Cara Membuat Rumah di Minecraft

Cara Membuat Rumah di Minecraft

Cara Membuat Rumah di Minecraft – Bagi pemain Minecraft lama, pastinya sudah tahu fungsi sebuah rumah di dalam game. Yup, benar sekali, rumah yang dibuat dalam game Minecraft itu memiliki fungsi untuk melindungi kita dari serangan musuh pada malam hari.

Maka dari itulah rumah menjadi salah satu hal yang sangat penting dan wajib untuk kita miliki dalam game Minecraft. Terutama jika kalian bermain di dalam mode survival.

Untuk membuat sebuah rumah di Minecraft, sebenarnya tidak terlalu sulit di lakukan. Meski begitu, masih banyak pemain game Minecraft yang bingung saat ingin membangun sebuah rumah.

Nah, jika kalian adalah salah satu orangnya, maka jangan khawatir. Karena di artikel ini saya akan jelaskan secara detail tentang cara membuat rumah di Minecraft.

Cara Membuat Rumah di Minecraft

Di dalam game Minecraft, sebenarnya kalian bisa membangun sebuah rumah sesuai dengan keinginan. Asalkan kalian sudah mempunyai inspirasinya terlebih dulu.

Karena jika belum memiliki inspirasi, tentu akan sulit untuk membuat sebuah rumah. Oleh sebab itu, cobalah untuk menemukan inspirasi kalian sendiri terlebih dahulu atau bisa juga mengikuti inspirasi rumah dari saya.

Berikut adalah caranya:

1. Persiapkan Material

Langkah pertama yang paling penting dan wajib untuk kalian lakukan adalah mempersiapkan materialnya terlebih dahulu. Di sini saya sudah menyiapkan beberapa material untuk membuat sebuah rumah versi saya sendiri.

Daftar materialnya bisa kalian lihat pada tabel di bawah ini.

Material yang Diperlukan Fungsinya
Light Blue Concrete Dinding utama rumah
Blue Concrete Variasi dinding
White Concrete Variasi dinding
Smooth Quartz Slab Dekorasi eksterior rumah
Spruce Wood Planks Lantai rumah
Spruce Wood Slab Pijakan lantai rumah
Spruce Trapdoor Atap di atas pintu
Glass Kaca di samping pintu
Glass Panel Jendela rumah
Oak Leaves Pagar rumput
Oak Fence Pagar kayu
Oak Fence Gate Pagar kayu yang bisa dibuka tutup
White Carpet Dekorasi atap
Light Blue Carpet Dekorasi atap
Iron Door Pintu rumah

2. Pembuatan Dasar Dari Bangunan

Selanjutnya kita akan membuat dasar dari bangunan rumah yang akan di buat. Pada tutorial ini, saya membuat dasar bangunan dengan ukuran 13 x 10 block agar nanti terlihat lebih luas.

Cara membuat dasar bangunan rumah seperti ini:

  1. Pertama kalian pasang dulu dinding dasar rumah menggunakan Light Blue Concrete serta Blue Concrete.
  2. Kemudian gunakan Spruce Wood Planks dan juga Spruce Wood Slab untuk dasar lantai awal.
  3. Jika sudah, kalian bisa memasang semua lantai dengan memakai Spruce Wood Planks kembali.

3. Pembuatan Dinding Rumah

Apabila dasar dari bangunan sudah selesai di buat, maka langkah selanjutnya kita akan membuat dinding untuk rumah. Agar bisa terlihat lebih cantik dan menarik, dinding bisa kalian sesuaikan dengan dasarnya tadi.

Prosesnya seperti ini:

  1. Silakan pasang dinding rumah sesuai dengan dasar dari bangunan tadi. Misalnya pada dasar bangunan yang saya buat tadi menggunakan Blue Concrete, maka untuk dindingnya saya masih akan tetap menggunakannya.
  2. Kemudian hubungkan antar dinding pada bagian depan rumah.
  3. Ini agar rumah nantinya lebih terlihat keren. Di sini kalian juga bisa menambahkan dinding penghubung pada bagian dalam rumah. Sehingga nantinya akan terlihat ada dua petak.

Untuk panjang dari dinding rumah sendiri bisa kalian sesuaikan dengan keinginan masing-masing. Tapi pada tutorial kali ini saya menggunakan 7 block dan 5 block.


Baca Juga : Cara Membuat Portal di Minecraft


4. Memasang Pintu dan Jendela

Ketika dinding rumah sudah selesai, maka sekarang kita bisa melakukan dekorasi pada halaman depan rumah. Misalnya dengan menambahkan pintu serta jendela.

Caranya begini:

  • Gunakan item Glass untuk membuat sebuah kaca tebal yang akan di gunakan pada area depan rumah. Jangan lupa menyisakan 2 block ke atas untuk nantinya kita pasangkan pintu.
  • Kemudian gunakan Iron Door serta letakkan di bagian tengah material kaca.
  • Apabila sudah, silakan hancurkan beberapa block dinding untuk memasangkan jendela.
  • Pakai Glass Panel untuk membuat sebuah jendela yang akan di tempelkan pada dinding rumah.

5. Pembuatan Atap Rumah

Setelah proses pembuatan pintu dan jendela selesai, sekarang lanjut untuk proses pembuatan atap rumah. Di sini saya akan membuat atap rumah dengan menggunakan item yang sama seperti pembuatan dinding tadi.

Hanya saja nanti kita akan menambahkan sedikit dekorasi, agar rumah bisa terlihat lebih keren dan modern.

  1. Gunakan item Smooth Quartz Slab untuk membuat dekorasi atap rumah di atas jendela.
  2. Jangan lupa untuk menambahkan beberapa block Blue Concrete sebagai perpaduannya.
  3. Lalu gunakan item Light Blue Concrete untuk membuat atap rumah.

6. Tambahkan Dekorasi Eksterior

Tahap yang selanjutnya, kita akan menambahkan dekorasi eksterior agar rumah lebih terlihat keren. Seperti penambahan rumput, pagar serta hiasan pada atap rumah.

Tahapannya begini:

  • Silakan kalian buat dulu pagar rumput menggunakan Oak Leaves.
  • Buat juga pagar kayu permanen menggunakan Oak Fence.
  • Jangan lupa untuk menambahkan Oak Fence Gate agar pagar kayu yang kita buat dapat di buka tutup saat masuk kedalam rumah.
  • Tambahkan juga hiasan atap dengan memakai item White Carpet serta Light Blue Carpet.
  • Agar terlihat lebih cantik lagi, di sini saya akan tambahkan Spruce Wood Slap dan Spruce Trap Door di bagian atas pintu rumah.

Selain yang saya sebutkan, kalian juga masih bisa menambahkan dekorasi eksterior lain sesuai dengan keinginan.

7. Tambahkan Dekorasi Interior

Setelah menambahkan dekorasi Eksterior, sekarang kita hanya harus membuat dekorasi interior atau desain bagian dalam rumah. Kalian bisa menyesuaikan dengan keinginan masing-masing atau mengikuti desain interior yang saya buat.

  • Silakan kalian persiapkan dulu item untuk dekorasi interior rumah, seperti Lantern, Blue Bed, Spruce Wood Stairs, Bookshelf dan juga Painting.
  • Lalu pasang Lantern di setiap sudut agar rumah terlihat lebih terang di malam hari.
  • Kemudian dekorasi pada bagian dalam menggunakan Wood Stairs sebagai kursinya. Bookshelf untuk membuat rak dan Painting sebagai hiasan warna dinding.
  • Silakan posisikan saja sesuai keinginan kalian masing-masing.
  • Terakhir kita akan memasang Blue Bed dan posisikan sesuai keinginan.

8. Pembuatan Rumah Selesai

Jika tidak ada kendala dari tahapan pertama sampai akhir, maka sekarang proses pembuatan rumah di Minecraft sudah selesai. Kurang lebih desain rumahnya seperti gambar di atas.

Silakan kalian juga bisa menambahkan dekorasi lain agar bisa terlihat lebih keren lagi.


Baca Juga : Arti Maintenance di dalam Game


Contoh Desain Rumah di Minecraft Terbaru

Selain desain rumah yang sudah saya bagikan di atas tadi, tentu masih ada banyak sekali desain rumah di Minecraft. Di sini saya juga akan memaparkan beberapa desain yang mungkin bisa menjadi inspirasi untuk kalian semuanya.

Silakan pilih sesuai keinginan kalian.

1. Desain Rumah Modern

Pertama ada desain rumah Minecraft moderen. Seperti namanya, rumah dari contoh di atas tadi itu tentu sudah mengusung desain yang kekinian saat ini.

Mulai dari adanya kolam, bangunan dengan dua lantai, penambahan balkon yang menggunakan desain artistik.

Bahan yang perlu di persiapkan untuk membuat desain rumah ini juga tidak terlalu banyak. Sehingga saya rasa cukup mudah untuk membuatnya.

2. Desain Rumah Dengan 3 Lantai

Berikutnya, jika kalian memiliki keinginan untuk membuat rumah bertingkat di Minecraft, mungkin desain yang satu ini bisa menjadi inspirasinya.

Dalam video di atas, kalian bisa mendapatkan contoh desain untuk membuat rumah dengan tiga lantai.

Dekorasinya juga cukup keren, mulai dari adanya taman mewah, garasi, tanaman serta kolam dengan desain yang sangat keren pastinya.

3. Desain Rumah Mewah

Jika desain rumah di Minecraft tadi di rasa masih kurang, mungkin desain yang berikut ini bisa sesuai dengan keinginan kalian. Desain rumah dalam video di atas memiliki tampilan yang jauh lebih mewah dari sebelumnya dan mungkin bisa menjadi inspirasi untuk kalian.

Di dalam desain kali ini, terdapat cukup banyak bangunan dengan desain yang futuristik. Terdapat beberapa bangunan seperti garasi, kolam renang yang mewah, ruang makan, taman dan masih banyak lagi.

4. Desain Rumah Kecil

Apabila kalian masih terbilang baru dalam bermain game Minecraft dan di rasa sangat sulit untuk mengikuti desain rumah tadi. Maka pilihan desain rumah berikut ini mungkin bisa menjadi inspirasinya.

Meskipun desain rumah yang satu ini terlihat kecil, namun jika di lihat-lihat masih cukup keren kok.

Terdapat dua petak pada rumah ini dan memiliki fungsi sebagai ruang tamu dan kamar tidur. Serta bahan-bahan yang perlu di persiapkan juga tidak terlalu sulit untuk kita dapatkan.

5. Desain Rumah Pohon

Terakhir, bagi kalian yang menginginkan rumah dengan nuansa alam, maka desain rumah pohon ini bisa menjadi pilihan. Tapi, untuk desain rumah pohon ini bisa saya katakan yang paling sulit dan rumit dalam proses pembuatannya.

Kenapa begitu? Ini karena material yang di butuhkan untuk membuat rumah pohon sangatlah banyak. Meski seperti itu, tidak ada salahnya juga untuk mencoba membuat rumah pohon di Minecraft.

Penutup

Mungkin demikian saja cara membuat rumah di Minecraft yang dapat saya rangkumkan untuk kalian. Silakan kalian bisa memilih desain rumah di atas sesuai dengan keinginan.

Jika mengalami kendala atau ada hal yang ingin kalian tanyakan, silakan tuliskan saja pada kolom komentar.

Selamat mencoba.

Gambar Gravatar
Sangat suka menulis dan utak atik HP dari kecil!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.