12 Cara Cek Area Coverage Iconnect PLN Dengan Mudah

Cara Cek Area Coverage Iconnect PLN

Cara Cek Area Coverage Iconnect PLN – Sepertinya PLN tidak mau kalah dengan perusahaan penyedia layanan internet rumah yang sudah lama ada di Indonesia. Sebab kini PLN juga mulai ikut ambil adil dalam menyediakan layanan internet berbasis WiFi dengan nama Iconnect.

Layanan Iconnect juga di gadang-gadang akan mampu menyaingi penyedia layanan internet rumahan lainnya. Seperti Indihome, Biznet, First Media, GIG Indosat dan lainnya.

Nah, membahas mengenai Iconnect PLN, layanan internet ini sudah resmi di rilis pada tanggal 31 Mei kemarin. Kabarnya Iconnect akan mempunyai banyak pilihan paket internet Unlimited kuota dan juga internet + TV. Jika di tanya soal harga, layanan Iconnect akan di bandrol mulai dari Rp. 180 ribuah saja untuk sebulannya.

Meski harganya tergolong terjangkau, namun layanan internet yang di sediakan bukanlah abal-abal, ya. Apalagi jika mengingat PLN ini merupakan perusahaan milik negara Indonesia. Pastinya layanan yang di berikan ke pada pelanggannya itu tidak akan mengecewakan.

Namun yang menjadi masalah di sini, ternyata tidak semua daerah yang ada di Indonesia itu bisa menikmati layanan Iconnect dari PLN loh. Sehingga jika kalian ingin berlangganan layanan internet Iconnect, ada baiknya untuk mengecek area coverage-nya terlebih dahulu.

Cara cek area coverage PLN tidaklah sulit, kalian bisa simak panduan lengkapnya di artikel ini.

Cara Cek Area Coverage Iconnect PLN Lewat Website

Cara Cek Area Coverage Iconnect PLN Lewat Website

Seperti yang saya jelaskan tadi, kalau untuk bisa berlangganan Iconnect PLN syarat utamanya itu ialah daerah kalian harus sudah tercover jaringan Iconnect. Untuk saat ini, ada beberapa daerah di Indonesia yang sudah tercover jaringan Iconnect PLN. Mulai dari:

  1. Jawa
  2. Bali
  3. Sumatera
  4. Jabodetabek
  5. Medan
  6. Indonesia Bagian Timur

Tapi untuk lebih memastikan apakah daerah tempat tinggal kalian sudah tercover jaringan Iconnect atau belum. Saya sarankan sih untuk mengecek area Coverage Iconnect secara manual lewat situs resminya. Untuk langkah-langkahnya bisa kalian simak di bawah ini.

1. Buka Website Resmi Iconnect

Langkah pertama, silakan kalian buka terlebih dahulu Browser yang ada pada perangkat. Bisa melalui HP, PC maupun laptop. Untuk panduan ini, saya menggunakan browser di PC, ya.

Pada browser, silakan kalian ketikan alamat iconnet.id, lalu klik icon search.

2. Ketikan Nama Daerah / Wilayah

Jika situs Iconnect sudah terbuka, maka kalian bisa scroll kebawah dan masukkan alamat tempat tinggal kalian pada kolom yang sudah tersedia.

Apabila alamatnya sudah sesuai dan benar, maka tekan menu Cek Area.

3. Status Jaringan Iconnect Akan Muncul

Di halaman ini, kalian akan langsung bisa melihat daerah mana saja yang sudah tercover layanan internet Iconnect dari PLN.

Kemudian jika kalian ingin mengecek daerah lain, silakan ketikan saja alamatnya pada kolom Cek Area di atas layar itu.

Cara Cek Area Coverage Iconnect PLN via Call Center

Cara Cek Area Coverage Iconnect PLN via Call Center

Selain langsung melalui website resminya, sebenarnya kita juga bisa kok cek Coverage Iconnect PLN lewat call center. Lewat call center PLN kita bisa menanyakan apakah lokasi tempat tinggal kita sudah bisa menikmati layanan Iconnect atau belum.

Berikut cara mengecek area Coverage Iconnect PLN lewat call center:

  • Pertama buka aplikasi Telepon pada HP.
  • Kemudian ketikan call center PLN 150678.
  • Lalu pilih Panggil.
  • Tunggu sampai panggilan terhubung.
  • Jika sudah berhasil terhubung, silakan ikuti instruksi yang di minta.
  • Terakhir sebutkan alamat yang mau kalian cek.
  • Selesai.

Setelah selesai memberikan alamat, biasanya petugas akan langsung melakukan pengecekan. Oh ya, lewat call center kalian juga bisa kok menanyakan harga langganan paket Iconnecet PLN per bulannya.

Selain itu, untuk melakukan panggilan ke call center PLN, kita juga akan di kenakan biaya. Besar biayanya itu tergantung dari daerah tempat tinggal kalian, tapi rata-rata sih sekitar Rp. 15 ribuan saja dalam satu kali panggilan.

Cek Area Coverage Iconnect Langsung Dari Kantor PLN

Cek Area Coverage Iconnect Langsung Dari Kantor PLN

Cara cek coverage PLN yang berikutnya juga bisa di lakukan dengan datang langsung ke kantor PLN terdekat yang ada di daerah kalian masing-masing. Sesampainya di kantor PLN, kalian dapat langsung bertanya ke petugas customer service PLN dan silakan sampaikan hal-hal yang ingin kalian ketahui.

Ini bisa kalian coba jika daerah tempat tinggal kalian dekat dengan kantor PLN, ya. Jika jauh, kalian bisa coba cara sebelumnya untuk cek ketersediaan layanan Iconnect di daerah kalian.

Baca Juga: Syarat dan Cara Berlangganan Iconnect PLN

Cek Area Coverage Iconnect Melalui Aplikasi

Terakhir kalian juga bisa cek area coverage iconnect PLN melalui aplikasi resminya. Untuk aplikasi resminya itu bernama  PLN Mobile dan bisa kalian download melalui Google Playstore maupun App Store.

Jika belum mempunyai aplikasinya, silakan download dulu ya. Tapi jika sudah, kalian bisa langsung cek cara mengetahui area coverage Iconnect PLN lewat aplikasi.

1. Buka Aplikasi PLN Mobile

Langkah pertama, silakan kalian buka terlebih dahulu aplikasi PLN Mobile yang sudah ada pada HP. Jika baru pertama kali menggunakan aplikasi, silakan login menggunakan akun Gmail dan nomor telepon.

2. Pilih Menu Internet

Jika sudah berhasil membuat akun di aplikasi PLN Mobile, maka sekarang semua menu yang ada di dalamnya dapat kalian akses sesuai kebutuhan. Karena kita di sini ingin mengecek ketersediaan layanan Iconnect dari PLN, maka pilih menu Iconnect.

3. Tekan Menu Cek Coverage

Setelah menekan menu Iconnect, maka kalian akan langsung di bawah ke halaman lain. Pada halaman ini silakan pilih menu Cek Coverage dan jangan lupa juga untuk mengaktifkan GPS pada HP.

Untuk mengaktifkan GPS pada HP, silakan usap layar HP dari atas kebawah dan tekan icon GPS untuk mengaktifkannya.

4. Pilih Cek Area

Seharusnya jika GPS di HP kalian sudah aktif, maka secara otomatis lokasi tempat tinggal kalian akan di temukan. Tapi jika belum, kalian bisa mengetikkan lokasi tempat tinggal pada kolom Cek Lokasi Anda. Lalu tekan icon Search.

5. Hasil Pengecekan Area Akan Muncul Pada Layar

Di tampilan terakhir, lokasi kalian akan langsung terlihat dan status ketersediaan jaringan Iconnect PLN akan muncul di layar bagian bawah.

Selesai, deh.

Apakah Cek Area Coverage Iconnect PLN Kena Biaya?

Mungkin dari kalian masih ada yang bertanya-tanya mengenai, apakah cek status ketersediaan jaringan Iconnect PLN itu kena biaya admin. Kalau jujur, saya sendiri juga sempat menanyakan hal tersebut, hehe.

Nah, untuk cek ketersediaan jaringan Iconnect PLN itu tidak akan di kenai biaya dalam bentuk apapun. Terkecuali jika kalian mengecek area coverage lewat layanan call center PLN, ya. Karena lewat call center akan ada biaya tambahan sebesar Rp 10.000 sampai Rp. 15.000 dalam satu kali panggilan.

Penutup

Mungkin itu saja sedikit informasi mengenai cara cek coverage Iconnect PLN yang dapat saya rangkumkan hari ini. Dari beberapa cara di atas, kalian bisa memilihnya sesuai keinginan masing-masing, ya.

Jika masih ada yang kurang jelas atau memiliki pertanyaan, silakan tuliskan saja pada kolom komentar yang ada di bawah ini.

Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.