Cara Merekam Layar HP Samsung

Cara Merekam Layar HP Samsung Untuk Semua Tipe

Cara Merekam Layar HP Samsung – Baru-baru ini aktivitas merekam layar HP sudah mulai menjadi salah satu kebutuhan penting bagi sebagian pengguna perangkat seluler. Terutama untuk mereka yang suka membagikan tips atau tutorial seputar aplikasi dan game Android.

Kondisi ini juga yang membuat banyak vendor mulai melengkapi produk seluler terbarunya dengan fitur perekam layar. Hal ini juga terjadi pada perusahaan ponsel terkenal di Dunia, yaitu Samsung. Di mana Samsung saat ini sudah melengkapi hampir seluruh produk ponsel terbarunya dengan fitur tersebut.

Dengan adanya fitur ini, pengguna HP Samsung tidak perlu lagi repot-repot untuk memasang aplikasi pihak ketiga agar bisa merekam aktivitas pada layar. Karena fitur ini sudah terintegrasi langsung pada perangkat smartphone sehingga kita dapat langsung menggunakannya.

Namun sayangnya, fitur tersebut hanya bisa kalian gunakan di HP Samsung tertentu saja dan terbaru. Selain itu juga, di beberapa HP Samsung fitur ini hanya bisa digunakan ketika berada dalam sebuah game saja. Di luar dari memainkan game, fitur perekam layar di HP Samsung tidak bisa kalian gunakan untuk merekam layar.

Sekali lagi saya tekankan untuk kalian, kalau fitur tersebut saat ini hanya bisa dipakai oleh pengguna HP Samsung tipe terbaru saja. Jadi, jika perangkat Samsung kalian masih terbilang lama, kemungkinan fitur ini tidak dapat bekerja atau bahkan tidak ada pada perangkat.

Cara Merekam Layar HP Samsung Tanpa Aplikasi

Cara Merekam Layar HP Samsung Tanpa Aplikasi

Untuk kalian yang mungkin saat ini sudah menggunakan smartphone Android dari Samsung yang terbaru, maka fitur rekam layar biasanya sudah langsung terdapat didalamnya. Pada HP Samsung yang baru, fitur tersebut juga sudah bisa merekam suara internal dan suara dari mikrofon.

Jadi merekam suara internal ini sangat cocok sekali bagi kalian yang ingin memamerkan keahlian dalam bermain game Android. Sedangkan untuk merekam suara internal dan bersamaan dengan suara dari mikrofon tentu sangat cocok bagi kalian yang suka membagikan tutorial tentang gadget.

Sebelum menggunakan fitur perekam layar pada HP Samsung, biasanya kita harus mengaktifkannya terlebih dahulu. Caranya itu seperti ini:

  • Buka menu Pengaturan pada HP Samsung.
  • Lalu kalian cari menu Fitur Lanjutan.
  • Kemudian pilih Gambar Layar dan Perekam Layar.
  • Sekarang masuk ke Pengaturan Perekam Layar.
  • Terakhir kalian tinggal mengatur sumber audio dan kualitas video.

Jika fitur ini sudah kita aktifkan pada HP Samsung, maka proses merekam aktivitas di layar sudah dapat kalian lakukan dengan mudah. Apabila kalian belum tahu caranya, maka bisa mengikuti tutorial yang ada dibawah ini.

Cara Merekam Layar HP Samsung yang Benar

  1. Usap Status Bar yang ada di atas layar dengan jari ke bawah.
  2. Maka kalian akan melihat beberapa menu yang ada di dalam Quick Panel.
  3. Jika belum terlihat, usap ke bawah lagi sampai semua menu terlihat.
  4. Kemudian kalian pilih menu Perekam Layar / Screen Recording.
  5. Selanjutnya kalian akan melihat beberapa pengaturan suara, kalian bisa memilih salah satunya.
  6. Lalu tap saja menu Start Recording / Mulai Merekam.
  7. Pada layar akan terlihat hitungan angka mundur yang menjadi tanda kalau proses merekam layar akan dimulai.
  8. Secara otomatis proses merekam layar di HP Samsung akan dimulai.
  9. Apabila kalian sudah selesai dan ingin menghentikannya, maka tap tombol Stop.
  10. Proses merekam layar akan berhenti otomatis dan hasilnya dapat kalian lihat didalam galeri.

Cara Merekam Layar HP Samsung Dengan Aplikasi

Seperti yang sudah saya jelaskan tadi, kalau tidak semua HP Samsung memiliki fitur merekam layar. Terutama untuk kalian yang saat ini menggunakan HP Samsung tipe atau generasi yang lebih lama, sehingga fitur tersebut belum terpasang didalam ponsel.

Meski begitu, kalian tidak perlu khawatir karena masih ada cara lain yang dapat kalian lakukan untuk merekam layar pada HP Samsung. Caranya itu adalah dengan menginstall sebuah aplikasi pihak ketiga yang saat ini sudah bisa kita dapatkan dengan mudah.

Sekarang ini sudah ada banyak sekali jenis aplikasi yang bisa membantu kita saat ingin merekam aktivitas pada layar ponsel. Meski ada banyak aplikasi, tapi dalam tutorial kali ini saya tidak akan menjelaskannya satu-persatu untuk kalian karena itu akan memakan waktu yang lama. Namun saya hanya akan membagikan satu aplikasi saja dan aplikasi ini juga tidak memerlukan akses root, jadi aman untuk digunakan.

Merekam Layar HP Samsung Dengan Mobizen Screen Recorder

Mobizen Screen Recorder merupakan aplikasi pihak ketiga yang dapat membantu kita saat ingin merekam layar ponsel. Selain tanpa root, aplikasi ini juga sangat mudah untuk kita gunakan dan caranya adalah sebagai berikut:

1. Install Aplikasi Mobizen Screen Recorder

Langkah awal yang paling penting untuk kalian lakukan adalah menginstall aplikasi Mobizen Screen Recorder di HP Samsung. Kalian bisa mendapatkan aplikasi ini secara gratis di Google Play Store yang terdapat pada HP Samsung.

Install aplikasi tersebut seperti biasa, namun dengan syarat HP Samsung yang kalian gunakan sudah memakai sistem operasi Android 4.4 keatas.

2. Lakukan Setup Pada Aplikasi

Setelah kalian sudah berhasil menginstall nya di perangkat Samsung yang digunakan, maka selanjutnya kalian bisa membukanya.

Untuk pengguna baru, kalian akan melihat sebuah halaman selamat datang dan juga biasanya akan ditawari untuk beralih ke layanan premium. Di halaman ini kalian juga akan menemukan tutorial dan proses setup yang tidak boleh kalian lewatkan.

3. Proses Merekam Layar HP

Apabila proses tadi sudah selesai, maka selanjutnya kalian bisa mencari halaman atau tampilan yang akan di rekam. Jika sudah menemukan tampilan layar yang ingin di rekam, maka tap menu Overlay (tombol melayang yang dapat kalian geser). Tombol ini biasanya ada di samping layar dan memiliki logo Mobizen lalu kalian pilih lagi ikon kamera Video.

Jika sudah, biasanya akan muncul pop up konfirmasi untuk memulai proses merekam layar HP. Tidak perlu menunggu lama, kalian tap saja menu Start Now.

4. Cara Mengakhiri Proses Merekam Layar

Setelah proses merekam layar yang kalian lakukan sudah selesai dan ingin mengakhirinya, maka caranya hampir sama seperti saat memulai merekam layar. Di mana kalian tap kembali tombol Overlay dan pilih icon Stop yang terletak di sampingnya.

5. Cara Edit Hasil Rekaman Layar

Untuk kalian yang ingin mengedit hasil rekaman layar yang sudah di buat tadi, maka bisa melakukannya dengan menggunakan aplikasi Mobizen Screen Recorder. Caranya itu kalian bisa langsung menekan menu Overlay dan memilih ikon Kotak-kotak yang terletak di tengah.

Kemudian kalian dapat melakukan editing dari hasil rekaman layar sesuai dengan keinginan.

6. Menemukan Hasil Rekaman

Hasil rekaman ataupun hasil dari editing yang sudah kalian lakukan akan tersimpan secara otomatis di dalam ponsel Samsung. Untuk menemukannya, biasanya kalian bisa mencarinya di dalam aplikasi galeri. Namun jika tidak terlihat disana, kalian bisa membuka file manager dan mencari folder DCIM.

Selesai, kalian sekarang bisa membagikan hasil rekaman layar itu ke media sosial yang di inginkan.

Cara Merekam Layar HP Samsung A11

Cara Merekam Layar HP Samsung A11

Sampai saat ini masih banyak ternyata dari kalian yang bertanya-tanya, apakah HP Samsung A11 bisa merekam layar? Jelas jawabannya adalah iya, karena Samsung A11 yang hadir saat ini sudah bisa kalian gunakan untuk merekam aktivitas pada layar. Hal ini karena semua produk Samsung yang sudah menggunakan sistem operasi Android 10 ke atas itu sudah dibekali fitur rekam layar bawaan.

Sehingga kalian tidak perlu lagi menginstall aplikasi pihak ketiga saat ingin merekam layar pada HP Samsung A11. Meski terlihat sangat mudah, namun ternyata masih banyak pengguna HP Samsung A11 yang belum tahu cara menggunakannya.

Agar kalian tidak bingung lagi, maka berikut tutorial cara merekam layar HP Samsung A11:

  1. Buka HP Samsung A11 kalian dan cari tampilan yang hendak direkam.
  2. Lalu Swipe Down Status Bar pada HP Samsung A11.
  3. Kemudian kalian cari ikon rekam layar dan cukup tap satu kali saja.
  4. Biasanya ikon ini akan mempunyai judul Rekam Layar atau bisa juga Screen Recorder.
  5. Untuk mengatur kebutuhan rekam layar lainnya, kalian bisa membuka Pengaturan -> Advanced Setting -> Rekam Layar. Dalam menu ini kalian bisa menentukan pengaturan hasil rekaman layar yang di inginkan nantinya.
  6. Jika ingin memulai proses merekam layar, kalian bisa tap menu Mulai Merekam atau Start Recording.
  7. Saat rekam layar sudah aktif, biasanya di tandai dengan hitungan mundur dari angka 3. Saat hitungan mundur sudah selesai, maka itu artinya proses merekam layar pada HP Samsung A11 sedang di mulai.
  8. Terakhir, untuk mengakhiri proses merekam layar, kalian bisa tap tombol Stop.

Untuk hasil dari rekaman tadi, kalian bisa menemukannya di dalam galeri HP Samsung A11.

Cara Merekam Layar HP Samsung A50

Samsung Galaxy A50 dan A50s merupakan ponsel Android terbaru yang di rilis oleh Samsung baru-baru ini. Kedua smartphone itu mempunyai spesifikasi yang cukup identik, baik di dapur pacunya, teknologi layar dan fitur-fiturnya yang sama.

Tapi untuk pembahasan kali ini, saya tidak akan menjelaskan lebih detail perbedaan antara kedua smartphone tersebut. Karena di sini saya ingin menjawab pertanyaan yang sering di tanyakan oleh sebagian pengguna HP Samsung A50.

Apakah Samsung A50 Bisa Rekam Layar?

Tentu saja jawabannya iya, karena Samsung A50 sendiri sudah dibekali dengan antarmuka ONEUI 2.1 yang merupakan versi terbaru saat ini. Selain itu, banyak fitur yang ada pada antarmuka ONEUI 2.1, seperti Smart Gallery, Quick Share dan yang paling penting adalah fitur perekam layar.

Fitur itu akan membuat kalian mampu merekam layar secara langsung tanpa harus menginstall aplikasi pihak ketiga. Sehingga kita tidak perlu repot-repot mencari aplikasi tambahan yang mungkin saja bisa membebani kinerja smartphone.

Lalu bagaimana cara merekam layar pada HP Samsung Galaxy A50? Caranya sebenarnya tidak jauh berbeda dari HP Samsung terbaru lainnya, namun jika kalian belum tahu, maka bisa simak tutorialnya di bawah ini.

  1. Pertama kalian cari dulu tampilan layar yang ingin di rekam.
  2. Kemudian kalian Swipe Down Status Bar pada HP Samsung A50.
  3. Maka akan muncul banyak pilihan menu, kalian hanya perlu memilih menu Rekam Layar atau Screen Recorder.
  4. Untuk memulai tap menu Start Recording.
  5. Maka akan muncul indikator hitungan mundur pada layar dan proses merekam layar akan dimulai.
  6. Jika ingin menghentikan proses merekam layar, kalian bisa tap icon Stop.
  7. Hasil dari rekaman layar akan tersimpan didalam galeri HP Samsung A50.

Umumnya fitur rekam layar HP Samsung A50 sudah langsung tersedia di Status Bar, jika tidak muncul maka kalian harus mengaturnya di Pengaturan -> Fitur Lanjutan -> Perekam Layar -> Pengaturan Perekam Layar dan aktifkan.

Penutup

Dulu kita mungkin hanya bisa merekam aktivitas pada layar HP lewat perangkat komputer atau PC untuk bisa membuat semacam dokumentasi. Namun itu tidak untuk saat ini, karena kita sudah bisa dengan mudah merekam layar langsung melalui HP yang digunakan.

Selain menggunakan bantuan aplikasi pihak ketiga, beberapa ponsel Android saat ini termasuk Samsung sudah dibekali dengan fitur rekam layar bawaan. Sehingga penggunanya tidak harus repot-repot lagi menginstall aplikasi pihak ketiga yang mungkin saja tidak begitu aman.

Mungkin itu saja sedikit pembahasan yang bisa saya rangkumkan untuk kalian tentang cara merekam layar HP Samsung untuk semua tipe. Semoga dengan adanya informasi di atas bisa berguna serta bermanfaat untuk kalian semuanya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.