Smartfren Tidak Bisa Telepon

Cara Mengatasi Smartfren Tidak Bisa Telepon

Smartfren Tidak Bisa Telepon – Mungkin kalian sudah tidak asing lagi dengan provider yang salah satu ini. Ya, dia adalah Smartfren yang dikenal akan layanan internetnya super ngebut serta paket unlimited nya yang sangat populer sampai saat ini.

Namun untuk hari ini, saya tidak akan menjelaskan lebih jauh mengenai layanan yang disediakan oleh Smartfren. Tapi saya akan berbagi sedikit cerita kepada kalian mengenai satu masalah yang sempat terjadi belakangan ini. Di mana kartu Smartfren tidak bisa melakukan panggilan telepon ataupun menerima panggilan dari nomor HP lainnya.

Meski sudah lama terjadi, sejak Smartfren mengubah layanannya dari CDMA menjadi LTE yang mengakibatkan kartu lama mengalami beberapa kendala, salah satunya ketika melakukan panggilan telepon dan mengirim SMS.

Namun masalah tidak bisa menerima ataupun melakukan panggilan biasanya sering terjadi untuk pengguna yang memakai smartphone selain Andromax. Sebab mereka yang menggunakan HP Andromax dari Smartfren justru sangat jarang sekali mengalami kondisi tersebut.

Kenapa Nomor Smartfren Tidak Bisa Melakukan Panggilan?

Dari kalian pasti banyak yang bertanya-tanya tentang penyebab dari masalah kartu Smartfren tidak bisa telepon.

Sebenarnya penyebabnya ada banyak, selain karena Smartfren sendiri telah mengganti layanannya dari CDMA menjadi LTE. Nomor Smartfren tidak bisa melakukan panggilan juga dapat terjadi karena HP yang kalian gunakan tidak mendukung teknologi VoLTE dari Smartfren.

Karena dengan adanya teknologi VoLTE (Voice Over Long Term Evolution) inilah yang bisa membantu penggunanya melakukan panggilan telepon ataupun SMS melalui jaringan 4G LTE Advance milik Smartfren.

Sehingga untuk kita yang mungkin menggunakan smartphone selain milik dari Smartfren, maka masalah ini akan sering terjadi. Lalu bagaimana caranya agar layanan VoLTE ini bisa kita gunakan pada jenis HP lain selain Andromax?

Caranya ada banyak, selain menggunakan smartphone dari Smartfren langsung, kalian juga bisa mencoba cara lainnya. Untuk lebih jelas lagi, kalian dapat menyimak informasi lengkapnya di bawah ini.

Cara Mengatasi Nomor Smartfren Tidak Bisa Telepon

Untuk cara ini, selain mencarinya di forum internet saya juga akan menuliskan beberapa pengalaman pribadi saat mengalami masalah ini. Sehingga saya berharap bisa membantu kalian yang sedang bermasalah dengan kartu Smartfren yang tidak bisa melakukan panggilan telepon.

1. Rubah Pengaturan SIM Default pada HP

Untuk beberapa smartphone terutama yang menggunakan dua SIM Card atau lebih, tentu memiliki fitur SIM default. Di mana fitur ini akan mengunci salah satu kartu SIM kalian sebagai default dan menggunakannya untuk menunjang beberapa keperluan penggunanya.

Terkadang, masalah ini bisa muncul jika kalian memakai dua kartu SIM dengan operator yang berbeda-beda. Apalagi pada beberapa smartphone Android, default SIM pada HP tidak dapat dirubah secara otomatis dan hanya bisa dilakukan dengan cara manual. Ini sering saya temukan pada HP merek Asus tipe lama.

Apabila kalian belum tahu caranya, maka ikuti langkah-langkah di bawah ini.

  1. Buka menu Pengaturan pada HP.
  2. Lalu kalian pilih menu SIM Card.
  3. Selanjutnya tap opsi SIM Card Management.
  4. Setelah itu kalian tinggal pilih saja salah satu menu, seperti Voice Call, Data Connection dan lainnya.
  5. Jika untuk panggilan, kalian tinggal pilih menu Voice Call saja.
  6. Selesai, deh.

2. Coba Atur Ulang APN Smartfren

Mungkin bagi kalian hal ini akan terlihat sedikit sepele, padahal mengubah pengaturan APN tidak hanya mempengaruhi layanan internet yang kita dapat namun juga bisa mengatasi masalah saat melakukan panggilan. Untuk pengaturan APN yang bisa kalian coba gunakan adalah sebagai berikut.

  • Name : Smartfren4G
  • APN : smartfren4g
  • Username : smartfren
  • Password : smartfren

Pengaturan APN di atas dapat kalian tambahkan ke telepon lalu mengaktifkannya agar dapat bekerja dengan baik. Namun jika kalian belum tahu cara menambahkannya ke telepon, mungkin dapat mengikuti langkah-langkahnya di bawah ini.

  1. Pertama buka dulu menu Pengaturan.
  2. Lalu kalian cari lagi menu Jaringan Seluler.
  3. Setelah itu pilih SIM yang menggunakan kartu Smartfren.
  4. Berikutnya tap opsi Nama Titik Akses (APN).
  5. Agar lebih aman, pilih Buat Baru.
  6. Lalu masukan APN Smartfren yang ada di atas dan sisanya biarkan default saja.
  7. Jika sudah, tekan Simpan dan jangan lupa aktifkan.

3. Menggunakan Aplikasi Smart VoLTE

Cara mengatasi nomor Smartfren tidak bisa telepon yang selanjutnya adalah dengan menggunakan aplikasi Smart VoLTE. Aplikasi ini merupakan buatan resmi dari operator Smartfren jadi sangat aman untuk kalian gunakan pada ponsel Android.

Fungsi dari aplikasi Smart VoLTE ini adalah membantu penggunanya yang memakai Smartphone 4G LTE yang tidak mendukung Native VoLTE. Sehingga bisa membuat ponselnya menjadi mendukung layanan dari smartfren seperti Voice Call, Video Call, SMS dan lainnya.

Namun sebelum itu, kalian wajib mengetahui beberapa syarat agar bisa menggunakan aplikasi ini, seperti.

  • Tidak menginstal aplikasi lain yang sejenis dengan Smart VoLTE.
  • HP Android yang sudah support Native LTE tidak boleh menginstal aplikasi ini karena akan terjadi bentrok.
  • Pasang kartu SIM Smartfren pada slot SIM 1, jika HP kalian mendukung dual SIM.
  • Terdaftar dengan paket Smartfren.

Apabila sudah, kalian bisa langsung mencoba memakai aplikasi dari Smartfren ini. Cara penggunaanya seperti ini:

  1. Pertama kalian bisa menginstall aplikasi Smart VoLTE.
  2. Setelah itu, pastikan kartu Smartfren berada di SIM 1.
  3. Lalu buka aplikasi Smart VoLTE.
  4. Ketika baru pertama kali menggunakannya, pastikan kalian menyetujui syarat dan ketentuan yang diberikan dengan cara mencentang kolom yang disediakan.
  5. Apabila sudah, klik saka menu Activate.
  6. Terakhir tinggal menunggu sampai proses registrasi selesai.

Biasanya jika tidak memenuhi syarat tersebut, kalian akan melihat sebuah pesan masalah saat menggunakan aplikasinya. Pesan tersebut seperti “Aplikasi Error! Kami tidak dapat mencocokan akun Anda.”

4. Dengan Menghubungi Custemer Service Smartfren

Apabila semua cara diatas sudah kalian coba, namun hasilnya belum juga berhasil, maka jalan terakhir adalah dengan menghubungi Customer Service Smartfren. Dengan begitu kalian bisa menanyakan langsung perihal masalah yang sedang di hadapi saat ini.

Jika kalian ingin mencoba cara yang terakhir ini, maka bisa melihat daftar kontak customer service Smartfren di bawah ini.

  • 888 (khusus pengguna Smartfren).
  • 08811-223344-021 (untuk semua operator).
  • 31900303 (Fax).

Namun jika kalian ingin lebih jelas, maka sebaiknya langsung mendatangi galeri Smartfren secara langsung di kotamu. Di sana kalian dapat berkonsultasi langsung mengenai masalah pada kartu Smartfren yang tidak bisa melakukan panggilan.

Penutup

Mungkin itu saja beberapa cara mengatasi nomor Smartfren yang tidak bisa telepon ataupun menerima telepon dari nomor HP lain. Pastikan kalian mencoba setiap cara di atas secara satu persatu jika belum berhasil, karena ada banyak faktor yang menjadi penyebab masalah ini.

Jika kalian memiliki sebuah pertanyaan atau ada pembahasan yang kurang jelas seputar informasi di atas, maka bisa menuliskannya di kolom komentar. Saya akan dengan senang hati membantu kalian untuk mengatasi masalah tersebut.

Selamat mencoba dan semoga bisa bermanfaat untuk kalian semuanya.

Gambar Gravatar
Sangat suka menulis dan utak atik HP dari kecil!

2 komentar

  1. Selamat pagi
    Saya jenifer hamal sudah mencoba setiap cara-cara yang sudah diberikan tetapi mengapa masih tidak bisa lagi untuk kartu smartfren dipakai untuk melakukan panggilan dan mengecek pulsa atau kuota

    1. Pastikan tidak sedang ada gangguan layanan di lokasi, HP yang di pakai sudah mendukung VoLTE dan jika semua cara sudah di coba, maka itu tandanya kartu SIM mas jenifer hamal sudah terblokir. Solusinya harus menghubungi customer service atau datang langsung ke gerai Smartfren terdekat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.