Update! 9 Cara Autofocus di HP Android Semua Tipe Paling Terbaru

Cara Autofocus di HP Android Semua Tipe Terbaru

Cara Autofocus di HP Android – Semakin hari tentu teknologi akan terus berkembang dengan lebih cepat, hal ini juga tidak lepas daru usaha setiap manusia yang ingin menjadi yang terbaik dari orang lain. Dizaman yang sudah modern seperti sekarang ini juga sudah tercipta banyak sekali jenis teknologi terbaru yang tentunya lebih canggih dari sebelumnya.

Nah, salah satu teknologi yang terus di perbaharuai adalah Smartphone. Saat ini sudah ada banyak sekali ponsel Android yang memiliki teknologi canggih serta fitur-fitur yang lebih lengkap dan lebih bagus dari generasi sebelumnya.

Sebuah fitur yang cukup menarik perhatian di ponsel Android saat ini adalah Autofocus. Apa itu Autofocus? Ini adalah salah satu fitur yang ada didalam kamera ponsel Android yang akan memungkinkan penggunanya untuk memfokuskan salah satu obyek yang akan di foto.

Dengan adanya fitur Autofocus, pengguna akan lebih mudah untuk mendapatkan hasil foto yang lebih jernih dan bagus karena kita bisa memfocuskan ke gambar yang akan dibidik dan untuk bagian lainnya akan terlihat samar atau blur.

Cara Mengatur Fokus Kamera Android

Hampir semua ponsel Android terbaru saat ini sudah dibekali dengan kamera bagus serta fitur Autofocus, agar hasil jepretan kameranya bisa sesuai dengan apa yang dinginkan oleh penggunanya. Tapi meski begitu, ternyata masih banyak orang yang tidak tahu bagaimana cara mengatur Autofocus di kamera ponselnya.

Jika kalian salah satu dari orang yang masih belum terlalu mengerti bagaimana cara mengatur Autofocus kamera agar hasil jepretannya jernih dan sesuai dengan apa yang diinginkan, maka jangan bersedih. Karena berikut ini admin sudah menyiapkan cara mengatur Fokus kamera Android terbaru.

1. Cara Mengatur Fokus Kamera Android Secara Manual

Meski saat ini rata-rata smartphone Android terbaru itu memiliki fitur manual fokus yang dimana kita bisa mengatur jarak fukus sesuai dengan keinginan, tapi biasanya mayoritas pendukungnya itu bernama Touch Focus. Ini artinya kita bisa menentukan titik focus dengan cara menyentuh obyek yang terlihat dilayar smartphone.

Nah, berikut ini adalah contoh cara mengatur focus kamera Android secara manual:
Cara Mengatur Fokus Kamera Android
Untuk pada gambar itu, jika kalian ingin gambar jam tangan paling depan terlihat lebih fokus dari pada yang dibelakang, maka kalian hanya perlu menyentuh gambar jam tangan yang berada di depan pada layar smartphone.

Dengan begitu, hasil dari jepretan kamera hp kalian akan lebih fukus ke gambar jam tangan di bagian depan saja. Sedangkan untuk yang dibagian belakang akan terlihat sedikit buram. Jika ingin sebaliknya, kalian hanya perlu menyentuh gambar jam tangan yang paling belakang di layar ponsel.

2. Cara Mengatur Fokus Kamera Android Dengan Lock Focus

Pada beberapa ponsel Android terbaru juga ada yang dibekali dengan sebuah fitur mengunci focus atau sering juga disebut dengan nama Lock Focus.

Fitur ini mempunyai fungsi mencegah agar fitur fucusnya tidak berubah-ubah meski saat memotret obnyek ponsel kalian bergeser. Nah, untuk mengaktifkan fitur ini juga tidak terlalu sulit dilakukan, karena kalian tinggan menyentuh layar dan menahannya selama 3 detik di titik fokus obyek yang tampil pada layar.

Menggunakan cara ini sebenarnya bukan hanya titik focus obyek saja yang akan terkunci tapi pengaturan white balance dan pengaturan exposure juga akan ikut terkunci. Untuk contohnya kalian bisa melihatnya pada gambar yang ada di bawah ini.

Cara Mengatasi Kamera HP yang Tidak Bisa Auotofocus

Biasanya selain karena kamera ponsel yang tidak dibekali dengan fitur aotufocus, ternyata ada beberapa hal lain yang juga bisa membuat kamera hp tidak bisa fokus. Jika sudah begini, hasil jepretan kamera ponsel kalian akan terlihat buram atau blur.

Lalu bagaimana cara mengatasi kamera yang tidak bisa autofocus? Yuk, kita lihat caranya dibawah ini:

  1. Periksa lensa kamera ponsel kalian dan pastikan dalam keadaan bersih dan tidak berdebu. Karena kemungkinan besar, lensa kamera yang kotor dan berdebu bisa menjadi penyebab kamera tidak bisa autofocus.
  2. Pastikan juga kalau lensa kamera ponsel kalian tidak ada penghalangnya. Jika kalian menggunakan pelindung ponsel atau pelindung laya maka cobalah untuk melepasnya terlebih dahulu.
  3. Cobalah untuk mencari tempat yang memiliki pencahayaan baik, atau kalian juga bisa mengaktifkan fitur ISO, kurangi kecepatan rana atau sumber cahaya yang ditangkap lensa, kemudian cobalah untuk mengambil sebuah gambar.
  4. Berikutnya, kemungkinan besar beberapa kamera memerlukan waktu yang sedikit lama untuk Focus dan ini biasanya terjadi apabila kalian memotret obyek yang terlalu dekat. Cobalah untuk memotret obyek dengan jarak lebih dari 10-12 cm dari lensa kamera ponsel kalian.

Begini Cara Autofocus di HP Android yang Tidak Ada Auotofocus

Untuk kalian yang mungkin mempunyai ponsel dengan tipe lama dan kameranya belum dibekali dengan fitur Autofocus, maka untuk bisa membuat hasil jepretan kamera biar focus tentu kalian tidak hanya harus mengati ponsel tersebut dengan yang lebih baru tapi ternyata ada juga cara lain yang bisa dilakukan.

Cara Autofocus pada kamera ponsel yang tidak dibekali dengan fitur tersebut bisa memanfaatkan sebuah aplikasi pihak ketiga yang ada di Google Play Store. Meski terdapat banyak aplikasi pihak ketiga yang bisa kalian gunakan, tapi untuk hari ini admin hanya akan menggunakan aplikasi yang bernama Google Kamera.

Jika kalian berminat, berikut adalah cara Autofocus menggunakan Google Kamera:

1. Download dan Settings

Cara Autofocus menggunakan Google Kamera

Hal pertama yang wajib kalian lakukan adalah mengunduh aplikasi Google Camera di Play Store yang ada didalam smartphone Android. Setelah proses instalasi selesai, maka selanjutnya kalian dapat langsung membuka aplikasi Google Kamera.

Jika kalian ingin mengaktifkan fitur lensa blur maka kalian bisa langsung menggeser layar yang ada dibagian bawa kiri ke kanan. Didalam menu itu kalian akan melihat 5 jenis fitur lainnya, namun untuk kali ini kalian bisa memilih opsi “Lens Blur“.

2. Cara Autofocus Menggunakan Google Camera

Cara Autofocus menggunakan aplikasi ini, kalian bisa menyiapkan terlebih dahulu obyek yang akan di foto. Jika sudah, kalian bisa langsung mengarahkan kamera ponsel ke obyek tersebut dengan jarak sekitar 10 cm dan usahakan jangan terlalu dekat dari itu.

Berikutanya kalian tekan tombol kamera, lalu mengikuti arahan yang diminta oleh aplikasi Google Camera. Ini biasanya kalian akan diminta untuk menggerakan kamera hp ke atas secara perlahan ( usahakan jangan terlalu cepat ) pada obyek yang ingin di foto.

3. Hasil Foto dari Google Camera

Apabila proses pengambilan gambar kalian berhasil maka biasanya akan muncul tanda ceklis dan pada status bar juga akan muncul sebuah notifikasi kamera yang sedang memproses gambar yang kalian ambil tadi.

Untuk saat ini kalian hanya perlu menunggu hasil gambar tersebut. Jika prosesnya berhasil, maka kalian bisa langsung melihat jepretan kamera ponsel di dalam aplikasi galery ponsel dan jika diarea selain obyek yang kalian bidik semuanya blur maka ini artinya kalian sukses mengambil fotonya.

Penutup

Untuk saat ini memang sudah ada banyak ponsel Android dengan harga terjangkau yang dibekali dengan fitur kamera Autofocus. Namun meski begitu kalian masih bisa mendapatkan sebuah foto fucus pada ponsel yang tidak dibekali dengan fitur Autofocus dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti Google Camera.

Tapi untuk aplikasi yang satu ini, tidak semua perangkat Android bisa menggunakannya. Jadi apabila ponsel kalian tidak bisa menguduh aplikasi ini, maka bisa menggunakan aplikasi kamera lainnya yang ada di Play Store.

Nah, jika ada pertanyaan seputar cara Autofocus pada kamera HP Android, kalian bisa menulisnya di kolom komentar yang sudah admin sediakan dibawah ini.

Baik, untuk saat ini mungkin cukup sekian saja informasi yang bisa admin sampaikan untuk kalian mengenai cara Autofocus di hp Android semua tipe, semoga bermanfaat dan selamat mencoba. Jangan lewatkan juga tips keren seputar gadget lainnya hanya di Kampung Gadget.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.