Cara Membuat Cover Wattpad

Cara Membuat Cover Wattpad

Cara Membuat Cover Wattpad – Sekarang ini, tidak sedikit orang ingin menjadi penulis di Wattpad. Alasannya, selain bisa menyalurkan hobi yang di miliki, menjadi penulis di Wattpad juga bisa mendapatkan banyak sekali keuntungan lainnya.

Mulai dari mengenal teman-teman penulis yang baru, sampai bisa mendapat penghasilan di Wattpad.

Nah, jika berbicara soal menulis di Wattpad, untuk orang yang memang hobi menulis di sana pastinya sudah tahu. Kalau hampir semua tulisan atau novel di sana itu selalu ada cover-nya.

Selain itu, bagi kalian yang juga menulis di Wattpad, pastinya sudah tahu kalau fungsi dari cover itu sangatlah penting. Salah satunya itu sebagai daya tarik pembaca agar mau membaca tulisan yang dibuat.

Oleh sebab itulah, pembuatan cover yang menarik sangatlah penting untuk di lakukan. Namun sayangnya, tidak semua penulis bisa membuat cover yang menarik, terutama untuk pemula.

Persiapan yang Harus Dilakukan

Untuk bisa membuat sebuah cover tulisan di Wattpad, sebenarnya dapat di lakukan dengan menggunakan aplikasi editing foto. Misalnya seperti:

  • Photoshop
  • PicsArt
  • PhotoGrid
  • Dan masih banyak lagi.

Yang menjadi masalah di sini itu, tidak semua orang tahu dan bisa membuat cover menarik untuk Wattpad. Apalagi untuk mereka yang sepenuhnya belum paham edit mengedit, pastinya akan sangat sulit sekali deh.

Meski begitu, kalian tidak perlu khawatir deh untuk masalah itu. Karena dalam pembahasan ini saya akan menjelaskan secara lengkap mengenai cara membuat cover tulisan novel di Wattpad agar terlihat menarik.


Baca Juga : Cara Membuat Akun di Aplikasi Wattpad


Cara Membuat Cover Untuk Wattpad

Sebelum mulai, langkah pertama kalian wajib untuk mencari gambar yang akan di jadikan sebagai cover terlebih dahulu. Bagi yang belum tahu saja, cover di Wattpad itu kebanyakan terdiri dari dua elemen.

  1. Gambar utama
  2. Font

Intinya nanti kita hanya perlu memberikan sebuah font di gambar yang sudah kita persiapkan, dan jadilah sebuah cover.

Catatan:

  1. Untuk gambarnya, di sini kalian bisa mencarinya melalui situs-situs yang membagikan gambar secara gratis. Contohnya seperti Pixabay.com.
  2. Kemudian untuk mengatur font-nya, kalian bisa memakai salah satu dari aplikasi edit yang sudah saya sebutkan di atas tadi. Silakan kalian pilih salah satu sesuai keinginan atau yang paling mudah di operasikan.

Selengkapnya bisa kalian simak di bawah ini:

1. Menggunakan Adobe Photoshop

Pertama, saya akan menjelaskan tutorial khusus untuk pengguna Adobe Photoshop. Ini karena software yang satu ini memang paling sering dan lebih banyak di gunakan oleh sebagian orang saat ingin mengedit foto.

Selain itu, fitur-fitur yang ada di dalam Adobe Photoshop juga sangat lengkap. Jadi, di sini kita bisa mengubah-ubah gaya cover-nya sesuai dengan keinginan.

Cara membuat cover Wattpad menggunakan adobe Photoshop:

  • Buka dulu Adobe Photoshop yang kalian miliki.
  • Kemudian klik File lalu New, dan atur ukurannya menjadi 512 x 800 menggunakan background White.
  • Selanjutnya klik File, kemudian klik Place. Silakan pilih gambar cover yang kalian inginkan di sini.
  • Di tahap ini kalian tinggal memberi font saja. Caranya dengan menekan icon tool Font yang ada di sebelah kiri. Selanjutnya klik dan tekan pada bagian canvas, lalu isikan deh tulisan yang kalian inginkan.
  • Pada tahap penambahan font, kalian juga bisa mengatur jenis serta ukuran dari font-nya sesuai selera. Selain memasukan nama novel yang kita buat, jangan lupa juga untuk mencantumkan nama kalian sendiri, ya.
  • Jika sudah, maka cover Wattpad sederhana sudah selesai di buat.

Tambahan:

Penjelasan di atas itu saya hanya memberikan cara basic-nya saja, ya. Karena yang pasti selera masing-masing orang itu akan berbeda-beda. Apabila hasil yang di atas itu masih belum pas, maka kalian bisa mengeditnya kembali sampai benar-benar sesuai.

2. Memakai Picsart Untuk HP Android

Cara membuat cover Wattpad di Picsart

Siapa sih yang tidak kenal dengan aplikasi PicsArt? Pastinya hampir semua pengguna Smartphone yang suka edit foto, pastinya kenal dengan aplikasi ini.

Nah, untuk kalian yang saat ini sedang mencari cara membuat cover novel untuk Wattpad dengan menggunakan HP. Saya rasa PicsArt bisa menjadi pilihan untuk kalian gunakan.

Ini karena PicsArt sendiri juga memiliki cukup banyak fitur, yang pastinya di sini bisa kita gunakan untuk membuat cover deh.

Cara membuat cover Wattpad di PicsArt:

  • Langkah pertama kalian bisa install aplikasi PicsArt terlebih dahulu.
  • Jika sudah, langsung kalian buka aplikasinya, kemudian pilih Buat Gambar Baru.
  • Untuk ukurannya, kalian bisa memilih Custom, lalu atur ke 768 x 1200.
  • Dikarenakan warna dasar dari halamannya putih, maka di sini kita ubah dulu ke warna lain. Caranya dengan menggunakan tool Kuas yang ada di bagian bawah, lalu atur ukuran kuas serta opacity-nya di sini.
  • Setelah selesai memilih warnanya, kemudian coretkan ke kertas putih tadi hingga semuanya berubah menjadi warna yang di pilih.
  • Di sini kita berikan dulu sedikit variasi agar background-nya bisa terlihat bagus. Caranya dengan menekan tool Kuas, lalu pilih tool di menu yang ada pada halaman paling kanan.
  • Jangan lupa juga untuk mengatur ukuran serta opacity-nya di sana sesuai dengan kebutuhan.
  • Untuk warnanya bisa kalian sesuai dengan keinginan.
  • Sekarang klik tombol Gambar yang ada di bagian bawah, lalu klik Foto, selanjutnya cari serta tambahkan foto yang kalian inginkan. Pastikan foto yang di masukkan mempunyai background transparan, ya.
  • Langkah terakhir tinggal memasukkan font yang kalian suka deh.
  • Proses pembuatan cover selesai.

Ah, hanya segitu saja?

Tentu saja tidak, cara di atas itu hanya cara dasarnya saja, dan kalian bisa melakukan perubahan dan penambahan sesuai keinginan. Nanti sesuaikan saja dengan cerita novel yang kalian buat agar menjadi lebih menarik.


Baca Juga : Cara Membuat Cerita Di Wattpad


3. Memakai Canva

Jika tidak ingin memakai aplikasi atau software untuk membuat cover, mungkin kalian bisa menggunakan Canva. Canva sendiri merupakan sebuah situs online yang mempunyai fitur editing foto dengan kategori yang luas.

Di kalangan pengguna internet, Canva ini sangat populer lho. Alasannya, karena tentu karena di Canva kita bisa membuat sebuah foto dengan kualitas tinggi tanpa harus menguasai skill editing.

Sekarang ini, Canva juga sudah mendukung fitur untuk membuat cover Wattpad di dalam situsnya. Selain itu, proses pembuatan cover di Canva juga tidak terlalu sulit serta mudah di operasikan.

Cara membuat cover Wattpad di Canva:

  1. Pertama kalian bisa kunjungi halaman pembuatan cover Wattpad di Canva menggunakan browser.
  2. Setelah terbuka, silakan kalian buat desain baru di sana.
  3. Berikutnya, pilih template / gaya cover yang kalian inginkan.
  4. Langkah terakhir, silakan atur text yang ada pada preview. Selain itu, di sini kalian juga bisa mengatur gaya font pada menu Text.
  5. Selesai.

Penutup

Jadi, mungkin itu saja penjelasan yang bisa saya sampaikan hari ini tentang cara membuat cover Wattpad khusus untuk pemula. Silakan kalian bisa memilih cara mana yang ingin di gunakan.

Perlu kalian ketahui juga, kalau tutorial di atas itu saja jelaskan hanya basic-nya saja. Jika kalian merasa kurang, maka silakan rubah atau tambahkan sesuai yang kalian inginkan.

Bila ada yang masih kurang jelas atau ingin mengutarakan pertanyaan, silakan tuliskan saja pada kolom komentar.

Selamat mencoba.

Gambar Gravatar
Sangat suka menulis dan utak atik HP dari kecil!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.