7 Perbedaan Free Fire Max dan Free Fire Biasa

Perbedaan Free Fire Max dan Free Fire Biasa yang Wajib Kalian Ketahui

Perbedaan Free Fire Max dan Free Fire Biasa – Apabila kita membahas mengenai sebuah game FPS battle royale mobile yang populer sekarang ini. Maka Free Fire atau yang sering di singkat FF ini akan menjadi salah satu pilihan yang wajib untuk dimainkan.

Tidak hanya gameplay yang cukup unik, tapi pada Free Fire juga terdapat berbagai macam fitur menarik di dalamnya. Hampir beberapa fitur yang ada di dalam FF itu tidak di miliki oleh aplikasi game FPS battle royale mobile lainnya.

Untuk sekarang ini, Free Fire sendiri terdapat dua versi yang berbeda. Yaitu Free Fire Max dan Free Fire biasa. Keduanya itu mempunyai beberapa perbedaan dan keunggulannya tersendiri.

Lalu, apa saja perbedaan Free Fire Max dan Free Fire biasa? Benarkah FF Max dan FF biasa itu adalah game yang berbeda?

Nah, selengkapnya akan saya jelaskan di artikel ini. Silakan simak sampai akhir pembahasan, ya.

Perbedaan Free Fire Max dan Free Fire Biasa

Sebelum FF Max muncul, sebenarnya FF biasalah yang pertama kali di rilis ke publik. Jika dilihat dari segi gameplay-nya, kurang lebih keduanya masih tergolong sama. Hanya saja pada Free Fire Max itu terdapat beberapa penambahan fitur.

Mulai dari fitur grafis yang jauh lebih bagus, pengoptimalan game, tampilan gamenya dan lain sebagainya. Meski memiliki beberapa perbedaan, namun baik itu FF Max dan FF biasa masih berada di dalam satu server yang sama.

Untuk lebih jelas lagi tentang bedanya Free Fire Max dengan Free Fire biasa, kalian bisa mengetahuinya di bawah ini.

1. Dari Segi Grafis Game

Perbedaan Free Fire Max dengan Free Fire biasa yang pertama dapat kalian lihat dari segi grafis atau tampilan gamenya. Yang mana grafis FF Max itu jauh lebih baik dibandingkan dengan FF biasa. Hal ini juga merupakan fokus utama hadirnya Free Fire Max yang ingin menampilkan grafis lebih baik lagi.

Sedangkan untuk Free Fire biasa, desain grafisnya memang di desain sesederhana mungkin agar bisa dimainkan pada HP dengan spesifikasi rendah serta mengutamakan kelancaran gameplay-nya.

Oleh sebab itulah, Free Fire Max membutuhkan spesifikasi HP yang jauh lebih tinggi. Ini agar ketika saat di mainkan gamenya tidak patah-patah atau macet.

2. Mode Craftland

Bedanya Free Fire Max dengan Free Fire biasa berikutnya itu ada pada mode craftland. Yang mana FF biasa tidak mempunyai mode craftland sedangkan di FF Max mode ini sudah tersedia.

Buat yang belum tahu, mode Craftland ini memungkinkan pemain untuk bisa membuat sebuah pulau atau map sesuai keinginannya sendiri.

Dimana kita juga bisa mengatur tata letak barang, mulai dari container, bangunan, mobil dan lainnya sesuai keinginan masing-masing. Bahkan menariknya lagi, map yang sudah kita buat itu bisa di share ataupun di mainkan bersama orang lain.

Tapi dengan catatan, untuk bisa membuat sebuah map di dalam mode Craftland, kalian wajib mempunyai item khusus dan room card khusus. Jika tidak memiliki keduanya, maka pembuatan map tidak akan dapat kalian lakukan.

Di FF Max juga tidak hanya ada mode Craftland saja, tapi masih ada beberapa mode baru lainnya yang dapat kita gunakan. Salah satunya itu seperti Mode Lone Wolf dan Mode Clash Squad.

Baca Juga: Cara Download Free Fire Max Versi Terbaru di Android

3. Ukuran Draw Distance

Pada aplikasi FF Max, ukuran dari draw distance jauh lebih luas di bandingkan dengan Free Fire yang biasa. Buat kalian yang mungkin belum tahu, draw distance merupakan sebuah fitur yang memungkinkan kita untuk dapat melihat jarak render di dalam game.

Maka dengan lebih luasnya draw distance di Free Fire Max, maka ini akan membuat kita bisa melihat objek lebih jauh lagi dari sebelumnya.

Misalnya, pada saat kalian melihat sebuah objek pohon dari suatu tempat yang agak jauh. Maka jika di Free Fire Max, objek pohon tersebut masih dapat kita lihat dengan cukup jelas. Sedangkan di FF biasa, objek pohon itu tidak akan bisa kita lihat.

4. Spesifikasi HP yang Dibutuhkan

Perbedaan Free Fire Max dan Free Fire Biasa Ada Pada Spesifikasi HP yang Dibutuhkan

Seperti yang sudah saya jelaskan di atas, meski satu developer namun kedua aplikasi game ini membutuhkan spesifikasi HP berbeda. Hal ini tentu karena Resource data pada game Free Fire Max itu jauh lebih banyak dari pada FF biasa.

Hal tersebutlah yang pastinya akan membuat orang yang ingin memainkan game FF Max ini harus memakai ponsel dengan spesifikasi lebih tinggi.

Berikut ini spesifikasi HP untuk main FF Max (Free Fire Max):

  • Sistem Operasi : Android versi 4.0 (Ice Cream Sandwich) ke atas.
  • Memori RAM : 3 GB.
  • Free Internal Space : 2 GB.
  • CPU : Octa Core 2.0 GHz.

Untuk ponsel Android dengan spesifikasi tersebut, kalian bisa memainkan game FF Max dengan pengaturan rata kiri. Tapi jika ingin permainan menjadi lebih lancar, kalian bisa memakai ponsel dengan spesifikasi lebih tinggi dari yang saya sebutkan.

5. Ukuran Game

Perbedaan Free Fire Max dan Free Fire Biasa Ada Pada Ukuran Game

Di dalam game FF Max itu terdapat berbagai fitur yang tentu tidak ada pada game FF biasa. Hal ini yang juga membuat kebutuhan space memori FF Max jauh lebih besar di bandingkan dengan FF biasa.

Pada game Free Fire Max, ukuran download aplikasinya sendiri sudah mencapai 1 GB lebih. Sedangkan ukuran download aplikasi FF biasa hanya sekitar 500 MB saja.

Tapi dengan sebuah catatan ya. Ukuran memori tersebut masih bisa bertambah lagi, mengingat game FF Max ini terus mendapatkan penambahan-penambahan fitur di dalamnya.

6. Fitur-fitur yang Ada Didalam Game

Perbedaan FF Max dengan FF biasa ada pada jumlah fitur yang ada di dalamnya. Yang mana Free Fire Max mempunyai fitur yang jauh lebih banyak serta lengkap dari pada Free Fire biasa.

Beberapa fitur FF Max yang tidak ada di FF biasa:

  • Fitur Grafik Ultra HD
  • Fitur Map Baru
  • Adanya fitur item baru.
  • Fitur untuk mengoptimalkan game agar lebih lancar saat dimainkan
  • Fitur tampilan yang lebih menarik

Selain deretan fitur yang saya sebutkan, tentunya masih ada beberapa fitur lain yang di miliki oleh FF Max dan tidak ada di FF biasa. Silakan kalian bisa mengeceknya sendiri, ya.

7. Tampilan Lobby Game

Terakhir, perbedaan Free Fire Max dengan Free Fire biasa juga ada pada tampilan lobby-nya. Di mana untuk tampilan lobby FF Max jauh lebih menarik dan keren, hal ini tentu dikarenakan fitur tiga dimensi yang ada di dalamnya.

Kemudian di FF biasa, tampilan lobby-nya masih terkesan biasa dan sederhana. Ini karena di game FF biasa hanya mendukung fitur 2 dimensi saja.

Bisakah Free Fire Max Mabar Dengan Free Fire Biasa?

Tentu saja bisa, hal ini karena menurut dari Garena sendiri, walaupun gamenya berbeda tapi pemain masih bisa melakukan mabar dengan pemain lain. Hal tersebut juga karena game FF Max dan FF biasa masih memakai satu server yang sama. Sehingga memungkinkan untuk melakukan mabar bareng meski berbeda aplikasi game.

Kemudian untuk event yang diadakan juga keduanya masih tetap sama, ya. Jadi, event yang ada di FF Max masih bisa kalian temui di FF biasa dan begitu juga sebaliknya.

Penutup

Jadi, itulah beberapa perbedaan Free Fire Max dan Free Fire biasa yang wajib untuk kalian ketahui sebelum memainkannya.

Pada dasarnya sih perbedaan yang paling mendasar itu ada pada bagian grafis, lalu di ikuti dengan fitur-fitur yang ada di dalamnya. Sedangkan pada gameplay, keduanya jelas masih mirib.

Nah, jika memiliki saran atau pertanyaan seputar game FF max atau FF biasa, silakan kalian tuliskan saja pada kolom komentar.

Semoga bermanfaat.

Gambar Gravatar
Sangat suka menulis dan utak atik HP dari kecil!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.