seperti menambah atau mengubah kalimat, menghapus dan lainnya.

Jadi pastikan kalau kalian tidak membagikan link dokumen penting tersebut ke orang-orang yang tidak di inginkan, ya.

Mungkin cukup sekian dulu informasi yang bisa saja bagikan tentang cara agar Google Docs dapat diakses banyak orang sekaligus. Nanti jika ada yang kurang jelas atau ada pertanyaan, kalian bisa menuliskannya pada kolom komentar.

Semoga bermanfaat.

Gambar Gravatar
Sangat suka menulis dan utak atik HP dari kecil!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.