Cara Remote PC Dengan Android

Cara Remote PC Dengan Android Jarak Jauh

Mungkin untuk mereka yang masih awam dengan komputer tentu akan terdengar sangat susah cara remote PC dengan Android. Mungkin sebuah bayangan yang muncul di kepala kalian itu seakan prosesnya seperti seorang hacker yang sudah ahli. Padahal sebenarnya itu tidaklah benar seperti apa yang sudah kalian bayangkan saat ini, lho.

Karena proses remote itu tidak melulu soal proses pembobolan ataupun pembajakkan komputer yang digunakan. Hal ini tentu karena saat ini sudah ada cara yang paling mudah untuk me-remote PC menggunakan ponsel Android dari jarak jauh.

Memang tidak banyak orang yang menginginkan atau perlu dengan cara yang satu ini, karena biasanya mereka yang kerja di bidang server saja yang membutuhkannya. Tentu ini akan membuat mereka bekerja lebih cepat dan efisien dalam menangani masalah yang terjadi.

Termasuk juga yang akan saya bahas hari ini, karena memang sudah sangat umum dan bisa digunakan oleh semua orang tanpa terkecuali. Mungkin kamu salah satu orang yang sedang butuh mengendalikan laptop atau PC dari jarak jauh menggunakan HP Android.

Jika memang iya, maka kalian dapat menyimak informasi lengkap mengenai cara remote PC dengan Android dari jarak jauh di bawah ini.

Cara Remote PC Dengan Android Jarak Jauh

Dahulu untuk mengendalikan laptop atau PC dari jarak jauh menggunakan HP mungkin terasa sulit untuk dapat kita lakukan. Namun jauh berbeda untuk saat ini, karena sudah ada banyak sarana yang dapat kita gunakan untuk melakukan hal tersebut.

Untuk saat ini sudah ada 6 cara yang bisa kalian lakukan ketika ingin mengendalikan PC dari jarak jauh dengan menggunakan HP Android. Contohnya adalah sebagai berikut:

1. Dengan Unified Remote Server

Cara yang pertama ketika kalian ingin meremote PC dengan menggunakan HP Android adalah dengan Unified Remote Server. Aplikasi ini akan dengan mudah membantu kalian ketika ingin memonitor kegiatan pada PC langsung melalui perangkat Android.

Caranya kurang lebih seperti berikut:

  1. Pertama download terlebih dahulu Aplikasi Unified Remote Server Untuk PC / laptop. Sedangkan di Android, kalian bisa mendownload aplikasi tersebut di Playstore.
  2. Selanjutnya kalian nyalakan atau jadikan PC sebagai Hotspot terlebih dahulu.
  3. Lalu hubungkan HP Android kalian ke jaringan hotspot (PC).
  4. Setelah itu kalian buka aplikasi Unified Remote Server di PC.
  5. Buka lalu Klik Kanan dan Start Server dan terakhir klik Manager.
  6. Apabila sudah, sekarang buka aplikasi unified remote client di Android.
  7. Untuk memastikan HP Android sudah terhubung, klik menu Servers.

Jika sudah terhubung dengan baik, maka kalian bisa mencoba mengendalikan PC melalui perangkat Android.

Beberapa fungsi yang ada di aplikasi Unified Remote Server:

  • Basic Input : Memiliki fungsi sebagai Mouse.
  • File Manager : Berguna untuk membuka file atau data yang ada di PC (melalui Android).
  • Shutdown + Restart Dll : Fungsinya sama seperti di PC.

Perlu untuk kalian ketahui juga kalau aplikasi Unified Remote ini mempunyai dua versi, yaitu versi gratis dan juga berbayar. Nah, untuk versi yang gratis itu ada beberapa fitur yang tidak bisa kalian gunakan karena hanya akan terbuka di versi berbayar saja.

2. Menggunakan Virtual Network Computing

Cara remote PC dengan Android yang bisa kalian coba selanjutnya adalah dengan aplikasi Virtual Network Computing (VNC). Aplikasi yang satu ini mempunyai sistem kerja yang hampir mirip dengan Teamviewer dan VNC juga mempunyai banyak pengguna.

Cara kerjanya juga sama, namun yang membedakannya itu VNC menggunakan sistem buffer yang sayangnya sering muncul delay antara PC dan HP Android. Tapi enaknya itu, aplikasi ini bisa digunakan untuk semua Android dan tanpa perlu terhubung ke internet.

Jika kalian berminat, begini cara menggunakannya:

  1. Langkah awal kalian bisa mendownload VNC di PC dan juga aplikasi Virtual Network Computing di Android.
  2. Ketika kalian menginstall VNC di PC, maka pilih opsi Personal / Non Commercial use dan klik Accept.
  3. Lalu buka aplikasi VNC di laptop atau PC dan copy Partner ID serta Password yang terlihat.
  4. Buka aplikasi VNC pada HP Android dan masukan ID serta Password yang sudah di dapatkan tadi.
  5. Apabila sudah benar, maka langsung tap menu OK.
  6. Nantinya kalian akan melihat beberapa penjelasan, jika sudah paham maka klik menu Continue.

Selesai, kini kalian bisa langsung menggunakannya.

3. Cara Remote PC Dengan Android Via Teamviewer

Cara Remote PC Dengan Android Via Teamviewer

Teamviewer merupakan salah satu aplikasi yang sampai saat ini masih sangat populer dan banyak orang yang menggunakannya. Hal ini tentu karena aplikasi ini sangat mudah dan simpel saat digunakan untuk mengontrol PC / laptop dari jarak jauh menggunakan HP Android.

Bagi kalian yang berminat, berikut cara menggunakan Teamviewer:

1. Download Aplikasi Teamviewer

Langkah awal yang penting untuk kalian lakukan adalah mendownload aplikasi Teamviewer pada laptop atau PC dan juga di Android. Untuk di laptop atau PC, kalian bisa mendownload Teamviewer melalui browser google dengan hanya mengetikkan “Download Teamviewer“. Sedangkan di Android, kalian bisa membuka aplikasi Google Playstore dan mengetikan di kolom pencarian “Teamviewer“.

Apabila sudah di download, silakan kalian bisa langsung menginstall aplikasi tersebut pada laptop atau PC dan juga di Android. Khusus untuk yang di laptop atau PC, kalian sebaiknya pilih opsi Personal / Non Commercial use dan langsung klik Accept.

2. Masukkan Partner ID Teamviewer

Berikutnya jika aplikasi Teamviewer sudah selesai terinstall pada laptop ataupun pada PC serta di Android, maka silakan buka aplikasinya. Untuk Teamviewer di laptop atau PC, kalian akan menjumpai Partner ID serta Password yang langsung muncul di halaman depan.

Agar lebih mudah mengingatnya, kalian bisa merubah ID atau Password sesuai dengan keinginan sendiri.

3. Masukkan ID dan Password

Berikutnya buka aplikasi Teamviewer di perangkat Android kalian, lalu masukan ID serta password yang sudah di buat tadi. Pastikan di sini kalian sudah memasukkannya dengan benar agar tidak ada kesalahan saat menghubungkannya.

Jika ID dan Password sudah benar, kalian langsung klik menu OK. Lalu tunggu sampai proses connect berhasil di lakukan.

4. Informasi Mouse Interactions

Berikutnya kalian juga akan melihat sebuah halaman yang berisikan informasi Mouse Interactions. Dalam menu ini kalian akan melihat beberapa tampilan yang berisikan sedikit rangkuman informasi mengenai penggunaan mouse ketika kalian meremote PC melalui smartphone Android.

Apabila kalian sudah paham mengenai penjelasan yang diberikan, maka langsung saja tap opsi Continue.

Maka sekarang kalian sudah bisa meremote laptop atau PC menggunakan HP Android dari jarak jauh. Tapi perlu juga kalian ketahui, kalau Teamviewer membutuhkan akses jaringan internet untuk bekerja dengan baik. Sehingga pastikan laptop atau PC dan HP Android kalian sudah terhubung dengan jaringan internet yang stabil.

Sebab, jika salah satu internetnya terputus, maka proses remote yang kalian lakukan tidak akan bekerja sama sekali.

4. Dengan Menggunakan Chrome Remote Desktop

Selain dengan bantuan Teamviewer, kalian sebenarnya juga masih bisa mengontrol PC dengan Android dari jarak yang jauh. Di mana sarana yang perlu kalian siapkan adalah Chrome Remote Desktop khusus untuk perangkat PC dan juga Android.

Untuk menggunakannya juga sangat mudah sekali dan kalian juga hanya memerlukan akun Google Chrome serta ekstensi Chrome Remote Desktop saja. Bagi yang berminat, tutorialnya adalah sebagai berikut.

  1. Download dan Install terlebih dahulu Google Chrome terbaru di laptop atau PC.
  2. Lalu login dengan akun Google yang kalian miliki.
  3. Apabila sudah, sekarang kalian bisa install terlebih dahulu Chrome Remote Desktop Extension untuk Google Chrome pada laptop atau PC.
  4. Setelah berhasil ter-install maka langsung jalankan Extension tersebut. Maka kalian akan melihat sebuah halaman dan cari sebuah tombol yang bertuliskan Enable Remote Connections.
  5. Maka kalian akan di tanya untuk memasukkan PIN, dan silakan masukan PIN berupa angka dan terdiri dari 6 karakter yang kalian inginkan.
  6. Jika ada permintaan masukkan PIN lagi, maka masukkan saja PIN tersebut kembali.
  7. Selesai, sampai di sini pengaturan yang kalian lakukan sudah selesai. Sekarang kalian hanya perlu menginstall aplikasi Chrome Desktop Remote Host di komputer kalian.
  8. Untuk di Android, kalian bisa mencari aplikasi Chrome Remote Desktop.
  9. Nah, jika tahap diatas sudah kalian lakukan dengan benar, maka di Aplikasi Chrome Remote Desktop di Android akan muncul nama PC kalian. Jika belum muncul, coba saja klik menu Refresh.
  10. Apabila sudah tersambung dengan benar, maka coba aktifkan mode Auto Rotate. Ini berguna agar kalian bisa menggunakan mode Landscape.
  11. Selesai dan kini kalian bisa langsung menggunakannya untuk meremote PC menggunakan HP Android dari jarak jauh.

5. Cara Remote PC Dengan Android Dengan Remote Control Collection

Cara Remote PC Dengan Android Dengan Remote Control Collection

Remote Control Collection juga merupakan salah satu aplikasi yang dapat kalian gunakan untuk meremote PC menggunakan perangkat Android. Seperti halnya aplikasi lainnya, Remote Control Collection juga sangat populer di Google Playstore.

Dengan begitu, Remote Control Collection dapat menjadi alternatif aplikasi yang dapat kalian gunakan. Namun untuk menjalankan aplikasi ini, kalian membutuhkan akses internet pada PC dan juga di HP Android. Langkah-langkah penggunaannya adalah sebagai berikut:

  1. Pertama-tama kalian bisa mendownload serta install aplikasi Remote Control Collection di PC dan juga di HP Android.
  2. Kemudian kalian bisa menghubungkan laptop atau PC ataupun HP yang akan kalian gunakan untuk meremote ke satu jaringan yang sama nantinya.
  3. Jika sudah, silakan buka aplikasi Remote Control Collection dan pilih menu Devices.
  4. Apabila berhasil, maka sekarang PC atau laptop kalian sudah bisa terhubung dengan ponsel Android.
  5. Sekarang kalian bisa menggunakan HP untuk memonitor langsung pekerjaan di PC atau laptop dengan lebih cepat.

6. Menggunakan Aplikasi Remot Airdroid

Cara remote PC dengan HP Android yang terakhir juga bisa dilakukan dengan menggunakan aplikasi Airdroid. Sebenarnya prinsip dari kerja aplikasi ini terbilang sama dan kalian hanya perlu menginstall aplikasi tersebut di PC serta di HP Android.

Cara menggunakan aplikasi Remot Airdroid adalah seperti berikut:

1. Cara setting aplikasi Remot Airdroid di HP Android:

  • Pastikan unduh aplikasi Remot Airdroid di Playstore.
  • Setelah berhasil ter-install kalian perlu melakukan sign up terlebih dahulu.
  • Isikan semua data yang diperlukan, seperti email, password dan juga username.
  • Atau agar lebih mudah, kalian bisa sign up menggunakan Google+, Facebook atau Twitter.
  • Apabila sudah, kalian dapat login dengan akun yang sudah di buat dan aplikasi Remot Airdroid berhasil diaktifkan.

2. Cara setting Airdroid di PC:

  • Kalian bisa install terlebih dahulu Airdroid di PC atau laptop dengan mengunjungi situs resminya.
  • Install seperti biasa saja dan sampai terbuka dengan benar.
  • Lalu kalian masuk ke HP Android dan cari menu Device Bluetooth dan temukan Airdroid Web.
  • Lanjutkan dengan Scan QR Code yang terlihat pada komputer dan klik Sign In.
  • Informasi dari HP Android kalian ayang terlihat pada layar PC dan klik saja AirMirror.
  • Selesai, kini aplikasi Airdroid sudah aktif dan bisa kalian gunakan untuk remot PC dengan Android.

Penutup

Seperti yang sudah saya jelaskan tadi, kalau remote PC / laptop atau mengendalikan PC dari jarak jauh menggunakan Android itu tidak terus-menerus soal pembobolan saja. Namun sistem pekerjaan yang satu ini bisa memudahkan pekerjaan dari seorang admin.

Bagi mereka yang memiliki tanggung jawab untuk mengawasi server selama 24 jam, tentu akan sangat terbantu dengan adanya sistem remote ini. Sebab pekerjaan mereka akan menjadi lebih mudah dan bisa dilakukan kapanpun dan juga dimanapun ia berada.

Baiklah, mungkin cukup sekian dulu informasi yang bisa saya hadirkan hari ini tentang cara remote PC dengan Android dari jarak jauh. Semoga bisa membantu dan bermanfaat untuk kalian semuanya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.