Cara Flash LG D686

Cara Flash LG D686 Secara Online dan Offline Untuk Pemula

Cara Flash LG D686 – Smartphone Android memang sudah sering terkenal dengan beberapa masalah yang terjadi pada sistemnya. Selain itu, sebuah ponsel Android yang sudah di gunakan dalam jangka waktu lama pastinya akan mengalami penurunan. Mulai dari masalah performa, komponen sampai dengan baterai yang di gunakan oleh ponsel.

Masalah performa di HP yang mengalami penurunan memang bisa di atasi hanya dengan melakukan reset pabrik saja. Tapi, jika masalah yang lebih berat, seperti error, mati sendiri, bootloop, terserang virus sampai mati total tentu tidak bisa kalian atasi dengan hanya reset saja.

Solusinya, tentu hanya dengan melakukan flashing. Karena hanya dengan melakukan flash saja, semua masalah tersebut bisa di atasi sampai ke akar-akarnya.

Untuk melakukan flashing yang benar memang tidaklah mudah, karena harus memperhatikan banyak hal agar tidak terjadi error. Meski terdengar sulit, kalian tidak perlu khawatir karena saya akan menjelaskan prosesnya secara bertahap agar mudah untuk kalian pahami.

Dalam melakukan flash di HP LG D686, kalian bisa memilih dua cara yang akan saya jelaskan di sini. Mulai dari flash HP LG D686 secara online dan flash secara offline. Jadi, pilihlah cara yang menurut kalian mudah untuk di lakukan, ya.

Cara Flash LG D686 Secara Offline

Untuk cara flash yang pertama, saya akan menjelaskan secara offline terlebih dahulu. Kenapa saya katakan offline? Karena proses flash yang kita lakukan tidak memerlukan jaringan internet, sehingga kalian bisa melakukannya di mana pun.

Sebelum itu, jika memungkinkan kalian bisa melakukan backup terlebih dahulu pada data yang tersimpan pada HP LG. Karena bisa saja data penting yang kalian simpan pada HP akan terhapus tanpa tersisa. Jadi, agar hal ini tidak kalian alami, maka saya sarankan untuk membackup data penting yang ada di HP terlebih dahulu.

Bahan-bahan yang di Siapkan

Agar proses flash di HP LG D686 berjalan dengan lancar, maka kalian perlu menyiapkan beberapa bahan-bahan penting. Nah, bahan-bahan ini meliputi:

Setelah semua bahan yang kita butuhkan sudah kalian siapkan dengan baik, maka itu artinya proses flashing sudah bisa di lakukan.

Pastikan kalian melakukannya secara teliti, ya. Ini untuk mencegah terjadinya error yang bisa membuat HP LG kalian mengalami masalah lainnya.

Cara Flash LG D686 Via SP Flashtool

  1. Install terlebih dahulu USB Driver pada komputer atau laptop yang kalian gunakan.
  2. Setelah berhasil, kita ekstrak dulu KDZ Flashtool yang sudah kalian download tadi.
  3. Sekarang matikan HP LG D686 kalian, lalu masuk ke Mode Download. Caranya dengan menekan dan tahan Volume UP sambil menghubungkan HP ke PC dengan kabel USB.
  4. Berikutnya kita copy terlebih dahulu File LG KDZ ke dalam folder LG Flashtool 2014.
  5. Jika sudah, di sini kita bisa menjalankan software LG Flashtool 2014. Caranya dengan klik kanan dan pilih menu Run as Administrator.
  6. Lalu kalian bisa melakukan beberapa pengaturan seperti gambar di bawah.
  7. Di bagian select Type kalian pilih 3GQCT. Berikutnya select KDZ File dan pilih firmware yang sudah kalian download tadi.
  8. Setelah semua pengaturan yang kalian lakukan, maka sekarang kalian bisa klik menu Normal Flash.
  9. Bila kalian sudah melihat tampilan seperti di gambar, langsung saja tap menu Start.
  10. Jika muncul sebuah pop-up, kalian klik saja OK dan proses flash akan berlangsung.
  11. Terakhir, kalian bisa menunggu sampai proses flashing selesai.

Apabila proses flashing berhasil, maka HP LG D686 kalian akan melakukan restart secara otomatis dan nanti akan masuk ke Home Screen dengan sendirinya. Jika sudah begitu, kalian bisa langsung mencabut HP LG dari kabel USB.

Cara Flash LG D686 Secara Online

Selain dengan cara offline, kalian juga bisa melakukan flash pada HP LG D686 secara online tanpa takut mengalami kegagalan. Karena dengan cara ini, kalian juga tidak perlu takut salah mendownload file firmware karena akan berlangsung secara otomatis.

Bahan-bahan yang di Butuhkan

Untuk melakukan flash secara online pada HP LG D686, kalian juga membutuhkan beberapa bahan agar bisa berjalan dengan baik. Bahan-bahan tersebut meliputi:

Sebelum mulai, kalian juga wajib melakukan backup pada data penting yang ada pada HP seperti di atas tadi. Agar nantinya kalian tidak kehilangan data penting yang di miliki, ini jika memungkinkan untuk kalian lakukan.

Cara Flash LG D686 Online

  1. Pertama kalian matikan terlebih dahulu HP LG yang ingin di flash.
  2. Setelah itu hubungkan HP ke laptop / PC dengan kebel USB sambil menekan tombol Volume UP.
  3. Berikutnya buka software LG Mobile Support Tool yang sudah kalian install tadi.
  4. Jika HP kalian sudah terdeteksi, aka langsung saja tap menu Start Upgrade.Cara Flash LG D686 Online
  5. Pastikan perangkat komputer atau laptop sudah tersambung ke jaringan internet.
  6. Karena prosesnya akan mengunduh firmware secara otomatis.
  7. Cepat dan lamanya proses ini tergantung dari jaringan internet yang kalian gunakan.
  8. Proses flashing akan berjalan otomatis, jadi kalian tidak perlu melakukan apa-apa.
  9. Ketika prosesnya sudah berjalan 85%, maka HP kalian akan restart dengan sendirinya.
  10. Terakhir, setelah muncul pesan Software Upgrade is Complate maka cabut HP dari kabel USB.

Apabila setelah selesai flash, HP kalian mengalami bootloop, maka jangan panik. Kalian bisa melakukan hard reset untuk mengatasi masalah tersebut. Caranya dengan mematikan HP, lalu tekan dan tahan kombinasi tombol Power dan Volume UP secara bersamaan. Berikutnya kalian bisa pilih Wipe Data / Factory Reset dan pilih OK.

Penutup

Mungkin itu saja tutorial yang bisa saya sampaikan untuk kalian tentang cara flash LG D686 untuk pemula. Kalian pastinya dapat menggunakan salah satu dari dua cara tadi untuk melakukan flash.

Selain itu, kedua cara di atas juga masih berfungsi dengan baik. Sehingga kemungkinan kalian mengalami kegagalan saat proses flash bisa lebih rendah.

Semoga bermanfaat.

Gambar Gravatar
Sangat suka menulis dan utak atik HP dari kecil!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.