Cara Membaca Buku di Aplikasi GoodReads

Cara Membaca Buku di Aplikasi GoodReads

Cara Membaca Buku di Aplikasi GoodReads – Apakah kalian suka atau hobi membaca berbagai buku setiap harinya? Jika iya, mungkin aplikasi GoodReads ini bisa menjadi salah satu rekomendasi tempat membaca buku yang dapat kalian coba.

Apalagi untuk kalian yang memang sangat suka sekali mencari buku-buku yang seru dan baru di rilis oleh penulisnya.

Jika melihat beragam buku yang tersedia, bisa kita katakan kalau aplikasi GoodReads ini sama seperti perpustakaan. Serta di sini kita juga bisa dengan mudah mencari buku-buku yang baru di rilis, memiliki rating tinggi atau genre tertentu.

Terlepas dari itu, kita di sini juga dapat melihat review berbagai buku dari orang-orang yang sudah pernah membacanya. Nah, bagi kalian yang mungkin penasaran dengan aplikasi GoodReads, bisa langsung menyimak informasi lengkapnya di sini.

Apa itu Aplikasi GoodReads?

GoodReads sendiri adalah sebuah aplikasi yang khusus di tunjukkan untuk orang-orang yang senang atau hobi membaca buku. Dengan aplikasi ini, kita juga bisa dengan mudah menandai buku-buku yang sudah pernah di baca dan sedang di baca atau yang ingin di baca nantinya.

Tidak hanya itu saja, terkadang aplikasi GoodReads ini juga sering di gunakan oleh beberapa orang untuk mencari tahu buku-buku baru dan belum pernah di baca sebelumnya.

Di setiap buku yang tersedia, kita juga bisa melihat deskripsi atau preview untuk sebagiannya. Nantinya, jika kita merasa buku tersebut enak untuk di baca, maka kita bisa langsung menambahkannya ke daftar baca pada akun GoodReads.

Kesimpulannya sih, GoodReads ini bukanlah sebuah aplikasi yang hanya untuk membaca buku seperti Wattpad ya. Karena di dalam aplikasi GoodReads juga tersedia beberapa buku bacaan secara gratis dan bisa langsung kita baca maupun download.

Fungsi Aplikasi GoodReads

Selain untuk membaca buku, aplikasi GoodReads juga memiliki beberapa fungsi lain di dalamnya. Berikut beberapa fungsi dari aplikasi GoodReads:

  1. Semua pengguna aplikasi dapat membuat akun pribadi melalui situs ataupun aplikasinya.
  2. Jika sudah mendaftar menjadi anggota GoodReads, pengguna bisa memberikan review, peringkat serta komentar pada buku-buku yang pernah di baca.
  3. Di aplikasi GoodReads juga sudah tersedia buku-buku gratis yang dapat di baca ataupun di download.
  4. Pengguna yang sudah terdaftar juga bisa menambah teman dan mengetahui buku apa saja yang pernah di baca oleh teman tersebut.
  5. Bisa mendapatkan rekomendasi buku melalui peringkat, komentar serta review yang ada.

Baca Juga : Cara Menggunakan Aplikasi GetContact


Fitur-fitur di GoodReads

Sebagai situs serta aplikasi katalogisasi buku dan sekaligus juga sebagai jaringan sosial pembaca, GoodReads juga memiliki beberapa fitur. Semua fitur yang ada di dalam aplikasi maupun situsnya itu akan sangat berguna dan mempermudah semua penggunanya saat ingin mencari, membaca, maupun men-download buku-buku yang di inginkan.

Untuk lebih jelasnya, kalian bisa melihat beberapa fitur dan fungsinya di bawah sini.

  1. Profil
    Untuk fitur dari profil ini akan menampilkan banyak menu lain di dalamnya. Seperti nama pengguna, foto atau avatar, alamat website / sosial media, penulis favorit, keterangan diri (bio), daftar bacaan, buku yang sedang di baca, update terbaru, group dan review dari anggota lain.
  2. Friends
    Dengan fitur ini, pengguna bisa dengan mudah menambahkan teman di dalam aplikasi GoodReads.
  3. Mybooks
    Melalui fitur berikut, kita juga bisa melihat daftar buku-buku yang sudah pernah di baca, sedang di baca dan akan di baca. Selain itu, di fitur ini kita juga bisa melihat review yang sudah di buat oleh pengguna.
  4. Find Books
    Fitur ini akan mempermudah pengguna untuk menemukan buku yang sedang di cari. Di sini kita bisa mencari buku berdasarkan genre, nama penulis, sampai judul dari bukunya sendiri.
  5. Explore
    Pada fitur ini, kita akan memperoleh informasi yang lebih lengkap mengenai sebuah buku yang akan di baca.
  6. Group
    Lewat fitur ini pengguna bisa bergabung dengan berbagai group yang ada di dalam GoodReads.

Cara Membaca Buku di Aplikasi GoodReads

Buat yang belum tahu, kalau aplikasi GoodReads ini harus di gunakan dengan koneksi internet. Selain itu, kita juga di haruskan untuk mempersiapkan akunnya terlebih dahulu sebelum mulai membaca buku-buku yang ada di GoodReads.

Khusus untuk buku, jika kalian memang ingin membacanya tanpa menggunakan koneksi internet, maka kita bisa menyimpan buku tersebut terlebih dahulu. Caranya hanya dengan men-download bukunya saja.

Jika ingin lebih jelas lagi, silakan simak langkah-langkahnya di bawah ini.

1. Buka Akun GoodReads

Langkah pertama, kalian bisa melakukan login terlebih dahulu menggunakan akun GoodReads yang di miliki. Namun jika kalian belum mempunyai akunnya, bisa mendaftar menggunakan email atau lainnya.

Cara daftar akun GoodReads seperti ini:

  • Silakan tekan menu Countinue With Facebook / Amazon / Apple / Email.
  • Sebagai contoh di sini saya daftar menggunakan Email.
  • Tekan menu Sign upwith email.
  • Masukan Nama, Email dan juga Password.
  • Jangan lupa menekan Caprcha.
  • Lanjut tekan Sign up.
  • Terakhir nanti kalian hanya perlu melakukan konfirmasi email pada akun saja.
  • Selesai.

Tapi jika di sini kalian sudah mempunyai akun, silakan langsung saja tuliskan email dan kata sandi dari akunnya. Setelah itu tinggal menekan menu Sign in saja deh.

2. Pilih Buku yang Ingin Dibaca

Setelah akun GoodReads sudah terbuka, maka di sini kalian bisa langsung mencari buku yang ingin di baca. Sebagai contohnya, saya akan membaca buku yang berjudul James Potter and the Morrigan Web.

Untuk mencari bukunya, kalian bisa langsung mengetikkan di kolom Search Book. Nanti secara otomatis thumbnail dari buku yang kita cari akan muncul. Silakan kalian bisa langsung klik thumbnail tersebut untuk membuka ke halaman bukunya.

3. Tekan Menu Read Book

Pada poin ini, kita akan langsung masuk ke halaman buku yang sudah di cari tadi. Ada sedikit tambahan, di bagian bawah bukunya, kita bisa melihat informasi mengenai buku tersebut.

Nah, jika terlihat menu Read Book, itu tandanya buku yang kita cari bisa di baca. Sedangkan jika tidak ada kata Read Book, itu artinya bukunya tidak bisa kita baca. Kalau memang tidak ada, silakan kalian bisa mencari buku yang lainnya ya.


Baca Juga : Cara Menghapus Akun KakaoTalk


4. Mulai Membaca Buku di Aplikasi GoodReads

Jika memang tersedia, kalian dapat menekan menu Read Book yang saya katakan tadi. Nantinya di sini kalian akan langsung bisa mulai membaca buku tersebut.

Kita juga bisa membaca bukunya sampai selesai. Namun jika tidak selesai membacanya, maka bisa menandai halaman terakhir yang sudah di baca. Caranya hanya dengan menekan menu Save Place, maka nanti bisa di buka lagi tanpa harus membacanya ulang dari awal lagi.

Sedangkan jika bukunya sudah sampai selesai di baca, kalian juga bisa langsung menambahkan review. Nantinya setiap review tersebut akan di jadikan sebagai informasi singkat untuk pembaca lain dari buku itu.

Penutup

GoogReads sangatlah populer di luar negeri, terutama untuk mereka-mereka yang memang sangat hobi membaca buku. Tapi perlu kalian ketahui, GoodReads juga buka merupakan aplikasi yang di desain khusus untuk membaca buku. Walaupun ada buku yang bisa di baca secara gratis, namun kebanyakan sih harus membayar.

Mungkin sampai di sini dulu informasi yang bisa saya hadirkan tentang cara membaca buku di aplikasi GoodReads. Semoga informasi di atas bisa berguna untuk kalian yang memang sedang mencari informasinya.

Jika ada yang kurang di pahami atau ada pertanyaan, bisa langsung menuliskannya pada kolom komentar di bawah.

Selamat membaca.

Gambar Gravatar
Sangat suka menulis dan utak atik HP dari kecil!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.