Inilah 10 Cara Cek HP Vivo Asli atau Palsu Dengan Mudah Dirumah

Cara Cek HP Vivo Asli atau Palsu

Kampung Gadget – Saat ini sudah mulai banyak bermunculan produk-produk smartphone Vivo rekondisi atau bajakan, tentu selain merugikan pihak produsen, ini juga sebenarnya merugikan kita sebagai pihak konsumen. Lalu bagaimana cara cek HP Vivo Asli atau Palsu?

Untuk membedakan ponsel Vivo asli dan palsu itu memang terlihat gampang-gampang susah, selain itu bentuk luar dari ponsel replika Vivo ini sangatlah mirib dengan bentuk aslinya. Jadi membutuhkan ketelitian yang baik agar bisa membedakannya.

Namun kamu tidak perlu khawatir, karena Kampung Gadget sudah merangkumkan kalian sebuah cara untuk membedakan HP Vivo Asli dengan yang Palsu. Simak Penjelasannya berikut ini.

Ini Cara Cek HP Vivo Asli atau Palsu

Seperti yang kita ketahui kalau Vivo merupakan salah satu brand yang sangat terkenal di Indonesia, sebab setiap tahun penjualan produk smartphone dari Vivo ini terus mengalami peningkatan.

Meningkatnya penjualan itu tentu tidak lepas dari kecanggihan serta harga yang ditawarkan lebih terjangkau dari kompetitor lainnya. Namun dibalik itu, produk Vivo menjadi sasaran empuk pemalsuan oleh beberapa orang yang tidak bertanggung jawab.

Nah, sebelum kamu membeli smartphone Vivo terbaru saat ini, ada baiknya untuk mengetahui dulu bagaimana cara untuk memastikan kalau ponsel yang kamu beli itu adalah asli. Berikut ini beberapa tips sederhana yang bisa coba kamu lakukan saat membeli ponsel Vivo.

1. Lihat Harga Terlebih Dahulu

Tips pertama yang dapat kamu lakukan untuk mengetahui apakah ponsel Vivo yang kamu beli itu benar-benar asli atau tidak adalah dengan mengetahui harga dari ponsel itu sendiri.

Ini karena biasanya sebuah ponsel palsu yang dibuat oleh orang tidak bertanggung jawab itu akan dijual dengan harga yang lebih rendah dari harga ponsel aslinya. Oleh sebab ini, ada baiknya kamu untuk tidak tergiur untuk membeli smartphone Vivo dengan harga yang tidak wajar.

Untuk mencegah hal tersebut terjadi pada dirimu, alangkah baiknya kamu membeli smartphone Vivo pada toko-toko yang sudah terpercaya. Atau kamu juga bisa langsung datang ke gerai resmi Vivo terdekat di kotamu.

2. Perhatikan Fisik Smartphone yang Kamu Beli

Tips yang kedua untuk mengetahui HP Vivo yang kamu beli itu asli atau palsu adalah dengan mengecek fisik dari ponsel Vivo yang akan kamu beli. Karena pada dasarnya ponsel asli itu dibuat dengan material yang berkualitas tinggi.

Untuk mengetahui secara detail mengenai material yang digunakan pada ponsel Vivo, kamu sebenarnya bisa mengunjungi situs resminya, karena disana biasanya sudah di berikan penjelasan yang sangat lengkap tentang produk yang sudah mereka rilis.

Jika kamu tidak sempat untuk mengecek secara langsung di situs resminya, maka kamu bisa mencoba untuk mengecek bagian tombol dari ponsel Vivo tersebut.

Apabila ada salah satu tombol yang kamu rasa tidak beres seperti tombol yang macet, tidak presisi satu sama lain, adanya suara saat kamu menekannya maka bisa dipastikan kalau posel tersebut kemungkinan besar tidak asli.

3. Perhatikan Pada Bagian Layar

Tips yang berikutnya dalam mengetahui sebuah smartphone itu asli atau palsu adalah dengan melihat kejernihan yang ditampilkan pada layar.

Contohnya jika sebelumnya kamu sudah mengetahui kerapatan pixel pada layar smartphone yang akan dibeli seperti 400 ppi maka gambar yang ditampilkan akan terlihat jernih dan juga terlihat sangat tajam.

Tapi jika malah sebaliknya maka ada baiknya kamu mengurungkan niat untuk membelinya, sebab bisa dipastikan kalau ponsel Vivo yang akan kamu beli adalah palsu.

4. Periksa Kelengkapan yang Ada Pada Box

Tips berikutnya adalah mengecek kelengkapan yang ada pada box ponsel Vivo yang akan kamu beli, biasanya kelengkapannya sudah tertulis di situs resmi perusahaan.

Biasanya sebuah ponsel Vivo yang baru mempunyai kelangkapan seperti berikut.

  • Kepala charger
  • Kabel USB
  • Buku panduan
  • Softcase bening
  • Sim injector

Umumnya setiap produk ponsel dari Vivo memiliki kelengkapan yang berbeda-beda, jadi kamu bisa mengeceknya terlebih dahulu didalam situs resminya.

5. Lihat Spesifikasi Sofwarenya

Tips berikutnya untuk memastikan apakah smartphone Vivo yang kamu beli itu asli atau palsu adalah dengan mengecek spesifikasi dari sofware OS yang diusung.

Sebenarnya untuk mengetahui sofware yang dibawa oleh ponsel Vivo yang kamu beli, bisa dilakukan dengan cara berikut.

  • Masuk kedalam menu “Pengaturan
  • Pilih “Pengaturan Lainnya
  • Cari “Tentang Ponsel
  • Terakhir pilih “Sofware

Maka dalam menu itu kamu akan ditampilkan mengenai sofware yang digunakan oleh ponsel yang sedang kamu beli.

6. Tanyakan Untuk Garansinya

Setiap ponsel baru yang akan kamu beli, ada baiknya memperhatikan terlebih dahulu masa garansinya. Karena pada dasarnya garansi setiap ponsel baru itu adalah 1 Tahun.

Jadi sebelum kamu membeli sebuah smartphone Vivo, ada baiknya tanyakan terlebih dahulu berapa lama garansi yang akan kamu dapatkan. Jika lebih pendek dari setahun maka kamu patut untuk curiga dengan penjualnya, karena kemungkinan besar ponsel yang ia jual bukan ponsel asli melainkan ponsel palsu.

7. Lihat Performanya

Pada saat kamu membeli sebuah smartphone disebuah toko ponsel, maka ada baiknya sebelum kamu membawa pulang ponsel tersebut, sebaiknya lakukan beberapa pengujian.

Hal ini sebenarnya untuk memastikan apakah kemampuan dari ponsel yang kamu beli itu sama dengan spesifikasi di situs resminya atau tidak. Cobalah untuk mengetesnya dengan beberapa hal berikut.

  • Lihat hasil foto yang dihasilkan
  • Lihat hasil video yang dihasilkan
  • Lihat jumlah memori didalam ponsel
  • Coba pakai membuka beberapa aplikasi
  • Terakhir coba memutar video dengan resolusi HD

8. Lihat Spesifikasi HP Secara Detail

Sebenarnya selain tips diatas tadi, untuk mengetahui apakah ponsel Vivo yang kamu beli itu asli atau tidak adalah dengan mencocokan spesifikasi yang ada pada box dan spesifikasi didalam ponsel.

Karena pada dasarnya spesifikasi yang tertera di luar box akan sama dengan spesifikasi yang ada didalam ponsel Vivo. Untuk melihat spesifikasi didalam ponsel adalah sebagai berikut.

  • Masuk kedalam menu “Pengaturan
  • Kemudian pilih “Pengaturan Lainnya
  • Terakhir “Tentang Ponsel”

Pada menu itu kamu akan ditampilan secara lengkap mengenai spesifikasi yang dibawah oleh ponsel Vivo itu sendiri.

9. Cek Bahasa yang Ada Pada HP

Hampir seluruh produks smartphone Vivo yang beredar secara resmi di Indonesia itu pastinya akan mengusung opsi Bahasa Indonesia. Nah apabila pilihan opsi bahasa Indonesia kita tidak ada di sana maka bisa kamu pastikan kalau perangkat tersebut tidak asli.

Jadi hal tersebut juga bisa menjadi acuan sederhana untuk mengetahui apakah produk ponsel Vivo yang kamu beli adalah asli atau palsu.

10. Cocokan no IMEI pada Box dan Pada Ponsel

Tips yang terakhir untuk membedakan HP Vivo asli atau palsu adalah dengan mencocokan no IMEI yang ada pada box dan yang ada pada ponsel.

Karena pada dasarnya setiap ponsel resmi yang dirilis memiliki no IMEI masing-masing dan tidak sama di setiap ponsel meski produknya sama.

Untuk mengetahui no IMEI yang ada pada ponsel Vivo, kamu dapat mengikuti cara berikut ini.

  • Hidupkan layar ponsel terlebih dahulu
  • Masuk kedalam menu “Pengaturan” pada ponsel
  • Lalu cari “Pengaturan Lainnya
  • Terakhir pilih “Tentang Ponsel

Didalam menu ini kamu akan ditampilkan no IMEI yang ada didalam ponsel Vivo dan cobalah untuk mencocokan no tersebut dengan yang ada pada Boxnya.

Apabila no IMEI yang ada pada ponsel dan yang ada pada Box itu tidak sama maka dapat dipastikan kalau ponsel Vivo yang akan kamu beli adalah palsu.

Baca Juga:

11 Kelebihan dan Kekurangan Dibalik Smartphone Vivo Y95 Terbaru 2020

10 Penyebab Baterai HP Cepat Habis dan Cara Mengatasinya Dengan Benar

Nah, mungkin itu saja beberapa cara cek HP Vivo asli atau palsu. Semoga bermanfaat dan jangan lupa nantikan tips lainya seputar gadget hanya disini.

Gambar Gravatar
Sangat suka menulis dan utak atik HP dari kecil!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.