Cara Mendapat Uang Dari Wattpad

Cara Mendapat Uang Dari Wattpad

Cara Mendapat Uang Dari Wattpad – Apakah kalian memiliki hobi menulis? Wah, jangan sia-siakan hobi yang kalian miliki itu. Karena sekarang ini, hobi yang kita miliki bisa menghasilkan, lho.

Masih banyak sekali orang yang memiliki hobi menulis, namun idenya hanya di salurkan lewat buku tulis atau diary saja. Idenya pun sangat bermacam-macam. Mulai dari pengalaman pribadinya, sampai cerita fiksi.

Nah, biasanya orang-orang yang mempunyai hobi nulis seperti ini sering di kenal dengan Wattpad. Kalian belum tahu apa itu Wattpad? Yuk, lihat pembahasan lengkapnya di bawah ini.

Apa Itu Wattpad?

Wattpad adalah sebuah platform berbasis aplikasi dan juga website yang menyediakan sebuah tempat bagi para user-nya. Baik untuk menulis karya dalam bentuk artikel, puisi, cerpen, novel dan lainnya atau bisa juga hanya menjadi pembaca.

Platform Wattpad sendiri di rilis sejak tahun 2006 dengan penggunanya yang lebih banyak berasa dari Amerika, Eropa, Filipina, Australia dan masih banyak lagi. Pengunjung Wattpad setiap harinya juga tidaklah sedikit, karena bisa mencapai ratusan ribu dan ratusan juta dalam sebulannya.

Sangat fantastis sekali bukan?

Bisakah Mendapat Uang di Wattpad?

Bisakah Mendapat Uang di Wattpad

Di beberapa forum saya sempat melihat, ada beberapa orang yang menanyakan hal yang sama.

Bisakah saya mendapat uang dari Wattpad?

Menurut saya pribadi, itu merupakan sebuah pertanyaan yang cukup menarik, mengingat juga karena tidak sedikit orang Indonesia yang menggunakan aplikasi Wattpad. Entah itu hanya untuk membaca novel atau menjadi penulis novel.

Saya juga sempat searching di internet tentang cara menghasilkan uang di Wattpad, namun di Indonesia sendiri rata-rata mengatakan kalau menulis di Wattpad itu tidak bisa menghasilkan uang.

Namun saya tidak berhenti di situ, kemudian saya kembali mencari dengan kata kunci lainnya dalam bahasa Inggris. Lalu ketemulah sebuah halaman yang bernama Wattpad Futures.

Nah, di dalam halaman tersebut muncul sebuah informasi yang berisikan:

What is Futures?

Wattpad Futures is a simple way for writers to make money from their writing. By showing ads in between the chapters of amazing stories, writers can earn revenue on Wattpad.

Jika dalam bahasa indonesia, artinya seperti ini:

Apa itu Futures?

Wattpad Futures adalah cara sederhana bagi penulis untuk menghasilkan uang dari tulisan mereka. Dengan menampilkan iklan di antara bab-bab dari cerita yang luar biasa, penulis dapat memperoleh penghasilan di Wattpad.

Dulu Wattpad memang sempat membuka fitur Wattpad Futures ini, namun sayangnya mereka sudah menutup fitur tersebut untuk kurun waktu yang tidak di tentukan.

Cara Mendapat Uang Dari Wattpad

Jika fitur itu sudah di tutup oleh pihak Wattpad, lalu adakah cara lain untuk mendapatkan uang dari Wattpad?

Tentu saja masih ada cara lain. Walaupun Wattpad Futures sudah di tutup untuk waktu yang tidak di tentukan, namun masih ada banyak penggantinya kok.

Penasaran? Yuk, simak selengkapnya di sini.

1. Dengan Menggunakan Wattpad Paid Stories

Cara mendapat uang dari Wattpad yang pertama, bisa di lakukan dengan memanfaatkan fitur Wattpad Paid Stories.

Kalau menurut saya pribadi, Wattpad Paid Stories ini bisa menjadi yang paling mudah untuk di ikuti. Prosesnya seperti ini, kita membuat sebuah cerita dan pembaca wajib untuk melakukan donasi untuk bisa membaca cerita yang kita buat.

Lalu gimana cara membuatnya? Mudah saja kok, tapi yang paling penting pertama itu kalian harus sudah memiliki banyak pembaca di akun Wattpad. Selain itu kualitas dari novel atau tulisan yang kalian buat juga harus bagus.

Nanti untuk mendaftarnya, kalian bisa cek informasi selengkapnya di situs resmi Wattpad.

2. Pakai Patreon

Patreon sendiri di dunia internet itu bukanlah hal yang baru, terutama untuk Content Creator.

Untuk yang belum tahu, Patreon sendiri merupakan sebuah platfrom penggalang dana yang sudah di luncurkan pada tahun 2013. Platfrom ini di buat oleh seorang musisi yang bernama Jack Conte.

Sedangkan tujuan didirikannya platform ini ialah untuk membantu content creator, misalnya seperti Youtube, pembuat Webcomic dan lain-lain.

Tampilan dari salah satu pengguna Patreon bisa kalian lihat di gambar bawah ini.

Pendapatannya sendiri di hitung perdolar. Kalau kita ganti menjadi IDR, maka sudah pasti pendapatan yang di peroleh akan jauh lebih tinggi lagi.

Penting:

  1. Platform Patreon ini dapat di pakai pada Wattpad. Ada beberapa author yang menggunakan bantuan Patreon untuk menggalang dana.
  2. Tidak sedikit juga dari fans yang sangat antusias perihal platform Patreon ini. Apalagi kalau kita merupakan penulis favorit dan sudah memiliki banyak pembaca, tentunya akan sangat mudah saat ingin melakukan penggalangan dana.
  3. Selain Patreon, tentunya masih ada banyak platform lain yang serupa. Di Indonesia sendiri juga sudah ada banyak kok yang serupa.

Baca Juga : Cara Membuat Cerita Di Wattpad


3. Cara Mendapat Uang di Wattpad Dengan Menjual Ebook

Ebook sendiri merupakan sebuah buku digital yang umumnya berbentuk PDF. Saat ini sudah mulai banyak sekali orang yang menggunakan ebook ini untuk menjual hasil karya yang mereka buat.

Nah, hal ini tentu bisa menjadi peluang sendiri buat kita. Karena jika kalian merupakan seorang author yang populer di Wattpad, secara otomatis fans-fans kalian pasti akan tertarik dengan ebook yang di buat.

Jika para fans sudah tertarik, biasanya sebagian besar dari mereka juga tidak akan sungkan untuk membeli Ebook dari tulisan-tulisan yang sudah kita buat.

Tambahan:

  • Coba deh bayangkan, jika satu ebook yang kalian miliki di jual dengan harga 20 ribu saja. Lalu ada 10 orang yang saja yang membeli ebook tersebut, maka kalian sudah bisa mendapatkan hasil 200 ribu.
  • Jika kalian merupakan penulis populer dan sudah mempunyai banyak pembaca di Wattpad, saya rasa mendapatkan 10 orang pembeli tidaklah sulit.

4. Nulis di Blog Kamu Pribadi

Jika kalian belum tahu, Blog itu merupakan sebuah platform web, contohnya seperti blog Kampung Gadget ini. Di jaman yang sudah semakin moderen ini, sudah mulai banyak sekali blog-blog baru yang bermunculan.

Biasanya tema yang di angkat setiap blog akan berbeda-beda, misalnya seperti:

  • Bisnis
  • Hobi
  • Teknologi
  • Cerita
  • Novel
  • Dan lainnya

Nah, termasuk juga dengan blog cerita pendek dan personal blog juga sudah mulai ada banyak.

Bagi kalian yang mungkin hobi menulis di Wattpad, media blog juga dapat di manfaatkan. Di dalam sebuah blog, jika kalian bisa mendapatkan banyak pengunjung dalam satu hari, maka kalian bisa memasangkan sebuah iklan untuk memperoleh penghasilan.

Di Wattpad bisa kalian gunakan untuk mempromosikan blog pribadi yang di miliki. Jika kalian bisa berhasil terkenal di Wattpad dan memiliki banyak fans serta pembaca, maka kalian dapat mencantumkan blog pribadi di sana.

Penting:

Pastikan kalau isi blog serta cerita yang kalian buat di masing-masing platform tidak ada yang sama , ya. Ini agar cerita di Wattpad dan blog pribadi kalian memiliki originalitas sendiri-sendiri.

5. Mengirim Karya ke Penerbit

Untuk kalian yang memang hobi nulis di Wattpad, maka di sini kalian juga bisa mengirim hasil karya langsung ke Penerbit.

Ada beberapa penerbit yang akan menerima buku hasil karya dari Wattpad, dan nanti akan mereka terbitkan. Entah itu dalam bentuk fisik ataupun dalam bentuk digital seperti ebook.

Penerbit seperti ini biasanya ada di hampir semua negara, tidak terkecuali juga di Indonesia. Untuk contohnya kalian bisa melihat gambar yang saya tampilkan di atas tadi.

Ingin mencoba?

Silakan kalian bisa mencari penerbit yang di sukai dengan cara memasukkan kata kunci “Kirim Naskah”. Nanti akan muncul banyak penerbit yang bisa menerima hasil karya tulisan kita di Wattpad.

Tambahan:

  • Ada banyak sekali penulis di internet yang memulai karir mereka dengan menuliskan karyanya di Wattpad sebelum menjadi terkenal.
  • Salah satu penulis yang terkenal ialah Risa Saraswati dan mungkin kalian sudah kenal atau pernah mendengar namanya.
  • Jadi, mengirim hasil karya tulisan ke penerbit adalah langkah awal untuk menjadi penulis terkenal di internet.

6. Membuat Pesan Donasi

Cara mendapat uang dari Wattpad selanjutnya bisa di lakukan dengan membuat sebuah pesan donasi ke pembaca.

Bagi beberapa content creator membuat sebuah pesan donasi bukanlah hal yang asing lagi kok. Ini juga termasuk dengan penulis di Wattpad.

Sebagai contohnya seperti ini:

  1. Kalian bisa membuat sebuah fanspage, akun Instagram pribadi atau sejenisnya. Nanti di sana kalian bisa mulai berinteraksi dengan para pembaca.
  2. Nanti pada waktu tertentu, jangan sungkan untuk meminta sedikit donasi dari mereka yang memang ingin berbagi.

Nah, selain dapat menambah pendapatan, hal ini juga bisa menjadi penyemangat tersendiri untuk kita dalam menulis karya-karya baru lainnya.

7. Menjadi Penulis Orang Lain

Memang tidak sedikit penulis yang sudah terkenal lebih dulu dan terkadang mereka juga membutuhkan penulis lain untuk membantu menyelesaikan proses ceritanya lho.

Apalagi kalau kita berbicara soal novel, pastinya ceritanya bakalan panjang dan bisa sampai ratusan ribu kata.

Nah, di sini kalian bisa juga lho mengambil kesempatan tersebut. Selain bisa memperoleh penghasilan tambahan, kalian juga bisa memperoleh ilmu-ilmu baru untuk memperbagus hasil karya tulisan yang di buat nantinya.

Untuk bisa mendapatkan peluang ini, kalian harus bergabung ke dalam komunitas-komunitas penulis. Di Instagram, Facebook ataupun di grup WhatsApp biasanya juga ada.

Penutup

Mungkin demikianlah informasi yang bisa saya rangkumkan hari ini mengenai cara mendapatkan uang dari Wattpad. Meski Wattpad Futures sudah di tutup, namun kalian masih tetap bisa memperoleh penghasilan dari menulis dengan memanfaatkan Wattpad sebagai media promosinya.

Jika ada yang masih kurang jelas atau ingin mengutarakan pertanyaan, kalian bisa menuliskannya pada kolom komentar.

Semoga bermanfaat.

Gambar Gravatar
Sangat suka menulis dan utak atik HP dari kecil!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.