Apa Arti Maintenance di Game?

Arti Maintenance di Game dan Tujuannya

Arti Maintenance di Game – Perlu kalian ketahui, kalau sebenarnya game online itu tidak akan selalu aktif. Karena terkadang pasti bakalan ada sebuah perbaikan khusus yang akan di lakukan oleh developer-nya.

Nah, pada saat di lakukan perbaikan inilah, pemain tidak akan bisa masuk ke dalam game seperti biasa. Perbaikan ini juga memiliki istilah tersendiri, yaitu maintenance.

Bagi kalian yang memang sudah sering main game online, pastinya sudah pernah ataupun sering mendengar istilah tersebut. Hanya saja, masih ada beberapa orang yang ternyata belum tahu arti dari kata maintenance yang sebenarnya.

Oleh sebab itulah, pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan secara lengkap mengenai apa sih arti dari kata maintenance di game. Serta apa saja tujuan dari adanya maintenance tersebut.

Apa Arti Maintenance di Game?

Maintenance memiliki arti yang menandakan kalau sedang ada pemeliharaan server yang di lakukan oleh develover game tersebut. Tujuannya untuk melakukan perbaikan, memperbaharui ataupun mengatasi masalah yang ada di game.

Pada saat game sedang ada dalam mode maintenance, biasanya semua pemain tidak akan bisa login ke dalam game. Atau terkadang ada beberapa game online yang pemainnya masih bisa login namun tetap di batasi.

Lama waktu maintenance di game itu sifatnya acak dan tidak sama pada setiap game online. Ada yang hanya sebentar dan ada juga yang waktu maintenance-nya lama.

Biasanya sih durasinya itu tergantung dari banyak tidaknya developer melakukan update pada game.


Baca Juga : Arti Grinding dan Farming di Game


Tujuan Melakukan Maintenance Pada Game

Masing-masing game online pastinya sudah mempunyai jadwal maintenance tersendiri. Begitu juga dengan tujuan melakukannya maintenance tersebut.

Nah, berikut ini ada beberapa tujuan yang umum ketika developer game melakukan maintenance.

1. Untuk Melakukan Perbaikan Server

Hampir semua data dari sebuah game itu ada di dalam sebuah server. Oleh karena ini, pemeliharaan serta perbaikan server wajib dan selalu di butuhkan sesekali dalam kurun waktu tertentu.

Apalagi untuk game online yang populer dan memiliki banyak pemain. Sudah pasti maintenance wajib untuk di lakukan, meskipun juga terkadang perbaikan ini di lakukan dengan cara update.

Untuk pemeliharaan server yang saya maksud di sini itu adalah sebagai berikut:

  • Meningkatkan server agar game bisa berjalan lebih stabil.
  • Backup data pemain agar tidak hilang.
  • Penambahan server baru.
  • Perbaikan server jika ada masalah, misalnya sering terjadi lag.
  • Serta perpindahan server atau merge server.

2. Memperbaiki Adanya Bug

Tentu sudah sangat umum, ketika memainkan sebuah game online sering muncul sebuah bug. Entah itu sebuah bug biasa yang sering terjadi di game play atau bug keamanan.

Sama seperti bug yang terjadi pada ponsel, di mana bug pada game jika tidak segera di perbaiki akan bisa mengganggu kenyamanan penggunanya. Hal ini tentu akan membuat game tersebut menjadi menurun.

Maka dari inilah, maintenance itu sangat di butuhkan untuk memperbaiki bug tersebut. Sehingga pemain bisa merasa nyaman ketika memainkan game-nya.

3. Menambah Fitur Pada Game

Selain untuk memperbaiki adanya bugmaintenance juga bisa berarti ada penambahan sebuah fitur. Salah satu contoh yang paling sering adalah adanya penambahan event bulanan atau season baru.

Agar kalian tahu, kalau penambahan fitur ini juga bertujuan agar game tersebut bisa menjadi lebih menarik dan tidak monoton. Sehingga pemain dapat mencari hal-hal baru di dalam game tersebut.


Baca Juga : Arti Meta Dalam Game


4. Adanya Penambahan Hero, Item dan Sejenisnya

Tujuan terakhir dilakukannya maintenace adalah untuk menambahkan elemen baru pada game. Elemen yang saya maksud di sini itu seperti hero, itemequip dan lainnya.

Di sini tidak banyak game yang memiliki tujuan tersebut saat melakukan maintenance. Hanya ada beberapa game yang melakukannya, seperti game ganre MOBA atau RPG.

Kenapa? Karena genre tersebutlah yang memiliki elemen-elemen yang saya sebut tadi.

Apakah Semua Game Terdapat Maintenance?

Sudah pasti tidak, ya. Karena maintenance ini hanya berlaku untuk deretan game online saja. Yang mana pemain di haruskan untuk terhubung dengan internet saat ingin memainkan game-nya.

Khusus untuk game offlinemaintenance jelas tidak ada. Karena pada game ini istilah maintenance itu di ganti dengan nama patch.

Apa itu patchPatch adalah sebuah proses update pada game yang di lakukan secara manual oleh penggunanya. Intinya developer akan menyediakan sebuah data update yang nantinya dapat kita pasang secara manual.

Jadi, meski update sudah tersedia dan kita belum memasangnya, game masih tetap bisa kita mainkan seperti biasa. Berbeda dengan maintenance, karena ketika itu game sama sekali tidak bisa kita mainkan sesuai keinginan.

Penutup

Bagi kalian yang suka dan sering main game online tentu istilah maintenance akan lebih sering di jumpai. Sehingga sudah seharusnya kita tahu arti dan tujuan di lakukannya maintenance pada game.

Apabila ada penjelasan yang kurang jelas atau ada hal lain yang ingin kalian tanyakan, silakan tuliskannya saja pada kolom komentar.

Cukup sampai di sini dulu pembahasan tentang arti maintenance di game, semoga bisa bermanfaat untuk kalian semuanya.

Sampai bertemu di pembahasan selanjutnya.

Gambar Gravatar
Sangat suka menulis dan utak atik HP dari kecil!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.