4 Perbedaan Baterai Removable dan Non-Removable Pada Android

Perbedaan Baterai Removable dan Non-Removable

Perbedaan Baterai Removable dan Non-Removable – Dulu mungkin kita hanya mengenai jenis baterai Removable saja pada sebuah smartphone. Tapi seiring berjalannya waktu, jenis baterai Removable sudah mulai di tinggalkan oleh produsen smartphone dan memilih menggunakan jenis baterai Non-Removable disetiap produk yang mereka buat.

Tentu ada banyak hal yang membuat banyaknya produsen smartphone lebih memilih untuk menggunakan jenis baterai Non-Removable, salah satunya itu adalah Fleksibilitas dan juga Mobilitas bagi pengguna smartphone itu sendiri.

Pengertian Baterai Removable dan Non-Removable

Perbedaan Baterai Removable dan Non-Removable Pada Android

Bagi kalian yang mungkin masih awam, tentu kedua instilah jenis baterai tersebut sangatlah penting untuk diketahui sebelum membeli sebuah smartphone.

Oleh sebab itulah, dalam artikel kali ini Kampung Gadget akan membagikan sebuah informasi lengkah mengenai pengertian baterai Removable dan juga baterai Non-Removable. Penasaran? Mari kita lihat pembahasan lengkapnya dibawah ini.

1. Apa Itu Baterai Removable?

Baterai Removable adalah jenis baterai smartphone yang dapat dilepas dari casing sesuai kebutuhan dan kapan serta dimanapun kalian bisa melepasnya dengan mudah. Intinya itu, jenis baterai yang satu ini tidak menyatu dengan komponen ponsel melainkan terpisah.

Jika kita lihat lebih jauh, tentu jenis baterai Removable ini sudah ada sejak lama dan bahkan ada sebelum ponsel Android dan iPhone populer di dunia. Hal ini juga dikarenakan hampir sebagian besar Hp yang diproduksi pada masa itu lebih banyak menggunakan jenis baterai tersebut.

Beberapa manfaat yang bisa dirasakan pada ponsel yang memakai baterai jenis Removable itu seperti berikut.

  • Baterai dapat dilepas kapan saja.
  • Lebih mudah memperbaiki saat ponsel sedang error atau hang.
  • Sangat mudah mengganti ketika rusak.
  • Dan masih banyak lagi.

2. Apa Itu Baterai Non-Removable

Tentu ini adalah kebalikan dari jenis baterai Removable, dimana baterai Non-Removable adalah jenis baterai yang tidak bisa dilepas dari casing-nya. Atau lebih tepatnya itu, baterai jenis ini sudah menyatu dengan komponen ponsel sejak awal produksi.

Sejak pertengan tahun 2015, jenis baterai Non-Removable ini mulai popler dan banyak produsen ponsel yang beralih memakai jeni baterai yang satu ini. Seperti Asus, Samsung sampai Apple juga sudah mulai menggunakan jenis baterai tersebut.

Hingga sampai saat ini, jenis baterai Non-Removable ini lebih banyak dipilih oleh setiap produsen smartphone dibandingkan baterai jenis Removable. Tentu ada alasan tertentu yang membuat banyaknya produsen smartphone beralih menggunakan jenis baterai tersebut. Beberapa diantaranya seperti berikut:

  • Ponsel jadi lebih ringan.
  • Ponsel juga cenderung lebih tipis.
  • Tampilan desain lebih terlihat rapi.
  • Lebih awet dan tahan lama.
  • Dan masih banyak lagi.

Perbedaan Baterai Removable dan Non-Removable Pada Android

Perbedaan Baterai Removable dan Non-Removable Pada HP Android

Perbedaan mendasar yang ada pada kedua jenis baterai tersebut itu dapat kalian lihat dari penjelasan diatas tadi, dimana untuk baterai Removable itu adalah jenis baterai yang dapat kalian lepas dari casing-nya, sedangkan baterai Non-Removable merupakan jenis baterai yang tidak bisa dilepas.

Mungkin untuk kalian yang kurang jelas dengan penjelasan diatas, bisa melihat sedikit rangkuman mengenai perbedaan baterai Removable dan Non-Removable dibawah ini:

1. Baterai Removable

  • Jenis Baterai yang bisa dilepas dari casing.
  • Dimensi ponsel cenderung terlihat lebih tebal.
  • Ponsel juga terasa lebih berat.
  • Terdapat bagian khusus pada casing untuk membuka baterai.
  • Lebih cepat rusak.

2. Baterai Non-Removable

  • Jenis baterai yang tidak bisa dilepas.
  • Dimensi ponsel cenderung terlihat lebih tipis.
  • Berat Hp jadi lebih ringan.
  • Tidak ada bagian khusus untuk membuka baterai pada casing belakang.
  • Lebih awet dan tidak cepat rusak.

Selain perbedaan baterai Removable dan Non-Removable yang sudah disebutkan diatas, mungkin masih ada perbedaan lainnya yang akan kalian rasakan saat menggunakannya.

Mending Baterai Removable atau Non-Removable Pada Android?

Dalam masalah yang satu ini, tentu bergantung dari kebutuhan masing-masin pengguna smartphone itu sendiri. Karena pastinya setiap pengguna smartphone mempunyai cara dan keinginannya masing-masing.

Tapi kalau menurut admin sendiri, memiliki smartphone dengan jenis baterai Non-Removable adalah yang terbaik selain melihat spesifikasi yang ada didalamnya. Selain karena bobot smartphone menjadi lebih ringan, penggunaan baterai jenis Non-Removable ini juga dikatakan lebih awet.

Tingkat ketahanan dari kedua jenis baterai ini juga bergantung dari prilaku yang dilakukan oleh penggunanya sendiri.

Jadi, bagi kamu yang tidak suka ribet seperti admin sendiri, maka memilih ponsel yang memakai baterai jenis Non-Removable adalah pilihan yang tepat.

Mungkin itu saja sedikit ulasan mengenai perbedaan baterai Removable dan Non-Removable pada Android, semoga bermanfaat dan jangan lupa nantikan informasi menarik lainnya seputar gadget hanya disini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.