Cara Cek Headset Kiri dan Kanan

Cara Cek Headset Kiri dan Kanan

Cara Cek Headset Kiri dan Kanan – Apakah kalian adalah orang yang sangat sering menggunakan headset setiap harinya? Pastinya sering atau pernah menggunakan headset dengan posisi terbalik. Kalau saya sendiri, bisa di bilang sering deh mengalami hal itu, hehe.

Nah, hampir kebanyakan orang yang memakai headset atau earphone tidak sadar dengan tanda kiri maupun kanan di setiap sisinya. Meski tidak semua produk headset memiliki tanda tersebut, namun sebagian besar memiliki tanda kiri dan kanan. Biasanya sih untuk headset tertentu dan mahal saja yang mempunyainya.

Hal ini juga sering di anggap sepele oleh sebagian orang, padahal mengetahui tanda kiri dan kanan pada headset itu cukup penting. Kenapa? Berikut akan saya jelaskan alasannya untuk kalian.

Pengertian R dan L Pada Headset

Perlu kalian ketahui kalau headset itu tidak di desain secara universal, lho. Sehingga membuat suara yang di keluarkan umumnya stereo (dua arah), bukan mono (satu arah) ya.

Bingung? Artinya itu, dengan adanya suara yang di keluarkan dari dua arah pada headset inilah yang membuat aktivitas tertentu menjadi lebih nyaman. Misalnya seperti bermain game, menonton film ataupun streaming di aplikasi tertentu.

Selain itu, audio pada headset juga tidak fokus pada salah satu arah saja. Contohnya untuk suara musik yang di keluarkan oleh headset, yang sebelah kiri untuk musiknya dan kanan vocal.

Di beberapa headset atau earphone pada umumnya juga memiliki tanda kanan serta kirinya. Kebanyakan tanda tersebut berupa R (untuk kanan) dan L (untuk kiri).

Selain tanda, di beberapa headset tertentu dan dengan harga mahal, biasanya akan ada perbedaan bentuk kiri dan kanannya. Khusus untuk hal ini, saya akan jelaskan nanti, ya.


Baca Juga : Mengenal Apa itu HP Demo


Cara Cek Headset Kiri dan Kanan

Masih banyak orang yang bingung tentang cara cek headset kiri dan kanan. Padahal sebenarnya simpel sih, tapi itu jika headset yang kita miliki mempunyai tanda R dan L. Lalu bagaimana jika tidak mempunyai tanda R dan L?

Meski tidak memiliki tanda, membedakan mana headset kanan dan kiri masih bisa kita lakukan. Nah, untuk membedakannya itu ada 3 cara yang dapat di lakukan.

Selengkapnya bisa kalian simak di bawah ini.

1. Dengan Cara Bermain Game

Cara yang paling mudah dan sederhana pertama saat ingin cek headset kiri dan kanan adalah dengan memainkan sebuah game. Di beberapa game, misalnya PUBG, Valorant dan lainnya itu secara umum sudah memiliki fitur audio. Fitur tersebut akan menyesuaikan audio yang di keluarkan oleh headset.

Maksudnya di sini itu, seperti langkah / footstep di dalam game PUBG. Jika terdengar suara dari sebelah kanan maka orang sumber suara tersebut juga akan muncul di arah kanan. Jika sesuai, maka itu tandanya posisi headset kalian sudah benar.

Apabila kalau terbalik, misalnya suara terdengar dari kanan namun orang yang menjadi sumber suara malah muncul di kiri, maka itu tandanya posisi headset kalian terbalik.


Baca Juga : Cara Cek Serial Number Pengisian Pulsa


2. Dengan Menonton Video

Kemudian untuk cara kedua yang bisa kalian coba ketika ingin cek headset kiri dan kanan adalah dengan menonton video. Silakan kalian bisa mencoba untuk menonton video yang di atas.

Video yang saya bagikan di atas itu memang sudah di buat khusus untuk mengetahui letak suara headset kiri dan kanan.

Cara cek headset kiri dan kanan dengan menonton video:

  1. Pertama pasang dulu headset atau earphone ke telinga.
  2. Lalu putar video yang saya bagikan di atas.
  3. Jika kondisi video sedang memainkan audio R (Right) dan suaranya yang keluar di headset sebelah kiri. Maka itu tandanya kalian menggunakan headset terbalik.
  4. Silakan tukar saja posisi headset kalian dan pasang kembali ke telinga.
  5. Bila belum yakin, kalian bisa memutar kembali video di atas lagi.
  6. Pastikan audio yang di mainkan dalam video dan suara yang di keluarkan oleh headset sudah sesuai.
  7. Selesai.

3. Khusus Untuk Headphone

Melanjutkan penjelasan yang saya katakan di atas, khusus untuk headphone itu biasanya sudah di desain sedemikian rupa. Ini fungsinya agar posisi headset tidak terbalik ketika di gunakan.

Sebagai contoh, jika kalian merasa tidak nyaman ketika menggunakan headset. Maka itu bisa saja posisi headset yang di pakai terbalik, sehingga membuatnya tidak pas.

Atau bisa juga ketika kalian memakai headset, namun di bagian micnya tidak pas ke arah mulut. Maka biasanya posisi headset ini bisa di katakan terbalik.


Baca Juga : Cara Perbaiki Konektor HP Rusak atau Longgar


Penutup

Walaupun sebagian orang menganggapnya sepele, sebenarnya mengetahui headset terbalik atau tidak itu sangat penting. Karena ini akan membantu kita saat ingin menggunakan headset model tertentu yang memang tidak memiliki tanda R dan L.

Saya berharap dengan panduan di atas tadi bisa membantu kalian yang memang sedang bingung membedakan mana headset kiri dan kanan.

Sampai di sini dulu pembahasan tentang cara cek headset kiri dan kanan yang dapat saya jelaskan. Jika memiliki pertanyaan, kalian bisa menuliskannya pada kolom komentar yang ada di bawah ini.

Semoga bermanfaat.

Gambar Gravatar
Sangat suka menulis dan utak atik HP dari kecil!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.