Cara Membuat Akun di Aplikasi Wattpad

Cara Membuat Akun Baru di Aplikasi Wattpad

Cara Membuat Akun di Aplikasi Wattpad – Seperti aplikasi sosial media lainnya, di aplikasi Wattpad kita juga di wajibkan untuk membuat sebuah akun agar bisa menggunakan semua fitur-fitur di dalamnya.

Namun sebelum kita membahan mengenai akun di Wattpad, apakah kalian sudah tahu belum tentang aplikasi yang satu ini?

Nah, jika memang belum, di sini saya akan sedikit menjelaskan tentang aplikasi yang satu ini. Di mana Wattpad merupakan sebuah aplikasi khusus yang bisa di gunakan oleh orang untuk membaca maupun menulis novel sendiri.

Aplikasi Wattpad sendiri pertama kali di luncurkan pada tahun 2006 (sudah cukup lama sekali. Dan sekarang ini, aplikasi ini sudah memiliki puluhan juta lebih pengguna di seluruh dunia, termasuk juga di Indonesia.

Bagi kalian yang mungkin ingin membaca ataupun menulis novel di Wattpad, namun masih baru pertama kali menggunakannya. Maka jangan khawatir, di sini saya akan menjelaskan cara membuat akun di Wattpad secara lengkap.

Cara Membuat Akun di Aplikasi Wattpad

Sebelum mulai proses pembuatan akun, ada hal lain yang juga perlu kalian ketahui. Untuk tutorial kali ini, ada dua cara yang bisa kalian pilih ketika ingin membuat sebuah akun.

  1. Membuat akun melalui HP
  2. Dan melalui PC atau laptop.

Kenapa harus di bagi menjadi dua? Ini karena mengingat para user Wattpad kebanyakan kalau ingin menulis novel itu lebih sering memakai laptop. Sedangkan untuk pada reader Watppad, biasanya lebih banyak memakai HP Android.

Agar tidak terlalu lama, silakan kalian bisa memilih cara mana yang di inginkan untuk membuat akun baru di aplikasi Wattpad.

1. Menggunakan HP Android

Cara daftar akun Wattpad baru lewat HP Android

Tutorial yang pertama ini, khusus untuk para reader terlebih dahulu ya. Untuk mengakses Wattpad, kita bisa menggunakan dua media, yaitu website dan aplikasi resminya.

Namun untuk pengguna HP, saya lebih merekomendasikan memakai aplikasi saja. Mengapa? Karena selain lebih portable, kita di sini juga bisa membukanya langsung kapanpun dan dimanapun.

Cara daftar akun Wattpad baru lewat HP Android:

  • Install dulu aplikasi Wattpad pada HP.
  • Jika sudah, langsung saja buka aplikasinya.
  • Isikan data-data yang di butuhkan, kemudian tekan opsi Daftar.
  • Silakan kalian juga bisa menyesuaikan opsi pada jendela baru yang muncul pada layar.
  • Selesai, kini akun kalian sudah berhasil terdaftar di aplikasi Wattpad.

Bagaimana, sangat mudah sekali bukan? Nah, jika dari kalian ada yang merasa agar ribet, mungkin bisa menggunakan opsi daftar menggunakan akun Facebook, Amazon ataupun Google.

Nanti kalian hanya perlu menekan satu menu saja, kemudian ikuti langkah-langkah selanjutnya yang muncul pada layar. Hanya dalam hitungan beberapa detik saja, akun Wattpad sudah siap untuk di gunakan.

2. Melalui Laptop atau PC

Cara yang kedua, kalian juga bisa membuat akun baru di Wattpad menggunakan bantuan laptop maupun PC. Tapi untuk cara ini sebenarnya sih lebih di tunjukkan untuk mereka yang sering menulis novel di Wattpad.

Kenapa khusus untuk penulis novel? Ini karena biasanya mengetik menggunakan laptop atau PC itu lebih mudah dan sering di lakukan oleh penulis. Alasannya jelas beragam, tapi yang paling umum sih karena waktu yang di butuhkan untuk bekerja relatif lebih singkat.

Untuk daftar akun Wattpad sendiri, kalian membutuhkan sebuah browser saja. Silakan gunakan browser apa saja yang kalian inginkan, bisa Chrome ataupun Mozilla.

Caranya seperti ini:

  • Pertama-tama buka dulu browser pada laptop atau PC yang akan di gunakan.
  • Kemudian kunjungi situs resmi Wattpad.com.
  • Lalu pilih salah satu opsi yang muncul, seperti Start Reading (untuk pembaca) dan Start Writing (untuk penulis).
  • Berikutnya isi kolom-kolom yang di butuhkan, lalu tekan opsi Start Writing atau Reading. Sebagai contoh, di sini saya memilih opsi Start Writing.
  • Nah, sekarang kalian hanya perlu mengikuti langkah-langkah selanjutnya yang muncul pada layar.
  • Setelah semuanya sudah selesai, maka akun Wattpad bisa langsung di gunakan.
  • Selesai.

Catatan:

Di sini masih tetap sama dengan langkah-langkah mendaftar menggunakan HP Android. Kita juga bisa membuat akun menggunakan Google, Amazon ataupun Facebook. Sedangkan caranya hanya perlu menekan menu Continue sesuai opsi mana yang kalian inginkan untuk membuat akun di Wattpad.

Prosesnya biasanya jauh lebih cepat dan akunnya juga bisa langsung di gunakan pada Wattpad.

Cara Membaca Atau Membuat Cerita Di Wattpad

Seperti yang sudah saya singgung di pembahasan awal, nanti setelah proses pembuatan akun selesai, maka kita bisa langsung menggunakan Wattpad.

Khusus untuk membaca cerita novel, di sini kalian nanti bisa memilih cerita apa yang mau di baca dengan menekan menu Discover yang ada pada bagian kiri atas. Nanti pada halaman selanjutnya akan langsung terlihat banyak jenis cerita yang bisa kalian pilih.

Nah, sedangkan untuk kalian yang mungkin ingin membuat sebuah cerita novel sendiri, pembahasannya akan sedikit panjang.

  1. Maka dari itu, di sini saya juga sudah menyiapkan sebuah artikel khusus untuk kalian yang memang ingin menjadi penulis. Artikel tersebut, ialah cara membuat cerita di Wattpad.
  2. Selain itu, bagi kalian yang baru mulai atau sudah mulai membuat cerita novel sendiri di Wattpad. Mungkin artikel tentang cara mendapatkan uang dari Wattpad sebelumnya bisa menjadi referensi.

Penutup

Jadi bagaimana, cara membuat akun di aplikasi Wattpad itu tidak sulit sama sekali bukan? Saya juga sangat berharap dengan adanya pembahasan di atas itu bisa membatu kalian semuanya yang memang sedang mengalami kesulitan saat ingin mendaftar di Wattpad.

Apabila ada yang masih kurang jelas atau ada pertanyaan yang ingin kalian sampaikan, bisa langsung menuliskannya pada kolom komentar.

Selamat mendaftar di Wattpad.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.