Cara Main Mobile Legend di Laptop

Cara Main Mobile Legend di Laptop

Cara Main Mobile Legend di Laptop – Mungkin sudah banyak dari kalian yang tahu kalau Mobile Legends itu merupakan salah satu game Android terpopuler saat ini.

Bagaimana tidak, sebuah game yang di publikasikan serta di kembangkan oleh Moonton ini, kini sudah download oleh pengguna sebanyak 100 juta di Google Play Store. Tidak menutup kemungkinan juga kalau itu akan terus bertambah seiring berjalannya waktu.

Selain itu, game fenomenal berjenis genre MOBA (Multiplayer Online Battle Arena) ini juga mempunyai banyak fitur menarik di dalamnya. Permainannya juga sangat seru, bahkan kita juga bisa bertanding melawan tim dari banyak negara.

Meski begitu, dari sekian banyak orang-orang yang suka bermain game ini, tetap saja tidak semuanya bisa memainkannya dengan lancar. Apalagi kalau kita menggunakan HP dengan spesifikasi di bawah rata-rata. Sehingga permainan akan sering macet dan lag ketika mulai pertempuran dengan pemain lainnya.

Nah, jika kalian sedang mengalami masalah tersebut dan mungkin sedang tidak ada dana buat ganti HP ke yang baru. Kenapa tidak coba saja memainkan Game Mobile Legend di laptop atau PC saja?

Apakah Laptop Bisa Buat Main Mobile Legend?

Tentu saja bisa dan permainannya juga sama seperti pada perangkat HP biasanya kok. Hanya saja untuk bisa memainkan game Mobile Legend di laptop atau PC itu kita harus menyiapkan sebuah program. Program ini biasanya sering di sebut dengan nama emulator Android.

Sekarang ini sudah ada banyak sekali jenis emulator Android yang bisa kita gunakan. Apalagi emulator-emulator Android tersebut sekarang sudah tidak membutuhkan spesifikasi laptop atau PC yang begitu tinggi. Dan saya rasa, laptop dengan ram 2GB pun masih bisa menjalankan emulator Android tersebut.

Sedikit tambahan informasi buat kalian, meski emulator Android sekarang sudah bisa di pakai pada perangkat dengan spek yang relatif rendah, namun hanya beberapa saja yang diantaranya itu bisa stabil dan lancar ketika digunakan.

Hal ini juga sudah pernah saya tes sendiri pada perangkat laptop, untuk di gunakan bermain beberapa jenis game Android seperti Mobile Legend. Ada beberapa yang lancar dan ada juga yang sering lag ketika sedang Battle dengan lawan.


Sudah tahu kalau ada rank terbaru di Mobile Legends? Berikut daftar rank Mobile Legend terbaru.


Cara Bermain Mobile Legend di Laptop atau PC

Di dalam tutorial kali ini, saya ingin membagikan sebuah cara bermain Mobile Legend di laptop maupun PC dengan menggunakan emulator.

Kenapa harus menggunakan emulator? Karena tanpa adanya emulator, game Android tidak akan bisa kita pasangkan pada perangkat dengan sistem operasi Windows.

Sekarang ini juga sudah banyak emulator Android yang bisa kalian gunakan, hanya saja tidak semuanya bisa berjalan dengan baik. Sebab, beberapa emulator itu membutuhkan spek PC maupun laptop di atas rata-rata.

Untuk itu, pada tutorial ini saya akan membagikan tiga emulator Android yang pernah saya gunakan untuk bermain game Android, seperti Mobile Legend. Berikut selengkapnya.

1. Dengan Nox App Player

Emulator Android yang pertama bernama Nox App Player dan ini juga merupakan emulator yang ringan. Sehingga kita tidak perlu menyiapkan spek laptop maupun PC yang tinggi untuk menggunakannya.

Di tambah lagi, emulator Nox App Player ini juga mempunyai fitur tombol keyboard virtual yang akan berguna untuk mengatur setelan keyboard ke kontrol game Mobile Legends.

Cara menggunakan emulator Nox App Player:

  • Pertama silakan download dulu emulator Nox App Player.
  • Ukuran dari emulator ini hanya sekitar 300 MB saja.
  • Setelah berhasil ter-download, silakan install seperti biasa.
  • Jika sudah berhasil terinstall, silakan langsung saja buka emulatornya.
  • Tunggu proses loading sampai 100%, ya.
  • Selanjutnya silakan buka menu Play Store dan masukan akun Google kalian di sini.
  • Apabila sudah, silakan download game Mobile Legends.
  • Sekarang buka game-nya untuk memulai proses update.
  • Selesai, selamat memainkan game-nya.

Catatan:

Pastikan koneksi internet yang kalian gunakan dalam kondisi stabil saat proses update berlangsung, Karena saya sendiri pernah melakukan update game-nya dengan koneksi yang tidak stabil, hasilnya game Mobile Legends menjadi sering bermasalah atau force close dengan sendirinya.

2. Cara Bermain Mobile Legend di PC Dengan Joystick

Cara Bermain Mobile Legend di PC Dengan Joystick

Untuk memainkan game Mobile Legend di laptop maupun PC, sudah pasti kita harus menggunakan keyboard untuk mengontronya. Namun bagi sebagai orang, termasuk saya pribadi menggunakan keyboard untuk bermain game itu sangat kurang nyaman di rasakan.

Oleh karena itu, jika kalian salah satu orang yang merasa kurang nyaman saat memainkan game satu ini dengan keyboard maka kalian bisa mencoba memainkannya dengan joystick PC.

Cara main Mobile Legend di laptop dengan Stik PC (Joystick):

  1. Hal pertama yang wajib kalian lakukan adalah dengan menginstall emulator Nox App Player tadi.
  2. Setelah emulator terinstall, silakan download terlebih dahulu game Mobile Legends.
  3. Langkah selanjutnya, silakan kalian buka pengaturan Keyboard.
  4. Kemudian cek serta catat huruf keyboard yang sudah kalian atur tadi.
  5. Berikutnya kalian bisa install Joystick di sini.
  6. Extrak file-nya dan langsung buka software-nya jika sudah.(gambar 1)
  7. Untuk pengaturan dasar, silakan kalian atur saja tombol arah, tombol segitiga (Button 1), O (Button 2), X (Button 3) dan Kotak (Button 4).
  8. Klik dua kali pada tombol yang ingin kalian edit, maka nanti akan terlihat jendela baru pada layar.
  9. Lihat pada kolom yang bertuliskan Disable di bagian atas, silakan atur stik dengan cara klik kolom tersebut. Lalu masukan saja huruf dari pengaturan keyboard yang sudah di catat tadi.
  10. Ulangi lagi langkah 8 dan 9 sampai seluruh pengaturan keyboard ML di Nox tadi sudah di masukkan semuanya. (gambar 2)
  11. Kalian bisa menggunakan Notepad untuk mengeceknya, jika sudah benar, biasanya game akan merespon saat salah satu tombol pada stick di tekan.
  12. Jika tidak ada masalah, game siap kalian mainkan.

Catatan:

Sejauh yang saya ketahui, Joystick merupakan aplikasi berbayar. Meski begitu, kalian juga masih bisa mencobanya terlebih dahulu dengan mode trial pastinya.

3. Menggunakan Bluestack

Selain menggunakan Nox App Player, di sini kita juga bisa main Mobile Legend di laptop dengan bantuan emulator Android bernama Bluestack.

Hanya saja, untuk emulator Android yang satu ini, kita di wajibkan mempunyai laptop maupun PC dengan spek yang memumpuni. Karena setahu saya, emulator bernama Bluestack adalah emulator Android yang cukup berat sehingga membutuhkan spek yang di atas rata-rata.

Jika spek laptop atau PC kalian memumpuni, maka bisa juga menggunakan emulator Bluestack untuk memainkan game Mobile Legends.

Langkah main Mobile Legends di laptop dengan emulator Bluestack:

  1. Pertama, silakan  kalian download emulator Bluestack terlebih dahulu.
  2. Setelah berhasil terinstall, silakan pasang software Bluestack seperti biasa.
  3. Jika sudah, langkah selanjutnya adalah dengan membuka aplikasi Google Play Store.
  4. Login dengan akun Google yang kalian miliki.
  5. Apabila sudah, silakan download game Mobile Legends.
  6. Selanjutnya, silakan kalian buka aplikasi game-nya.
  7. Atur pengaturan keyboard seperti di pembahasan di atas tadi.
  8. Jika tidak ingin menggunakan keyboard sebagai control main game Mobile Legend di laptop, silakan gunakan saja aplikasi Joystick.
  9. Selesai, selamat memainkan game-nya.

Syarat Bermain Mobile Legend di Laptop atau PC

Agar bisa bermain ML (Mobile Legend) di laptop maupun PC tanpa nge-lag, setidaknya kalian harus mempunyai spek PC yang cukup kuat untuk menjalankan emulatornya.

Jika kalian menggunakan spek PC atau laptop di bawah system requirements emulatornya, maka jangan terlalu berharap game yang di mainkan bisa lancar.

Penting untuk kalian ketahui, spek laptop dan PC yang saya rangkumkan ini bukan informasi final ya. Karena setahu saya, emulator Android masih terus mengalami perkembangan dan di setiap perkembangannya tentu spek yang di butuhkan akan ikut mengalami peningkatan.

Berikut daftar system requirements rata-rata:

  • Windows XP (32) SP3, Windows 7 (32 atau 64 bits), Windows 8 (32 atau 64 bits), Windows 10.
  • AMD Dual Core Processor atau Intel CPU dengan dukungan Virtualization Technology (VT-x atau AMD-V) lebih juga bagus.
  • Setidaknya masih ada 2 GB RAM tersisa.
  • GPU dengan dukungan OpenGL 2.0+.
  • Mempunyai ruang penyimpanan kosong yang luas, setidaknya 2 GB (untuk keperluan menginstal data).

Penutup

Setidaknya seperti itulah cara yang bisa kalian lakukan jika ingin bermain Mobile Legends di laptop atau PC dengan bantuan emulator.

Informasi ini juga sengaja saya hadirkan di sini karena saya melihat masih banyak orang-orang yang kepincut dengan bermain Mobile Legends di laptop maupun PC.

Jika ada yang masih ingin kalian tanyakan atau ada yang kurang jelas, silakan tuliskan saja di kolom komentar yang ada di bawah.

Semoga bermanfaat.

Gambar Gravatar
Sangat suka menulis dan utak atik HP dari kecil!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.