Begini Cara Cek HP Oppo

Cara Cek HP Oppo Asli atau Palsu

Cara Cek HP Oppo – Seiring berjalannya waktu, teknologi buatan manusia pastinya akan terus mengalami perubahan dari sebelumnya, termasuk juga dengan alat komunikasi. Saat ini, alat komunikasi yang sering kita jumpai sampai sekarang adalah ponsel.

Ponsel adalah salah satu alat komunikasi yang paling banyak di gunakan oleh kalangan masyarakat, hal ini tentu karena mudah dioperasikan dan gampang di bawa kemana-mana. Semakin hari, banyak sekali produsen ponsel yang bermunculan dan menawarkan berbagai produk HP terbaiknya, salah satunya adalah Oppo.

Di Indonesia, Oppo termasuk produsen ponsel Android yang cukup terkenal. Ini tentu karena hampir semua produk ponsel yang dirilis dibekali dengan teknologi terbaik namun dengan harga yang ramah di kantong. Karena tingkat popularitas ponsel Oppo, banyak orang yang dengan sengaja memalsukan produk dari Oppo. Salah satu produk ponsel dari Oppo yang saat ini banyak di palsukan adalah Oppo F7 dan Oppo Reno 3.

Oleh karena itu, ketika kita ingin membeli sebuah produk ponsel dari brand apapun, termasuk juga dengan Oppo, maka tentu kita harus bisa memastikan bahwa produk tersebut benar-benar asli. Untuk memastikan produk HP Oppo asli atau palsu, sebenarnya dapat kalian lakukan dengan cara memeriksa IMEI, memastikan spesifikasi pada ponsel serta melihat tingkat kejernihan pada layar.

Meski sebenarnya hal itu sudah cukup untuk memastikan HP Oppo asli atau tidaknya saat kita beli, namun kalian masih bisa mencoba cara terbaik lainnya.

Cara Cek HP Oppo Asli Atau Palsu

Untuk memastikan dengan lebih baik ketika membeli HP Oppo bekas ataupun baru, kalian dapat mengikuti 7 tips mengecek HP Oppo asli atau palsu di bawah ini.

1. Periksa IMEI HP Oppo

Masing-masing ponsel tentu sudah di berikan nomor IMEI yang berbeda-beda, termasuk juga dengan HP Oppo. Nomor IMEI ini pastinya sudah tersimpan di database Oppo sebelum mereka meluncurkan produk tersebut ke publik.

Nah, oleh sebab itu, kalian dapat memastikan HP Oppo yang kalian beli itu asli atau palsu dengan mengecek nomor IMEI-nya. Untuk HP Oppo baru, tentu nomor IMEI yang ada di dalam ponsel akan sama persis dengan yang tertulis pada boxnya. Jadi, kalian bisa mencocokan nomor IMEI tersebut dan jika berbeda, maka dapat di pastikan kalau ponsel Oppo tersebut palsu.

Sedangkan jika kalian membeli HP Oppo bekas, tentu tidak semuanya di jual bersamaan dengan kotaknya. Maka dari itu, untuk memastikannya, kalian dapat mencocokan IMEI pada HP tersebut ke dalam Device Authentication Oppo.

Untuk mengecek IMEI pada HP Oppo bisa melalui:

  1. Pertama kalian pergi dulu ke Pengaturan atau Settings jika memakai bahasa Inggris.
  2. Setelah itu cari lagi menu Tentang Ponsel atau About Phone.
  3. Terakhir tinggal cari opsi Status.

Disana kalian akan menjumpai nomor IMEI dari HP Oppo yang di gunakan. Alternatif lain yang bisa juga kalian gunakan untuk memeriksa nomor IMEI adalah seperti ini:

  1. Buka aplikasi Telepon pada HP Oppo.
  2. Setelah terbuka, kalian tekan kode *#06# pada keyboard.
  3. Lalu kalian pilih Panggil.
  4. Maka otomatis akan muncul nomor IMEI dari HP Oppo yang kalian gunakan.

Langkah terakhir dalam memastikan HP Oppo yang kalian beli itu asli atau palsu adalah mencocokan nomor IMEI tadi ke situs resmi Oppo atau melalui check your IMEI online.

2. Lihat Performa HP Oppo

Untuk memeriksa HP Oppo yang akan kalian beli itu asli atau palsu adalah dengan memeriksa performa devicenya. Secara umumnya, pada HP Oppo yang palsu itu performanya akan lebih jelek dari pada ponsel Oppo yang asli.

Hal tersebut karena prosesor serta RAM yang terdapat pada HP Oppo palsu akan jauh lebih rendah dari spesifikasi yang di katakan. Nah, jika sudah begitu, maka dapat di pastikan kalau HP Oppo yang kalian beli merupakan produk palsu atau bajakan.

3. Periksa Spesifikasi HP Oppo

Selain dengan beberapa cara di atas tadi, kalian juga bisa memastikan HP Oppo yang di beli itu asli atau palsu adalah dengan memeriksa spesifikasinya. Melihat spesifikasi pada HP Oppo yang akan kita beli, selain berguna untuk menentukan pilihan produk yang tepat, kalian juga bisa memastikan HP Oppo yang di beli asli atau palsu.

Apabila saat kalian memeriksa spesifikasi HP Oppo dan menemukan beberapa perbedaan dari yang di tampilkan, maka itu dapat di pastikan ponsel Oppo yang kalian beli merupakan produk bajakan atau palsu.

4. Lihat Tingkat Kejernihan Pada Layar

Sama seperti melihat spesifikasi-nya, kalian juga dapat memastikan produk yang akan di beli itu asli atau palsu dengan melihat tingkat kejernihan layarnya. Biasanya, pada HP Oppo yang asli, tingkat kejernihan layar akan lebih cerah dan warna yang di tampilkan juga lebih nyata.

Sedangkan untuk HP Oppo palsu, tingkat kecerahan layarnya akan lebih redup serta buram dan warna yang di tampilkan akan cenderung kurang nyata.

5. Periksa Harga yang Ditawarkan

Cara Cek HP Oppo Asli atau Palsu Dengan Memeriksa Harga yang di Tawarkan

Biasanya harga yang di tawarkan lebih murah dari harga pasaran aslinya dan ini biasanya sering menimbulkan kecurigaan. Oleh karena itu, kalian wajib berhati-hati ketikan di tawarkan produk dari Oppo dengan harga yang lebih murah dari harga standarnya.

Ini juga sebenarnya bisa kalian jadikan sebuah acuan yang lebih mudah untuk mengetahui produk HP Oppo yang di beli itu asli atau palsu. Agar lebih mudah, kalian bisa memastikan harga dari produk HP Oppo disini.

6. Lihat Kualitas Kamera

Seperti yang juga sudah sering kita dengar, kalau Oppo saat ini sedang terfokus dalam mengembangkan teknologi kamera pada ponselnya. Oleh sebab itu, setiap HP Oppo asli pastinya dibekali dengan kualitas kamera yang tidak perlu kalian ragukan.

Jadi, kalian juga bisa memastikan keaslian produk HP Oppo dengan melihat dari sisi kualitas jepretan kameranya. Jika kualitas foto yang dihasilkan sebanding dengan ukuran kamera yang tertera di spesifikasinya, maka itu menandakan produk asli dari Oppo sendiri. Namun jika tidak, maka itu tandanya produk yang kalian beli merupakan produk tiruan.

7. Cek Kartu Garansi HP Oppo

Seiring berkembangnya teknologi, ternyata ini juga membuat para pemalsu produk menjadi semakin cerdas dengan membuat kartu garansi palsu. Nah, meski ponsel Oppo yang kalian beli sudah dibekali dengan kartu garansi, bukan berarti itu merupakan produk asli, bisa saja itu HP replika atau bajakan.

Untuk mengantisipasinya, kalian dapat memeriksa kartu garansi yang di berikan berisi label dari PT Indonesia Oppo Electronik. Jika terdapat nama perusahaan lain, sebaiknya kalian mempertimbangkan ulang untuk membeli HP Oppo tersebut.

8. Perhatikan Desain Warna yang Digunakan

Masing-masing brand di setiap produsen smartphone tentu mempunyai desain yang berbeda-beda dan juga memiliki ciri khas tersendiri. Begitu juga dengan brand yang cukup terkenal di Indonesia, yaitu Oppo. Di mana Oppo juga memiliki desain dan warna yang pastinya berbeda dari produsen smartphone Android lainnya.

Meski saat ini beberapa oknum berusaha membajak desain serta warna dari produk Oppo, biasanya akan tetap terlihat perbedaan dari tingkat warna pada bodi, berat dan bentuk layarnya. Kondisi ini juga bisa kalian jadikan acuan ketika ingin memastikan HP Oppo yang di beli itu asli atau palsu.

9. Menggunakan Aplikasi Benchmark

Langkah berikut yang bisa kalian gunakan untuk memastikan kalau HP Oppo yang akan di beli merupakan produk asli adalah dengan menggunakan aplikasi Benchmark. Dengan memakai aplikasi Benchmark, kalian akan dengan mudah memeriksa performa HP secara spesifik dan juga bisa mengetahui kecepatan yang dimiliki.

Selain itu, kalian juga bisa membandingkan performa yang terlihat pada aplikasi Benchmark dengan performa yang di jelaskan pada situs resmi Oppo.

Cara Cek HP Oppo Bekas Dengan Kode Rahasia

Cara Cek HP Oppo Bekas Dengan Kode Rahasia

Ketika membeli sebuah ponsel bekas, tentu untuk memastikan keasliannya tidaklah sama seperti saat membeli HP baru. Karena ada beberapa oknum yang dengan sengaja mengakali serta memalsukan produk ponsel dari brand terkenal, termasuk juga Oppo.

Jika saat ini kalian sedang berencana membeli HP Oppo bekas ataupun baru dan ingin memastikan keasliannya, maka bisa melakukannya dengan memakai kode rahasia Oppo.

1. Menggunakan Engineer Mode

Kebanyakan orang juga menyebut kode rahasia dengan nama Engineer Mode. Dengan memakai kode rahasia ini, kalian akan lebih mudah ketika ingin mengecek kondisi HP Oppo layaknya seperti seorang Engineering dari perusahaan Oppo.

Nah, untuk caranya adalah sebagai berikut:

  • Langkah awal kalian buka dulu Dial UP atau Telepon pada HP Oppo.
  • Setelah terbuka, maka langsung ketikan pada keyboard *#800#.
  • Berikutnya pilih Panggil.
  • Otomatis kalian akan berada dalam menu Engineer Mode.

Saat sudah berada di dalam menu Engineer Mode, kalian dapat melakukan tes berbagai komponen yang dimiliki oleh ponsel Oppo yang akan di beli. Pastikan kalian menguji semua komponen dengan teliti, agar dapat memastikan jika ada kerusakan pada komponen sehingga kalian tidak mengalami kerugian saat membelinya.

Didalam menu tersebut juga di bagi menjadi beberapa kategori, hal ini tentu bertujuan agar pengguna bisa lebih mudah untuk melakukan pengecekan.

Daftar dan Fungsi Menu Engineer Mode

Bagi kalian yang sudah ahli dalam urusan teknologi pada ponsel, tentu sudah hafal betul dengan fungsi dari menu Engineer Mode. Namun untuk yang masih pemula, pastinya akan merasa bingung dengan fungsi dari menu yang ada di dalam Engineer Mode.

Nah, bagi kalian yang belum tahu, di bawah ini Kampung Gadget akan menjelaskan apa saja fungsi dari menu yang ada pada Engineer Mode tersebut.

Receiver TestIni merupakan menu yang akan membantu kalian ketika ingin memastikan komponen notifikasi pada HP Oppo masih berfungsi dengan baik. Ketika kalian menekan menu ini, maka akan keluar sebuah bunyi yang menandakan adanya sebuah notifikasi atau pemberitahuan.
Bluetooth TestMenu ini tentu mempunyai fungsi dalam menguji koneksi Bluetooth ketika saat mengirim atau menerima file. Kalian bisa memakai menu ini ketika ingin memastikan keadaan koneksi Bluetooth pada HP Oppo masih dalam keadaan baik atau tidak.
FM TestUntuk menu yang berikut ini bisa kalian gunakan untuk memeriksa kondisi dari pemancar gelombang radio. Pemancar ini tentu berfungi untuk menangkap sinyal radio dari tower radio. Saat menggunakan menu ini, maka kalian bisa mendengarkan suara yang di keluarkan oleh gelombang radio yang tertangkap.
Camera TestMempunyai fungsi untuk menguji kamera utama yang ada pada HP Oppo. Di dalam menu ini juga masih ada menu lainnya yang dapat kalian pakai ketika ingin memeriksa semua fitur yang ada pada kamera utama.
SIM Card TestSeperti dengan namanya, menu ini jelas berguna untuk memeriksa keadaan kondisi kartu SIM yang ada pada HP Oppo.
Vibration TestMenu yang selanjutnya ini memiliki fungsi untuk memudahkan kalian ketika ingin memeriksa getaran yang di hasilkan oleh HP Oppo.
Speaker TestDapat kalian gunakan untuk memeriksa tingkat kejernihan suara yang di hasilkan oleh speaker HP Oppo. Kalian bisa memperhatikan suara yang di keluarkan oleh speaker dengan baik, apakah suaranya terdengar jernih atau tidak.
Headset TestMenu ini akan membantu kalian ketika ingin menguji suara yang dikeluarkan dari headset Oppo. Jika suara yang dikeluarkan kurang jernih, maka itu menandakan ada masalah pada port headset tersebut. Tapi, pastikan kalian menggunakan headset ori dari Oppo.
Battery TestBisa kalian gunakan saat ingin memeriksa kesehatan baterai HP Oppo. Ketika kalian menekan menu ini, maka akan muncul informasi tentang keadaan baterai dari HP Oppo yang kalian gunakan.
Wifi TestBerguna untuk melakukan pengujian pada fitur Wifi yang ada pada ponsel Oppo. Kalian dapat mencoba menghubungkannya dengan jaringan Wifi yang ada di sekitar lokasi.
LCD TestBerikut ini merupakan menu yang bisa kalian pakai ketika ingin memastikan keadaan LCD, terutama di bagian kontras warna yang di tampilkan oleh LCD.
GPS TestIni adalah menu yang akan membantu kalian saat ingin menguji tingkat keakuratan dari sinyal GPS pada HP Oppo yang sedang di gunakan.

Penutup

Untuk saat ini, kalian bisa menggunakan beberapa cara cek HP Oppo asli atau palsu di atas ketika ingin membeli HP baru maupun bekas. Selain beberapa tips di atas, kalian juga bisa membeli produk dari Oppo di toko-toko yang sudah terpercaya pada kota kalian masing-masing.

Mungkin itu saja beberapa cara cek HP Oppo asli atau bajakan yang bisa Kampung Gadget rangkumkan untuk kalian. Semoga dengan informasi di atas, bisa menjadi pegangan kalian dalam menentukan serta membeli smartphone baru maupun bekas sesuai dengan keinginan.

Seperti biasa, jika ada pertanyaan seputar gadget, kalian dapat menuliskannya di kolom komentar yang ada di bawah ini.

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.