11 Kelebihan dan Kekurangan Oppo Reno 4:Bertenaga, Fitur Terbaru dan Desain Lebih Elegan

Kelebihan dan Kekurangan Oppo Reno 4

Kelebihan dan Kekurangan Oppo Reno 4 – Kini Oppo kembali memberikan sebuah kejutan pada pasar Gadget Indonesia dengan merilis sebuah ponsel terbarunya yang bernama Oppo Reno 4. Tentu ini akan menjadi generasi terbaru dari seri Reno yang dimiliki oleh Oppo Sebelumnya.

Selain itu ini juga menjadi sebuah pertanda kalau Oppo sudah mulai konsisten dalam merilis setiap seri smartphonya dan contohnya ada di lini Reno. Oppo Reno 4 menjadi generasi terakhir untuk saat ini yang dirilis oleh Oppo.

Dengan kehadiran Reno 4, peminat smartphone berlebel Oppo ini bisa mendapatkan banyak pilihan yang menarik dan pastinya dengan harga yang lebih terjangkau. Selain seri Find X, Oppo reno 4 juga akan menjadi alternatif untuk konsumen yang ingin memiliki smartphone flagship dengan harga yang lebih terjangkau.

Spesifikasi Oppo Reno 4

Untuk masalah spesifikasi Oppo Reno 4 mempunyi banyak kelebihan dibandingkan seri Reno sebelumnya, namun meski begitu harga harga untuk smartphone ini tidak jauh berbeda.

Ada banyak spesifikasi terbaru yang dimiliki oleh Oppo Reno 4 dan itu juga membuat smartphone ini menjadi lebih spesial untuk kalian miliki. Penasaran? Berikut spesifikasi Oppo Reno 4 di Indonesia.

Teknologi layar: 6.55 inches, AMOLED capacitive touchscreen, 16M colors
Chipset: Qualcomm SDM765 Snapdragon 765G (7 nm)
CPU: Octa-core (1×2.4 GHz Kryo 475 Prime & 1×2.2 GHz Kryo 475 Gold & 6×1.8 GHz Kryo 475 Silver)
GPU: Adreno 620
RAM: 8/12 GB
Memori Internal: 128/256 GB
Memori Eksternal: Tidak Tersedia
Kamera Belakang: 3 Lensa Kamera

  • 48 MP, f/1.7, 26mm (wide), 1/2.0″, 0.8µm, PDAF, Laser AF, OIS
  • 13 MP, f/2.4, 52mm (telephoto), 1/3.4″, 1.0µm, PDAF, 2x optical zoom
  • 12 MP, f/2.2, 120˚ (ultrawide), 1/2.43″, 1.4µm, AF (dedicated video camera)

Kamera Depan: 32 MP, f/2.4, 26mm (wide), 1/2.8″, 0.8µm
Baterai: Li-Po 4000 mAh

Lihat Spesifikasi Lengkapnya…

Jika kita lihat, ada beberapa perubahan yang ada pada Oppo Reno 4 dibandingkan dengan spesifikasi Oppo Reno 3 sebelumnya. Mulai dari chipset, CPU, Ram sampai kapasitas ruang penyimpanan juga mendapatkan penambahan.

Jadi, apakah kalian berminat untuk membeli ponsel yang satu ini? Tunggu, kita lihat dulu tentang kelebihan dan kekurangan Oppo Reno 4 dibawah ini.

Kelebihan Oppo Reno 4

Pertama kita lihat dulu mengenai kelebihan yang ada pada Oppo Reno 4 ini, berdasarkan dari situs GSMArena, Oppo Reno 4 memiliki beberapa kelebihan yang tidak dimiliki oleh generasi Reno sebelumnya. Adapun beberapa kelebihan itu adalah sebagai berikut.

1. Desain Bodi yang Premium dan Kokoh

Kelebihan Oppo Reno 4 yang pertama bisa kalian lihat dari segi desain dan bahan yang dipakain untuk membuat bodi smartphone ini. Dimana bodi dari Oppo Reno 4 ini terbuat dari bahan aluminium frame dengan tambahan Gorilla Glass 6 dibagian depan dan juga pada bagian belakangnya.

Tentu dengan bodi yang berbahan aluminium frame akan membuat smartphone ini terlihat lebih premium daripada pesaingnya yang ada di kelas harga yang sama.

2. Harga yang Lebih Terjangkau

Selain desain bodi yang elegan dan premium, tidak lantas membuat Oppo Reno 4 ini dibandrol dengan harga yang sangat mahal. Apalagi jika dilihat dari segi fitur serta spesifikasi yang dibawa oleh Oppo Reno 4, tentu akan membuat banyak orang berfikir kalau smartphone ini akan dibadrol dengan harga yang mahal.

Tapi teryata, Oppo Reno 4 ini hanya di bandrol dengan harga 4,9 jutaan saja. Tentu harga itu terbilang lebih murah dari pada Reno 3 yang dibadrol dengan harga 5,1 jutaan saat pertama kali dirilis. Jadi soal harga bisa menjadi salah satu bahan pertimbangan konsumen yang hendak membeli sebuah smartphone.

3. Chipset yang Lebih Bertenaga

Jika kita bandingkan dengan Oppo Reno 3, tentu chipset yang digunakan oleh Oppo Reno 4 terlihat lebih baik dan juga lebih bertenaga. Dimana hal ini karena Oppo Reno 4 sudah dibekali dengan chipset Snapdragon 720 yang dibuat oleh Qualcomm sendiri.

Apabila dibandingkan dengan Mediatek Helio P90, tentu Chipset Snapdragon 720G ini memiliki tenaga yang lebih babik serta lebih kencang. Tidak hanya itu, Chipset yang digunakan oleh Oppo Reno 4 ini dapat menghasilkan skor 280.000 dan tentu itu adalah skor yang lebih baik dari Oppo Reno 3 sebelumnya yang hanya menghasilkan skor 200.000.

4. Karakter Desain yang Lebih Fresh

Kelebihan Oppo Reno 4 yang selanjutnya ada pada segi desain yang lebih fresh dan berkarakter dibandingkan dengan generasi Oppo Reno yang sebelumnya. Adanya kamera belakang yang memiliki posisi vertikal dengan bulatan yang tegas serta pilihan warna yang lebih ikonik membuat Oppo Reno 4 memiliki karakter desain yang lebih Fresh.

Sementara sebelumnya Oppo Reno 3 hanya meniru dan menggunakan desain yang sama dengan pesaing lain, dimana bentuk dan warna yang dipakai menjadi terlihat biasa saja. Tapi pada Oppo Reno 4, desain dan bentuknya yang berbeda membuatnya lebih Fresh dari ponsel lainnya.

5. Kualitas Foto yang Sangat Memuaskan

Meski pada Oppo Reno 3 itu dibekali dengan mode malam pada kamera utamanya, tapi itu tidak membuat hasil foto dari kamera Oppo Reno 4 menjadi lebih jelek. Ini karena hasil jepretan kamera Oppo Reno 4 tidak kalah baik dan rapi dibandingkan dengan Oppo Reno 3, meski di ruangan yang minim pencahayaan.

Mungkin ini juga dikarenakan ukuran lensa kamera Oppo Reno 4 yang lebih besar dan penyempurnaan teknologi buatan (AI) serta fitur tambahan yang membuat hasil jepretan kameranya sangat memuaskan. Beberapa fitur yang ada pada kamera Oppo Reno 4 seperti Night Flare Portrait, Ultra Night Selfie dan juga fitur Ultra Dark Mode.

Meski ukuran lensa kamera yang ada pada Oppo Reno 4 hanya berukuran 48 MP, tapi dengan adanya fitur Ultra Clear Images membuat kamera Reno 4 mampu menghasilkan foto dengan resolusi 108MP!

6. Kualitas Video yang Cukup Spesial

Kamera Oppo Reno 4 itu tidak hanya mampu menghasilkan foto yang berkualitas baik, tapi untuk merekam sebuah video, kamera Oppo Reno 4 juga bisa kalian handalkan. Hal ini karena Oppo Reno 4 mempunyai beberapa fitur yang akan mendukung kualitas rekaman video kalian.

Dimana fitur tersebut adalah fitur AI Slow Motion yang mampu menangkap 960 fps (Frame per second) dan fitur Monochrome Video yang membuat kamu bisa merubah warna latar belakang pada video menjadi hitam putih. Selain dua fitur itu, Oppo Reno 4 juga memiliki fitu lain pada kameranya seperti, Front Steady Video (untuk kamera depan) dan Ultra Video 3.0 yang dikombinasikan dengan electronic image stabilization (EIS).

7. Adanya Fitur Smart AirControl

Bagi sebagai orang, mungkin fitur yang satu ini dianggap sepele dan kurang penting. Namun pada dasarnya fitur Smart AirControl ini sangatlah penting untuk ada didalam ponsel kita. Ini karena fitur tersebut akan memungkinkan kita untuk menggunakan ponsel tanpa harus menyentuhnya secara langsung.

Apalagi ditengah-tengah pandemi ini yang mewajibkan untuk kita selalu cuci tangan sebelum dan sesudah memegang benda. Namun dalam keadaan tertentu, kita sering lupa dengan kewajiban untuk mencuci tangan dan langsung mengambil smartphone.

Jadi, dengan adanya fitur tersebut kita akan lebih terbantu saat ingin melakukan panggilan atau menerima panggilan tanpa harus menyentuhnya secara langsung. Selain itu, fitur ini juga sudah mendukung beberapa aplikasi media sosial.

8. RAM dan Ruang Penyimpanan yang Luas

Untuk masalah penyimpanan, Oppo Reno 4 ini tidak perlu kalian ragukan. Hal ini karena Reno 4 memiliki kapasitas ruang penyimpanan yang sangat luas dan pastinya sanggup untuk menampung semua file dan datang penting yang kalian miliki.

Ukuran memori internal Oppo Reno 4 memang sama dengan Oppo reno 3 yang berkapasitas 128GB dengan dukungan RAM sebesar 8 GB.

Dengan kapasitas penyimpanan serta RAM yang besar, tentu Oppo Reno 4 itu mampu untuk memenuhi kebutuhan pengguna smartphone di zaman sekarang ini.

9. Dilengkapinya Fitur Fast Charging

Kelebihan Oppo Reno 4 yang terakhir adalah tersedianya fitur Fast Charging 30 Watt. Fitur ini akan membuat kalian lebih cepat saat mengisi daya baterai pada Oppo Reno 3. Dimana untuk mengisi daya baterai dari 0% untuk mencapai 100% hanya membutuhkan waktu 56 menit saja.

Jika dibandingkan dengan pesaing lainnya, tentu teknologi VOOC 4.0 berdaya 30 Watt ini merupakan salah satu fitur yang tidak dimiliki oleh sebagai ponsel di kelas harga yang sama.

Kekurangan Oppo Reno 4

Jika kita melihat ulasan diatas tadi, memang ada banyak kelebihan pada Oppo Reno 4. Tapi namanya juga sebuah smartphone buatan manusia, tentu Oppo Reno 4 juga memiliki beberapa kekurangan didalamnya. Berikut adalah beberapa kekurangan yang masih ada pada Ponsel Oppo Reno 4.

1. Absennya Fitur NFC ( Near Field Communication )

Kekurangan yang ada pada Reno 3 sebelumnya ternyata masih dibawah oleh Reno 4, dimana kedua ponsel ini tidak memiliki fitur NFC (near field communication). Ini mungkin dikarenakan pihak Oppo masih banyak melihat masyarakat Indonesia yang tidak terlalu memerlukan fitur tersebut. Selain itu, untuk menekan budget fitur tersebut lebih baik ditiadakan.

2. Tidak Adanya Lensa Telephoto

Sangat disayangkan sekali, kalau ternyata Oppo Reno 4 tidak memiliki lensa Telephoto seperti yang ada di Oppo Reno 3 sebelumnya. Tentu ini menjadi sebuah kekurangan yang cukup berati bagi sebagian orang memang membutuhkan lensa tersebut.

Meski tidak adanya lensa Telephoto, bukan berarti hasil jeperetannya kurang memuaskan. Karena seperti yang sudah di jelaskan diatas, kalau foto yang dihasilkan oleh Oppo Reno 4 tidak perlu diragukan.

Kesimpulan Oppo Reno 4

Jadi, bagaimana kesimpulan untuk ponsel terbaru dari Oppo ini?

Jika kita lihat beberapa kelebihan dan kekurangan Oppo Reno 4 diatas tadi, tentu smartphone ini sangat layak untuk kalian miliki. Selain karena fitur dan spesifikasi yang sangat lengkap, harga yang ditawarkan juga cukup terjangkau. Kebutuhan sebagian orang seperti bermain game, multitasking dan mengambil gambar atau video bisa sepenuhnya dipenuhi oleh Oppo Reno 4.

Tapi selain Oppo Reno 4, masih ada beberapa smartphone dengan harga terjangkau serta memiliki spesifikasi yang tidak jauh berbeda dan untuk daftarnya kalian bisa melihatnya disini.

Mungkin itu saja sedikit rangkuman yang bisa Kampung Gadget hadirkan untuk kalian mengenai kelebihan dan kekurangan Oppo Reno 4, semoga bermanfaat dan bisa menjadi referensi buat kalian yang sedang mencari sebuah smartphone baru dengan harga yang bersahabat.

Gambar Gravatar
Sangat suka menulis dan utak atik HP dari kecil!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.