Cara Melihat Friend Activity di Spotify

Cara Melihat Friend Activity di Spotify

Cara Melihat Friend Activity di Spotify – Sampai sekarang ternyata masih banyak orang yang belum tahu, kalau di Spotify itu terdapat fitur friend activity. Fitur ini akan memungkinkan kita dalam melihat aktivitas teman atau orang yang di ikuti.

Aktivitas yang dapat kita lihat melalui fitur tersebut, ialah seperti lagu yang sedang teman kita putar di Spotify. Manfaatnya sih tergantung penggunanya masing-masing, biasanya saat kita menyukai lagu yang di putar, maka kita bisa langsung menambahkannya ke daftar Playlist di Spotify.

Secara default fitur ini tidak akan aktif pada akun Spotify kita. Oleh karena itu, kita harus mengaktifkannya secara manual agar bisa di gunakan. Selengkapnya akan saya jelaskan di bawah ini.

Apa Fungsi Friend Activity di Android?

Didalam aplikasi Spotify, sudah pasti kita pernah atau sering memutar berbagai jenis lagu setiap harinya. Nah, setiap musik tersebut nantinya akan secara otomatis terekam oleh fitur aktivitas ini.

Semua lagu yang ada di dalam aktivitas ini nantinya bisa kita lihat kembali. Serta nantinya juga bisa menjadi referensi kalau memang ada sebuah lagu yang sangat menarik untuk di dengar. Selain itu, judul lagunya tersebut nantinya juga bisa kita tambahkan ke dalam daftar Playlist.

Namun berdasarkan informasi yang saya dapatkan dari situs resmi Spotify. Ternyata fitur friend activity hanya dapat di gunakan pada aplikasi Spotify versi PC saja. Lalu untuk versi Android ataupun iOS, fitur ini masih belum tersedia.

Cara Melihat Friend Activity di Spotify

Seperti yang sudah saya jelaskan sebelumnya, kalau fitur friend activity ini secara default di nonaktifkan oleh pihak Spotify. Maka dari itulah, di sini kita bisa mengaktifkan terlebih dahulu fitur ini pada akun Spotify.

Caranya juga tidak sulit, begini langkah-langkahnya:

1. Buka Aplikasi Spotify

Pertama-tama, kalian bisa membuka aplikasi Spotify terlebih dahulu pada PC maupun laptop. Untuk cara membukanya pasti semua dari kalian sudah tahu, kalau hanya perlu menekan Windows lalu ketik dan pilih Spotify.


Baca Juga : Cara Reset dan Mengubah Password Akun Spotify


2. Masuk Kedalam Menu Pengaturan

Jika aplikasinya sudah terbuka, maka langkah selanjutnya kita akan masuk kedalam menu Pengaturan Spotify. Silakan ketuk menu (di kolom profil bagian atas) kemudian pilih opsi Settings.

3. Aktifkan Friends Activity

Pada tahap ini, kita akan langsung di arahkan ke halaman pengaturan Spotify. Silakan kalian bisa scroll ke bawah dan cari kolom Display.

Pada menu See what your friends are playing, silakan kalian geser toggle ke kanan untuk mengaktifkan fiturnya.

Nanti secara otomatis semua aktivitas teman kalian akan muncul di sebelah kanan.

4. Lihat Lagu Teman

Nah, apabila ingin mendengarkan lagu teman, maka kalian bisa langsung menekan judul lagu yang ada di kotak dialog Friends Activity. Nanti secara otomatis kalian akan langsung di arahkan ke lagu yang teman pernah putar.

Silakan nanti jika ada lagu yang di sukai, bisa langsung menambahkannya ke daftar Playlist di Spotify.


Baca Juga : Cara Menampilkan Lirik di Spotify


Cara Menyembunyikan Friend Activity di Spotify Sendiri

Cara Menyembunyikan Friend Activity di Spotify Sendiri

Sebenarnya kita tidak hanya bisa melihat aktivitas teman saja, karena di Spotify kita juga dapat mematikan fitur aktivitas memutar lagu sendiri. Sehingga nanti teman kita di Spotify tidak akan dapat melihat lagu apa yang sedang kita putar.

Tepatnya, aktivitas mendengarkan lagu yang kita lakukan di Spotify tidak akan terekam kedalam friend activity.

Untuk caranya tidaklah sulit, berikut langkah-langkahnya:

  1. Pertama kalian bisa membuka aplikasi Spotify yang ada di PC terlebih dahulu.
  2. Lalu tekan ikon pengaturan yang ada di bagian bawah, lalu pilih Settings.
  3. Kemudian cari menu Share my listening activity on Spotify. Geser toggle ke kiri untuk mematikan fiturnya.
  4. Selamat, fitur friend activity berhasil di nonaktifkan.
  5. Selesai.

Nah, khusus untuk mematikan fitur ini, kalian juga bisa melakukannya melalui aplikasi Spotify versi Android. Caranya kurang lebih sama seperti di atas.

Cara Mengatasi Friend Activity Tidak Muncul di Spotify

Meski sangat jarang terjadi, namun ketika di buka terkadang friend activity di Spotify juga bisa tidak muncul. Hal tersebut tentu akan membuat kita tidak bisa melihat aktivitas lagu yang sedang di putar oleh teman di Spotify.

Penyebabnya tentu beragam, bisa saja karena internet yang di gunakan bermasalah atau bisa juga aplikasinya yang memang bermasalah.

Lalu adakah solusi yang bisa kita lakukan ketika mengalami masalah ini? Tentu saja ada, berikut beberapa solusi yang dapat kalian coba.

  • Cobalah untuk mengecek koneksi internet pada perangkat, caranya dengan mengakses situs lain, seperti Youtube misalnya. Atau bisa juga dengan cara mengganti koneksi internet yang di gunakan.
  • Coba tutup lalu buka kembali aplikasi Spotify.
  • Logout akun Spotify, kemudian login kembali.
  • Lakukan update pada aplikasi Spotify. Caranya bisa langsung mengunjungi situs resminya.
  • Jika belum juga bisa, coba deh install ulang aplikasi Spotify.

Biasanya dengan solusi-solusi diatas itu sudah bisa memunculkan kembali fitur friend activity di Spotify.

Penutup

Mungkin cukup sekian dulu informasi yang bisa saya sampaikan hari ini tentang cara melihat friend activity di Spotify. Bagi kalian yang sering mendengarkan lagu di Spotify, maka saya rasa fitur ini sangatlah berguna dan wajib untuk kalian coba.

Jika masih ada yang kurang di mengerti atau ada yang mau kalian tanyakan, silakan tuliskan saja pada kolom komentar.

Selamat mendengarkan musik di Spotify.

Gambar Gravatar
Sangat suka menulis dan utak atik HP dari kecil!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.