Cara Cek Serial Number Pengisian Pulsa

Cara Cek Serial Number Pengisian Pulsa

Cara Cek Serial Number Pengisian Pulsa – Dulu mungkin ketika ingin mengisi ulang pulsa, kita harus pergi ke konter penjual pulsa. Namun untuk sekarang ini sudah mulai ada perubahan dalam proses isi ulang pulsa operator.

Di mana sekarang kita sudah bisa melakukan pembelian pulsa dengan mudah melalui marketplace atau aplikasi. Sehingga kita tidak perlu lagi repot-repot untuk datang ke tempat penjual pulsa.

Meski begitu, tidak sedikit juga orang yang masih melakukan pembelian pulsa secara konvesional. Pada dasarnya sih, tidak ada perbedaan kok antara mengisi pulsa secara konvesional maupun online. Karena kita tetap akan memperoleh serial number pengisian pulsa.

Lalu, apa sih yang di maksud dengan serial number pulsa? Serta bagaimana cara kita untuk mengetahui serial number tersebut?

Sebenarnya sih cukup sederhana dan sangat mudah untuk kita ketahui. Selebihnya silakan kalian simak di artikel ini, ya.

Apa Itu Serial Number Pulsa?

Serial Number atau sering di singkat dengan SN ini adalah sebuah kode unik yang mempunyai fungsi sebagai informasi verifikasi dari proses selesainya pengisian pulsa.

Secara umumnya, baik itu penjual maupun pembeli pulsa akan sama-sama memperoleh nomor SN ini setelah selesai melakukan pengisian pulsa.

Setiap transaksi, serial number yang di dapat akan berbeda-beda. Sebab SN ini isinya itu berupa informasi mengenai tanggal transaksi, kode operator serta ID agen pulsa.


Baca Juga : Daftar Kode Outlet Operator


Apa Fungsi Serial Number Pulsa?

Perlu kalian ketahui juga kalau serial number pengisian pulsa ini akan di kirim secara otomatis oleh sistem dari operator yang digunakan.

Selain itu, terdapat juga beberapa fungsi tersendiri yang ada pada serial number pulsa tersebut. Diantaranya itu seperti:

  1. Sebagai pemberitahuan kalau proses pengisian pulsa ke suatu nomor telah sukses.
  2. Dapat di gunakan untuk melihat informasi transaksi, misalnya waktu serta tanggal pembelian pulsa.
  3. Khusus untuk penjual biasanya juga akan langsung memperoleh pesan informasi mengenai sisa saldo yang di miliki serta yang di gunakan.
  4. Sedangkan untuk pembeli, serial number ini dapat di pakai untuk melakukan pengecekan ulang. Caranya dengan memberikan serial number pulsa yang telah di dapatkan.

Itu merupakan beberapa fungsi dari serial number pulsa, kemungkinan masih ada beberapa fungsi lainnya. Namun untuk umumnya sih hanya itu saja, hehe.

Cara Cek Serial Number Pengisian Pulsa

Seperti yang sudah saya jelaskan tadi, kalau setiap isi ulang pulsa, baik itu melalui cara konvesional maupun melalui aplikasi online. Maka akan tetap memperoleh serial number (SN).

Hanya saja, serial number pulsa tersebut akan di kirim melalui proses yang berbeda-beda. Karena tergantung dari mana kita membeli pulsa tersebut, apakah melalui aplikasi online atau secara konvesional.

Nah, bagi kalian yang penasaran bagaimana cara mengetahui serial number pulsa tersebut. Maka di sini saya sudah menyiapkan dua cara berbeda yang dapat kalian gunakan.

1. Melalui Penjual Pulsa

Untuk penjual pulsa yang memang sudah terdaftar khusus di agen, umumnya penjual tersebut akan menerima SN (Serial Number) lewat SMS.

Namun hal tersebut juga berlaku kalau pulsa itu berasal dari marketplace atau aplikasi tertentu. Tapi, serial number (SN) yang di dapatkan akan berbeda-beda. Kenapa? Ini karena ID agennya tidak sama, ya.

Sebagai contohnya kalian dapat melihat gambar di atas, yaitu pengisian pulsa menggunakan aplikasi.

Begini, jika ingin mengetahui SN lewat penjual pulsa, maka kalian bisa meminta SMS yang di dapatkan oleh si penjual. Sedangkan jika kalian melakukan isi ulang pulsa lewat marketplace, maka bisa langsung mengecek riwayat pengisiannya.

Nanti nomor SN-nya bisa langsung kalian salin ataupun di screenshoots.


Baca Juga : Cara Cek Indosat Gangguan


2. Melalui Pembeli

Cara yang kedua ini masih ada hubungannya dengan yang pertama tadi. Di mana setelah selesai pengisian ulang pulsa, kita akan memperoleh sebuah notifikasi melalui SMS.

Namun ada perbedaan antara isi ulang pulsa lewat konvesional dan melalui aplikasi maupun marketplace.

Untuk isi pulsa secara konvesional, kita akan memperoleh pesan (SMS) yang berisikan serial number. Sedangkan untuk pembelian melalui aplikasi atau marketplace, pesan yang di dapat umumnya akan berisikan TID (Transaction ID) saja.

Silakan coba kalian simak gambar di atas itu. Gambar tersebut merupakan dua contoh pembelian pulsa lewat aplikasi dan konvesional.

Nah, bagaimana jika SMS notifikasinya tidak ada? Dalam beberapa kejadian, untuk SN (Serial Number) ini terkadang bisa telat masuknya. Silakan tunggu saja beberapa menit dan periksa pulsa yang di beli sudah masuk atau belum.

Gimana kalau ternyata belum? Maka ada beberapa kemungkinan masalah yang terjadi. Seperti:

  • Sedang ada gangguan.
  • Nomor yang di masukan saat isi ulang pulsa salah.
  • Sistem pada HP error.
  • Dan masih banyak lagi.

Saran dari saya, jika dalam waktu 10 sampai 20 menit belum juga mendapatkan SMS yang berisikan serial number. Coba deh nyalakan ulang HP kalian atau hubungi tempat membeli pulsanya.

Baca Juga : Cara Memasukan Kode Voucher Axis


Penutup

Mungkin cukup sekian dulu pembahasan kalian ini tentang cara cek serial number pengisian pulsa yang dapat saya rangkumkan. Kesimpulannya, SN (Serial Number) ini merupakan sebuah notif verifikasi dari proses pengisian ulang pulsa.

Silakan jika ada yang masih kurang jelas atau ada hal lain yang ingin kalian tanyakan, bisa menuliskannya pada kolom komentar.

Sampai bertemu di pembahasan selanjutnya dan semoga bermanfaat.

Gambar Gravatar
Sangat suka menulis dan utak atik HP dari kecil!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.