Mengenal Aplikasi Steam

Mengenal Aplikasi Steam

Mengenal Aplikasi Steam – Agar kita bisa memainkan sebuah game, sudah pasti kita wajib untuk mengunjungi platform tertentu agar bisa mendapatkan game yang di inginkan.

Misalnya saja seperti game di dalam ponsel. Maka sudah pasti kita harus mengunjungi platform Google Play Store (Android) atau App Store (Apple iOS). Di dalam platform tersebut kita bisa menemukan berbagai macam game yang bisa di install,

Namun bagaimana kalau di PC atau Laptop? Sebenarnya sih sama saja, kita juga harus mengunjungi sebuah platform yang menyediakan game untuk PC maupun Laptop. Hanya saja, platform untuk PC itu tidak sama dengan platform untuk mobile ya.

Sekarang ini memang sudah ada banyak sekali jenis platform yang menyediakan game-game favorit. Salah satunya yang paling terkenal adalah platform Steam.

Apa Itu Steam?

Steam adalah sebuah platform yang menyediakan berbagai macam game original untuk PC maupun laptop di dalamnya. Di dalam aplikasi Steam, kita dapat men-download serta menginstall sebuah game yang di inginkan. Mulai dari game yang gratis sampai yang berbayarpun ada di dalam Steam.

Bagi kalian yang belum tahu, aplikasi Steam ini sudah di rilis sejak tahun 2003 lalu. Serta bisa di akses menggunakan komputer atau laptop yang menggunakan sistem operasi Windows.

Sampai saat ini, Steam sudah menyediakan berbagai jenis game-game terkenal yang bisa kita download. Mulai dari game GTA V, PUBG, CS dan masih banyak lagi game-game terkenal di dalam aplikasi Steam.

Fungsi Steam

Di beberapa forum internet dan game, masih banyak yang mengutarakan sebuah pertanyaan yang sama berulang-ulang. Apa kegunaan Steam? dan ada juga yang menanyakan, Steam itu untuk apa?

Seperti yang sudah saya jelaskan tadi, kalau Steam itu merupakan sebuah platform yang menyediakan berbagai jenis game. Dari game-game gratis sampai game berbayar juga ada di dalam Steam.

Selain merupakan platform men-download sebuah game, Steam juga merupakan tempat untuk diskusi (forum) bagi para gamers. Diskusi yang sering di bahas di dalam Steam itu sudah pasti berhubungan dengan game-game yang mereka mainkan ya.

Hal itu untuk mereka yang merupakan seorang penikmat game, bagaimana untuk seorang developer? Apa manfaat Steam untuk seorang developer game?

Manfaatnya sudah tentu banyak, mengingat Steam itu juga merupakan salah satu platform yang dapat di gunakan untuk merilis sebuah game. Selain karena jauh lebih simpel, aplikasi Steam juga mempunyai banyak pengguna sehingga bisa membuat game baru cepat di kenal oleh banyak orang di seluruh dunia.

Fitur Didalam Steam

Jika kalian membaca pembahasan di atas dengan teliti, sudah pasti akan menemukan banyak hal menarik di dalam Steam. Apalagi Steam sering mengadakan diskon untuk harga game, event-event tertentu dan masih banyak lagi hal menarik lainnya.

Nah, dari segi fitur yang di miliki oleh Steam juga cukup banyak loh. Apalagi ada beberapa fitur di dalam Steam itu mempunyai kelebihan yang tidak ada di platform serupa lainnya.

Diantaranya itu adalah sebagai berikut:

1. Game Library

Fitur yang pertama ini sudah pasti dari kalian sudah banyak yang tahu. Yup, fitur Game Library di dalam steam itu memungkinkan kita untuk melihat semua game yang sudah di beli maupun terpasang pada akun kita.

Tidak hanya itu saja, fitur game library juga memiliki fungsi sebagai perekam semua aktivitas kita di dalam game yang sudah di mainkan. Contohnya saja seperti merekam achievementitem games, progress  dan juga berfungsi menghitung durasi kita bermain game.

2. Steam Guard

Fitur yang kedua ini sebenarnya merupakan fitur keamanan tambahan yang di sisipkan pada aplikasi Steam. Sehingga keamanan seluruh data akun pengguna Steam akan terjaga dengan lebih baik lagi.

Dengan mengaktifkan fitur Steam Guard, maka saat kalian ingin login akun Steam di perangkat komputer lain, nanti kalian wajib melakukan verifikasi terlebih dahulu. Verifikasi ini akan menggunakan email yang sudah kalian daftarkan sebelumnya ya.

Sehingga jika tidak ada verifikasi dari email yang sudah terdaftar, maka secara otomatis login akun Steam di PC lain akan di tolak. Kurang lebih seperti verifikasi dua langkah yang ada di akun Google maupun aplikasi lainnya.

3. Sharing Game

Seperti beberapa platform game lainnya, di dalam Steam kita juga bisa menjumpai sebuah fitur Sharing Library Game, Di mana fitur ini memiliki fungsi untuk membagikan game ke library pada akun Steam teman yang kita miliki.

Sehingga teman kalian tidak perlu lagi untuk membeli game yang kalian bagikan untuk dapat memainkannya. Namun fitur ini mempunyai batasannya, ya. Di mana kalian hanya bisa membagikannya ke lima akun Steam dan sepuluh perangkat saja.

4. Steam Cloud

Mendengar nama Cloud, sudah pasti beberapa dari kalian sudah tahu kegunaannya. Yup, fitur ini layaknya sebuah penyimpanan yang di sediakan oleh Steam untuk semua penggunanya.

Fitur Steam Cloud sangatlah penting, karena dapat kita gunakan untuk menyimpan semua progress game. Terutama untuk game-game yang mempunyai story. Hal tersebut juga agar kalian bisa melanjutkan game sebelumnya tanpa harus mengulanginya lagi dari awal.

Selain lebih mudah di gunakan, fitur Steam Cloud juga jauh lebih aman jika di lihat dari segi penyimpanan data. Apalagi progress game yang kalian simpan pada Steam Cloud itu dapat di bagikan ke teman atau kalian mainkan lagi di perangkat lainnya.

5. Gift Game

Fitur lain pada aplikasi Steam yang tidak kalah menariknya adalah fitur Gift Game. Di mana dengan fitur ini kita bisa memberikan sebuah game yang kita beli ke orang lain sehingga game tersebut menjadi miliknya.

Untuk caranya sih seperti kalian membeli sebuah game kok. Hanya saja saat melakukan pembelian, kalian bisa memilih purchase as a gift, setelah itu cari teman yang ingin di belikan game.

Prosesnya juga tidak lama, dan hak milik sepenuhnya adalah teman kalian.

Cara Menggunakan Steam

Selain menjelaskan mengenai fungsi dan fiturnya, di sini saya juga akan membagikan cara menggunakan Steam untuk main game. Artikel ini juga saya tulis karena ada salah satu pengunjung setia Kampung Gadget yang mengirimkan pertanyaan melalui email.

Langsung saja berikut cara menggunakan Steam untuk main game:

  1. Pertama pastikan kalian sudah mempunyai aplikasi Steam.
  2. Jika belum, bisa download Steam Client terlebih dahulu.
  3. Berikutnya login jika sudah memiliki akun, atau daftar jika belum.
  4. Apabila sudah, klik menu Games.
  5. Kemudian pilih Activate a Product on Steam.
  6. Di sini kalian masukan Serial Key yang sudah di dapatkan.
  7. Lalu klik Continue.
  8. Ikuti instruksi selanjutnya yang muncul pada layar.
  9. Bila sudah, proses download game akan langsung berjalan.
  10. Setelah game sudah berhasil di download, buka menu Library untuk menemukan game tersebut.
  11. Selesai.

Catatan:

Pada saat memasukkan serial key, pastikan kalian mengetik secara manual bukan dengan cara copy paste ya. Karena jika di copy paste, serial key bisa tidak dapat di gunakan atau error.

Platform yang Didukung Oleh Steam

Secara dasar, hampir semua pengguna aplikasi Steam itu menggunakan perangkat PC maupun laptop dengan sistem operasi Windows. Meski begitu, Steam juga masih mendukung sistem operasi lainnya kok, misalnya saja seperti:

  • iOS
  • Android
  • Linux
  • MacOS

Bahkan Steam juga sudah di rancang untuk dapat di gunakan pada konsol. Namun dengan sebuah catatan, konsol tersebut sudah terpasang Operating Sistem (OS) Linux terlebih dahulu.

Jika tidak, aplikasi Steam tidak akan bisa berjalan pada konsol yang kalian gunakan.

Penutup

Jadi, kesimpulan dari pembahasan di atas, Steam adalah sebuah platform yang dapat di gunakan untuk mencari maupun memasang game original pada PC atau laptop. Pada aplikasi Steam, kita bisa menjumpai berbagai macam jenis game yang dapat di download.

Untuk bisa menggunakan semua fitur yang ada di Steam, maka kalian wajib membuat akun terlebih dahulu. Apabila belum bisa, maka kalian dapat membacanya di artikel saya sebelumnya. Karena di sana saya sudah menjelaskan cara membuat akun baru di Steam secara lengkap.

Semoga bermanfaat.

Gambar Gravatar
Sangat suka menulis dan utak atik HP dari kecil!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.