Mengenal DLC Pada Game

Mengenal DLC Pada Game dan Fungsinya

Mengenal DLC Pada Game – Tentu masih banyak dari orang-orang (termasuk saya sendiri) yang masih membagi game ke dalam dua jenis. Yaitu, game online (yang membutuhkan koneksi internet) dan game offline (tidak perlu koneksi internet).

Pada dasarnya, untuk sebuah game online, penambahan fitur yang berhubungan dengan game akan di lakukan melalui update. Biasanya update tersebut akan berlangsung secara berkala atau bertahap, bisa satu minggu sekali atau satu bulan sekali.

Sedangkan, untuk sebuah game offline, penambahan konten dan lain-lainnya itu akan di lakukan dengan proses DLC.

Nah, belum pernah mendengar kata atau istilah DLC pada game? Jangan khawatir, karena berikut akan saya jelaskan secara lengkap mengenai apa itu DLC di game. Agar tidak salah mengartikan, silakan baca artikel ini sampai akhir ya.

Apa Itu DLC Pada Game?

Apa Itu DLC Pada Game

DLC adalah sebuah singkatan dari kata Downloaddable Content. Yang artinya konten tambahan untuk melengkapi konten sebelumnya yang ada di dalam game.

Secara umum, contoh penambahan konten dari DLC biasanya berupa levelitemstoryline, sampai dengan gameplay yang baru. Untuk bisa mendapatkan DLC ini, biasanya kita akan di wajibkan mendownload melalui situs resmi developer game tersebut. Atau bisa juga melalui platfrom tertentu, misalnya Steam.

Saat ini DLC ada dalam dua versi, yaitu versi gratis dan juga berbayar. Ini juga tergantung dari jenis game dan developer game itu sendiri.

Pentingkah DLC Pada Game?

Sudah pasti DLC itu sangat penting. Tapi itu jika kalian menyukai sebuah game dan ingin memainkan game tersebut dalam waktu yang lama.

Apa tujuannya? Yaitu untuk memungkinkan pengguna bisa memperoleh konten dan pengalaman baru di dalam game. Karena biasanya DLC ini akan meliputi penambahan level, itemstoryline, karakter game dan bisa juga gameplay baru.

Namun seperti yang sudah saya jelaskan tadi, kalau DLC ini ada yang tersedia dengan versi gratis dan ada juga berbayar. Sehingga sangat di sarankan sekali untuk memeriksa terlebih dahulu pada situs developer game atau platform game tersebut.

Contoh Penggunaan DLC Pada Game

Nah, agar lebih jelas dan mudah untuk kalian pahami lagi mengenai penambahan konten, maka berikut beberapa contoh DLC yang ada pada sebuah game.

1. Untuk Menambah Level Baru Pada Karakter

Yang pertama, DLC biasanya menyediakan penambahan level baru pada karakter yang ada di dalam game. Sebagai contoh, jika sebelumnya level karakter pada game hanya bisa mencapai level 100. Setelah kita memakai DLC, maka maksimal level karakter akan di tambahkan sampai level 120 atau mungkin lebih.

Hal tersebut tentu bertujuan untuk membuat orang-orang yang memainkan game tersebut tidak merasa bosan saat sudah mencapai level tertinggi. Sekarang ini sudah ada banyak game yang menggunakan sistem DLC untuk menambahkan level baru pada karakternya. Salah satu contohnya adalah Borderlands 3.

2. Penambahan Item Baru Pada Game

Kedua, DLC juga sering di gunakan untuk proses penambahan item baru pada sebuah game. Namun ini biasanya di khususkan untuk sebuah game RPG. Umumnya item yang di tambahkan akan mempunyai atribut yang berbeda, terutama untuk DLC versi berbayar.

Selain penambahan item, beberapa developer juga biasanya menambahkan stage baru di dalam DLC. Salah satu contoh game yang sering menggunakan DLC untuk menambahkan stage baru adalah Samurai Warriors 5.

3. Menambahkan Storyline Baru

Untuk penambahan storyline baru pada DLC, biasanya lebih sering di gunakan oleh developer yang mempunyai tema genre adventure. Karena pada tema tersebut biasanya secara garis besar jalan cerita game berfokus pada banyak tantangan di dalamnya.

Kegunaan dalam penambahan storyline ini biasanya di lakukan agar bisa membuat alur cerita menjadi lebih menarik serta untuk menghadirkan tantangan baru. Sehingga mereka yang menikmati game ini tidak cepat merasa bosan.

Salah satu contoh game yang menyediakan DLC mode ini adalah The Last of US. Yang mana kita di sini bisa melihat jalan cerita history dari karakter lain yang ada pada game.

4. Penambahan Sebuah Gameplay

Penggunaan DLC yang paling banyak dan sering di temui saat ini, ialah penambahan gameplay. Tujuannya tentu masih sama seperti sebelumnya, yaitu agar pengguna tidak cepat merasa bosan saat memainkan sebuah game.

Gameplay yang di maksud artinya luas, ya. Bisa saja mencangkup semua isi dari DLC yang sudah di jelaskan sebelumnya.

Ada banyak game yang menyediakan sistem DLC seperti ini, misalnya seperti The Witcher 3, TitanFall 2, No Man’s SKY Beyond dan masih banyak lagi.

Penutup

Bagi kalian yang mungkin sangat senang bermain game, mungkin menggunakan DLC bisa menjadi pertimbangan tersendiri. Karena akan ada banyak kelebihan yang bisa kalian dapatkan nantinya.

Terutama sih untuk game-game offline saja. Karena ini untuk membuat kita tidak cepat merasa bosan ketika memainkan sebuah game dalam jangka waktu yang cukup lama.

Nah, apabila ada hal yang kurang jelas atau ada yang ingin di tanyakan mengenai DLC atau Downloaddable Content. Silakan kirimkan pertanyaan kalian di kolom komentar yang ada di bawah ini.

Nanti saya akan membantu kalian untuk mencarikan penjelasannya secara lengkap dan pastinya mudah di pahami.

Baik, cukup sekian dulu informasi dari saya dan sampai jumpa di pembahasan selanjutnya. Semoga bermanfaat.

Gambar Gravatar
Sangat suka menulis dan utak atik HP dari kecil!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.