Mengenal Format GIF

Mengenal Format GIF dan Fungsinya

Mengenal Format GIF – Mungkin banyak dari kalian sudah ada yang tahu kalau saat ini sudah ada beberapa format grafis yang dapat di gunakan dalam menyimpan sebuah gambar. Misalnya saja seperti JPG, PNG dan juga GIF.

Nah, berbicara mengenai GIF, elemen yang satu ini tergolong cukup menarik untuk kita bahas. Karena hanya format ini yang menjadi salah satu gambar yang bisa menampilkan sebuah animasi sederhana. Sehingga gambar yang sudah kita simpan akan menjadi bergerak.

Sekarang ini, format GIF banyak digunakan di berbagai platform. Mulai dari aplikasi sosial media sampai aplikasi chat pun sudah menggunakan format ini. Meski sudah sangat populer, namun ternyata masih banyak orang yang belum tahu tentang format GIF pada gambar.

Untuk itu, pada pembahasan kali ini, saya akan membagikan sedikit penjelasan mengenai format GIF tersebut.

Apa Itu GIF?

Di kutip dari halaman Wikipedia, GIF merupakan singkatan dari Graphics Interchange Format. GIF adalah sebuah format grafis yang dapat menyimpan gambar dengan background transparan maupun animasi sederhana. Sehingga sebuah gambar yang tersimpan dengan format GIF, maka gambar tersebut akan bergerak.

Pertama kali format GIF ini di kembangkan pada tahun 1987 oleh Steve Wilhite yang seorang ilmuwan komputer di Amerika. Dia juga seorang penyedia layanan online ComputerServe Amerika.

Bagi kalian yang mungkin belum tahu, kalau sebenarnya format GIF ini hanya mampu menyimpan gambar dengan ukuran 8 bit saja. Selain itu, kita juga di wajibkan untuk menggunakan mode index colorgrayscale dan juga bitmap.

Namun karena keunikannya dan mampu menyimpan gambar dalam bentuk animasi sederhana, GIF sering di gunakan oleh beberapa platform saat ini. Contohnya untuk kebutuhan pembuatan icon, animasi dan sampai stiker.

Kelebihan Format GIF

Sudah pasti masing-masing format itu mempunyai kelebihannya tersendiri, termasuk juga dengan GIF. Berikut ini beberapa kelebihan dari penggunaan format GIF:

  1. Mudah di kirim pada beberapa aplikasi.
  2. Support untuk berbagai platform.
  3. Ukuran file cenderung tidak terlalu besar.
  4. Gambar yang di hasilkan bisa bergerak.
  5. Mempunyai daya tarik sendiri.

Selain itu, mungkin masih ada banyak kelebihan dari GIF yang akan kalian dapatkan saat menggunakannya.

Contoh Penggunaan Format GIF

Seperti yang sudah saya jelaskan di atas tadi, kalau saat ini GIF lebih cenderung banyak di pakai oleh platform aplikasi sosial media dan chat. Untuk apakah itu? Berikut beberapa contoh penggunaan GIF pada aplikasi:

1. Sebagai Gambar Status

Pertama GIF sering juga di gunakan untuk menyimpan sebuah gambar status pada beberapa aplikasi. Misalnya saja seperti gambar yang isinya hanya teks motivasi dengan animasi pendek, animasi lucu dan masih banyak yang lainnya.

Status yang di maksud, bisa saja status WhatsApp, Instastory, status di aplikasi Facebook, Telegram dan masih banyak yang lainnya. Namun dengan catatan, aplikasi tersebut mempunyai fitur GIF.

Untuk beberapa sosial media yang ada fitur postingan dan komentar, umumnya sih GIF juga bisa kita gunakan di dalamnya.

2. Untuk Keperluan Stiker

Selain untuk status, format ini juga sering di pakai untuk keperluan pembuatan stiker. Biasanya contoh penggunaannya akan sering kita jumpai pada aplikasi chatting, seperti WhatsApp, Messengers, Line dan lainnya.

Pada stiker dengan format GIF, biasanya kita akan melihat sebuah gambar dengan tampilan animasi sederhana. Umumnya sih lebih sering di gunakan untuk keperluan bercanda dengan teman maupun keluarga.

Biasanya GIF pada chat akan tersedia secara terpisah. Tapi pada beberapa aplikasi chat tertentu, saat ini juga sudah ada yang menyediakan fitur GIF langsung di dalamnya (bawaan).

3. Untuk Pembuatan Icon

GIF juga terkadang di gunakan sebagai format gambar untuk pembuatan icon tertentu. Pada umumnya, icon GIF ini lebih sering di temukan sebagai elemen dari sebuah desain dalam situs tersebut.

Alasan penggunaanya ialah, elemen dengan animasi bergerak dari GIF ini lebih cenderung mempunyai daya tarik yang lebih baik dari lainnya. Sehingga banyak platform aplikasi yang lebih memilih mengutamakan elemen GIF ini.

Tidak hanya itu saja, sekarang sebagai browser juga sudah mulai mendukung format GIF.

4. Sebagai Pengganti Video

Terakhir GIF juga terkadang sering di pakai sebagai pengganti format video dari klip video berdurasi singkat. Sebagai contohnya saat ada potongan video menarik, potongan tersebut di atur ke GIF agar bisa menjadi animasi gambar yang bergerak.

Untuk alasan dan tujuan penggunaan GIF di sini adalah agar video tersebut dapat di kirim dengan lebih mudah. Karena ukurannya akan jauh lebih kecil dari video aslinya.

Hal ini juga cocok untuk kalian yang mungkin sering mengalami masalah saat mengirim video panjang di WhatsApp.

Penutup

Pemakaian GIF mungkin masih tidak sebanyak elemen lainnya seperti JPG atau PNG misalnya. Meski seperti itu, dalam keperluan tertentu, GIF masih banyak di gunakan oleh beberapa orang dan platform aplikasi.

Apalagi kalau kita mengingat kelebihan yang ada pada elemen GIF itu bisa membuat gambar dapat bergerak.

Jika kalian mempunyai pertanyaan atau ada yang masih kurang jelas dengan pembahasan di atas. Maka silakan tuliskan saja pertanyaan tersebut pada kolom komentar yang sudah saya sediakan di bawah. Jangan ragu dan malu untuk bertanya, karena itu akan membuat kalian tersesat dalam memahami informasi.

Sekian dan semoga bermanfaat untuk kalian semuanya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.