Cara Mengirim Video Full di WhatsApp iPhone

Cara Mengirim Video Full di WhatsApp iPhone

Mengirim Video Full di WhatsApp iPhone – Selain di gunakan untuk keperluan chatting dan menelpon, ada banyak sekali hal yang masih bisa kita lakukan dengan menggunakan WhatsApp di iPhone. Tentu saja ini bukan tanpa alasan, sebab WA sendiri sudah dibekali dengan banyak fitur-fitur menarik.

Salah satu fitur yang cukup banyak diminati oleh pengguna WhatsApp iPhone adalah mengirim sebuah video ke kontak lain. Meski begitu, pernah tidak kalian mengalami masalah saat mengirim sebuah video di wa menggunakan iPhone?

Tentunya pernah, ya. Karena permasalahan ini juga sering sekali saya dengar di beberapa pengguna iPhone. Masalahnya, muncul pesan notifikasi yang menandakan bahwa video yang kita kirim gagal. Lalu, apa sih yang menjadi penyebabnya?

Biasanya sih ada dua alasan yang menjadi penyebabnya, seperti:

  • Ukuran video yang terlalu besar
  • Atau durasi video yang panjang

Untuk penyebab lainnya mungkin ada, namun sangat jarang sekali terjadi pada pengguna iPhone.

Berapa Batas Durasi dan Size Untuk Kirim Video di WhatsApp?

Sebelum kita lanjut ke pembahasan mengenai solusi dari masalah ini, ada baiknya kita ketahui dulu aturan yang ada dalam mengirim video di WhatsApp. Peraturan ini tidak hanya berlaku untuk perangkat Android saja, tapi perangkat iPhone juga sama.

Jadi, limit size atau durasi video yang dapat dikirim maksimal hanya bisa berukuran 16MB saja, atau dengan durasi kurang lebih 90 detik.

Aturan limit ini juga sudah di tulis secara jelas di situs resmi WhatsApp, ya. Selain itu, pertanyaan ini juga masuk kedalam FAQ (Frequently Asked Question) seputar WhatsApp di Google.

Nah, apabila kalian mencoba untuk mengirim video yang melebihi batas ukuran tadi, maka biasanya akan muncul opsi untuk memangkas durasi video. Selain opsi untuk memangkas video, sering juga saya lihat muncul pesan lain yang seperti:

  • “File media yang Anda pilih melebihi batas ukuran dari 16MB. Tidak dapat mengirim file”.
  • “The media file that you have selected is larger than 16 MB. Unable to send file.” (Dalam Bahasa Inggris)

Cara Mengirim Video Full di WhatsApp iPhone Dengan Mudah

Ada sebuah pertanyaan yang cukup sering saya dengan dari beberapa teman yang menggunakan iPhone. Adakah cara agar video dengan durasi panjang bisa dikirim melalui WhatsApp di iPhone?

Namun ternyata banyak yang beranggapan, kalau tidak ada cara yang dapat di lakukan. Padahal itu tidak benar, ya sobat Kampung Gadget. Karena ada cara untuk mengirim video dengan durasi full atau panjang di WhatsApp menggunakan perangkat iPhone.

Walaupun ada, mengirim video secara langsung ke WA menggunakan perangkat iPhone memang tidak bisa di lakukan. Tapi, kita bisa memanfaatkan beberapa sarana yang ada saat ini agar video dengan durasi panjang tersebut dapat dikirim.

Langsung saja, berikut beberapa triknya untuk kalian:

1. Cara Mengirim Video Full di WhatsApp iPhone Dengan Dropbox

Pada perangkat iPhone maupun iPad yang kalian gunakan sudah pasti terdapat sebuah aplikasi yang bernama Dropbox. Nah, dengan sebuah aplikasi bernama Dropbox ini, kita bisa mengirimkan video dengan durasi panjang langsung di wa.

Meski tidak banyak yang tahu, namun cara ini cukup ampuh kok.

Caranya sebagai berikut:

Buka aplikasi Dropbox pada perangkat iPhone atau iPad

Langkah pertama kalian hanya perlu membuka terlebih dahulu aplikasi Dropbox yang ada pada perangkat iPhone. Secara umum aplikasi ini sudah ada secara langsung di semua perangkat iPhone tanpa harus menginstall terlebih dahulu.

Aplikasi Dropbox di tandai dengan ikon yang berwarna biru, serta berbentuk kotak putih di dalamnya. Biasanya, kalian juga dapat menemukannya secara langsung di home screen.

Upload video ke Dropbox

Apabila video yang hendak di kirim belum ada di aplikasi Dropbox, maka kalian harus menambahkannya terlebih dahulu. Cara menambahkan video ke Dropbox adalah seperti ini:

  1. Di halaman utama aplikasi, tekan menu Create yang ada di tengah bawah layar.
  2. Kemudian pilih Upload Photos.
  3. Cari folder tempat kalian menyimpan video.
  4. Lalu langsung tekan video untuk memilih video yang hendak di upload.
  5. Berikutnya pilih Next.
  6. Setelah itu pilih lagi folder Dropbox yang akan di jadikan tempat untuk menyimpan video.
  7. Terakhir tekan Upload dan tunggu sampai prosesnya selesai.

Pilih video yang akan di kirim

Setelah video yang tadi kalian upload sudah tersimpan di dalam aplikasi Dropbox, maka langsung saja cari da pilih tekan video tersebut. Caranya kalian tinggal pergi ke folder tempat menyimpan video tadi saja.

Jika sudah menemukan video tadi, maka langkah selanjutnya kalian tap saja menu Share yang terlihat di pojok kanan atas.

Masukkan alamat penerima video

Setelah kalian sudah menekan menu Share, maka selanjutnya akan di minta untuk masukkan alamat. Cara menambahkannya, kalian tinggal menekan kolom TO saja dan masukkan alamat yang di inginkan.

Jika alamat video sudah kalian buat dengan benar, maka berikutnya tekan saja langsung menu Send yang ada di pojok kanan atas layar. Maka nantinya akan muncul sebuah tautan untuk video yang sudah kalian upload tadi ke Dropbox.

Jangan lupa untuk menyalin tautan video yang muncul.

Kirim video ke WhatsApp

Langkah terakhir, kalian hanya perlu membuka aplikasi WhatsApp pada perangkat iPhone. Setelah itu, cari teman kontak yang hendak di kirimkan video.

Setelah ketemu, tempelkan saja langsung tautan video yang tadi kalian salin ke kolom pesan yang ada di bawah layar. Terakhir klik Send dan tautan video berhasil kalian kirim.

Nanti orang yang menerima tautan tersebut akan langsung di arahkan ke aplikasi Dropbox yang berisikan video yang tadi kalian upload.

2. Kirim Video Melalui Youtube

Untuk cara yang kedua ini sebenarnya sih hampir sama dengan sebelumnya. Di mana kita akan menggunakan platform lain untuk membagikan videonya. Hanya saja, pada poin ini kita akan menggunakan media aplikasi Youtube.

Di mana Youtube juga merupakan media yang notabene banyak sekali di gunakan oleh orang untuk upload video berdurasi panjang. Mirip-mirip youtuber gitu lah. Caranya juga tidak sulit kok untuk kalian lakukan.

Langkah-langkahnya seperti berikut:

  1. Jika videonya sudah ada di Youtube, maka kalian tinggal mencarinya saja. Jika belum ada, kalian bisa upload videonya ke Youtube terlebih dahulu.
  2. Kemudian tekan menu Bagikan pada video yang sudah ada di Youtube.
  3. Pada bagikan link kalian tinggal pilih saja WhatsApp.
  4. Maka aplikasi WhatsApp akan secara otomatis terbuka.
  5. Cari kontak yang ingin kalian kirimkan video.
  6. Terakhir klik Send.

Untuk ukuran video yang dapat kalian kirim bisa lebih dari 100MB dengan durasi yang sangat panjang. Selain itu, penerima juga akan langsung di arahkan ke video saat link yang kalian bagikan di klik.

3. Perkecil Ukuran Video yang Dikirim

Solusi yang selanjutnya ini sudah pasti berbeda dengan sebelumnya, ya. Karena di sini kita bisa langsung mengunggah video ke WA menggunakan perangkat iPhone. Namun dengan catatan, video tersebut harus di kurangi terlebih dahulu ukuran atau size-nya.

Di sini saya akan mencontohkannya untuk kalian menggunakan aplikasi Video Compress – Shrink Vids. Kenapa harus aplikasi tersebut? Karena saya rasa aplikasi ini mempunyai fitur pangkas dan kompres yang cukup baik dari yang lainnya. Sehingga kita bisa dengan mudah kirim video full di WhatsApp langsung dari iPhone.

Berikut tutorialnya:

  1. Pertama tentu kalian harus download terlebih dahulu Video Compress – Shrink Vids di Apps Store.
  2. Setelah terbuka, kalian tekan saja langsung tanda Plus (+).
  3. Kemudian cari tempat kalian menyimpan video.
  4. Pilih video tersebut dan tekan Done.
  5. Atur ukurannya menjadi lebih kecil.
  6. Klik Preview untuk memastikan tampilan video sudah sesuai dengan keinginan.
  7. Bila sudah, klik menu Continue.
  8. Pada bagian Video Preset, kalian pilih yang paling kecil atau sesuai keinginan.
  9. Tunggu beberapa saat, lalu pilih Compressed Video.
  10. Berikutnya tunggu kembali sampai prosesnya selesai.
  11. Terakhir klik saja Finish juga sudah.

Setelah berhasil memperkecil ukuran video, maka sekarang kita hanya perlu mengirimkannya seperti biasa melalui WhatsApp. Namun perlu juga kalian tahu kalau cara ini terkadang tidak berhasil untuk beberapa tipe video tertentu. Misalnya saja size video yang sudah terlampau besar (ratusan MB atau bahkan lebih).

4. Bagi Video Menjadi Beberapa Bagian

Apabila tidak ingin upload video pada media lain, seperti Dropbox maupun Youtube dan malas untuk edit videonya, maka kalian bisa memakai cara yang terakhir ini. Di mana caranya itu dengan membagi video yang kita miliki menjadi beberapa bagian, kemudian mengirimkannya.

Misalnya saja saya ingin membagi video dengan durasi 30 menit serta size-nya sekitar 45MB. Maka di sini saya akan membaginya menjadi beberapa bagian. Contohnya seperti:

  • Video Pertama (10 menit + 15MB)
  • Yang Kedua (10 menit + 15MB)
  • Ketiga (10 menit + 15MB)

Dengan begitu, setiap bagian tersebut bisa langsung kalian upload di WhatsApp menggunakan perangkat iPhone.

Untuk melakukannya, kalian bisa memakai beberapa aplikasi yang sudah ada di App Store pada perangkat iPhone. Pilih saja aplikasi yang sesuai dengan kalian, karena ada banyak sekali aplikasi di sana dan saya sendiri belum pernah mencobanya.

Karena saya sendiri lebih sering menggunakan aplikasi Dropbox yang ada pada perangkat iPhone. Selain mudah dan cepat, saya juga tidak perlu repot-repot lagi untuk mengedit ataupun memperkecil ukuran videonya.

Namun jika kalian tidak mempunyai cukup banyak kuota, mungkin cara ini akan sangat cocok untuk dilakukan.

Penutup

Mungkin sekian dulu cara mengirim video full di WhatsApp iPhone yang bisa saya rangkumkan hari ini untuk kalian semuanya. Kalian sendiri bisa memilih cara mana yang paling mudah dari beberapa solusi yang sudah saya hadirkan tadi di atas.

Pastikan juga cara yang kalian pilih sesuai dan mudah di lakukan, ya.

Jangan lupa tulis di kolom komentar juga jika kalian memiliki sebuah pertanyaan atau menemukan cara yang lebih efektif.

Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.