Inilah 6 Cara Menghidupkan HP Android Tanpa Tombol Power, Dijamin Work!

Cara Menghidupkan HP Android Tanpa Tombol Power

Cara Menghidupkan HP Android Tanpa Tombol Power – Seperti yang kita tahu kalau setiap smartphone itu terbuat dari dua jenis komponen seperti Hardware dan juga Software. Untuk komponen Hardware itu berbentuk sebagai komponen fisik yang dapat dirasakan secara langsung oleh penggunanya, sedangkan komponen Software itu tidak bisa dirasakan oleh penggunanya sendiri karena ini berupa sistem yang ada didalam smartphone.

Seiring berjalannya waktu, masing-masing komponen yang ada didalam sebuah smartphone pasti akan mengalami masalah entah itu bagian Hardware ataupun Software. Meski setiap masalah itu dapat diatasi, namun bagian Hardware biasanya akan lebih sulit untuk diperbaiki apalagi ponsel yang kita miliki sudah dirilis lebih dari 3-4 tahun lamanya.

Selain faktor usia, keterbatasan stock suku cadang untuk ponsel lama juga bisa menjadi penyebab sulitnya memperbaiki masalah Hardware pada sebuah smartphone.

Cara Menghidupkan HP Android Tanpa Tombol Power Untuk Semua Tipe

Salah satu hardware yang lebih sering mengalami masalah adalah tombol power. Selain faktor usia, tombol power adalah salah satu tombol fisik yang lebih sering digunakan selain tombol volume dan home. Rusaknya tombol power tentu akan membuat kita sedikit kesulitan saat ingin mematikan dan menghidupkan ponsel yang digunakan.

Lantas bagaimana cara menghidupkan HP yang tombol powernya rusak? Tentu tidaklah sulit, karena berikut ini Kampung Gadget sudah merangkumkan 6 caranya yang paling ampuh seperti berikut ini:

1. Cara Menghidupkan HP Android Tanpa Tombol Power Dengan Fitur Sensor

Cara Menghidupkan HP Android Tanpa Tombol Power Menggunakan Fitur Sensor

Cara mengaktifkan Hp android tanpa tombol power yang pertama dapat kalian lakukan dengan menggunakan fitur sensor yang ada pada smartphone. Namun cara ini hanya berguna untuk mengaktifkan layar smartphone yang sedang terkunci.

Saat ini masing-masing smartphone mempunyai fitur sensor tersendiri, mulai dari fitur Fingerprint, Fce Unlock dan masih banyak yang lainnya.

Untuk mengaktifkan fitur tersebut juga berbeda-beda di setiap smartphonya, namun pada umumnya fitur ini bisa diaktifkan melalui menu Pengaturan > lalu fitur Pengaman.

2. Cara Menghidupkan HP Android Tanpa Tombol Power Memakai Tombol Volume

Saat tombol power Hp rusak, maka kalian masih bisa menghidupkannya dengan menggunakan tombol power up atau down. Namun untuk cara ini kalian harus menginstal terlebih dahulu aplikasi pihak ketiga yang ada di Google Play Store.

Untuk langkah penggunaan aplikasi tersebut, kalian bisa menyimaknya dibawah ini.

  • Pertama instal terlebih dahulu aplikasi “Power Button to Volume Button” di Play Store
  • Setelah proses Download selesai, maka buka aplikasi tersebut
  • Berikutnya kalian bisa langsung megaktifkan opsi “Eneble/Disable” volume power
  • Jika sudah maka kalian akan disuru mengaktifkan opsi “Boot” dan “Screen Off

Selesai dan saat ini tombol volume bisa kalian gunakan untuk menghidupkan serta mematikan ponsel yang digunakan.

3. Cara Menghidupkan HP Android Tanpa Tombol Power Menggunakan SIM Ejector

Cara Menghidupkan HP Android Tanpa Tombol Power Menggunakan SIM Ejector

Mungkin masih banyak orang yang tidak tahu kalau sebenarnya SIM Ejector itu bisa digunakan untuk menyalakan ponsel tanpa menggunakan tombol power. Cara ini juga berguna bagi semua smartphone yang sudah menggunakan kartu micro SD atau nano SD.

Dalam melakukan cara ini juga cukup mudah karena kalian hanya perlu mengambil SIM Ejector dan keluarkan Tray SIM menggunakan Ejector SIM tadi. Secara otomatis ponsel kalian akan merespon dan aktif, terakhir kalian tinggal memasang kembali Tray SIM yang sudah dikeluarkan tadi.

4. Cara Menghidupkan HP Android Tanpa Tombol Power Menggunakan Double Tap to Wake

Cara yang selanjutnya ini mungkin tidak akan bisa dirasakan oleh semua pengguna smartphone, hal ini dikarenakan tidak semua ponsel mempunyai fitur Double Tap to Wake. Jadi bagi kalian yang menggunakan ponsel yang dirilis dibawah tahun 2017, mungkin fitur ini tidak akan tersedia pada ponsel kalian tapi kecuali untuk ponsel Asus.

Jika kalian berminat untuk mengaktifkan fitur ini, maka bisa langsung menyimak langkah-langkahnya dibawah ini.

  • Langkah pertama kalian harus masuk kedalam menu “Setelan” pada smartphone
  • Selanjutnya kalian masuk kedalam menu “Tentang Ponsel
  • Langkah berikutnya kalian ketuk sebanyak tujuh kali pada “Build Number
  • Jika sudah kalian tinggal kembali ke menu utama “Setelan
  • Terakhir kalian tinggal mencari menu mengaturan “Double Tap to Wake” pada menu “Setelan” dan pilih opsi “Aktifkan

Maka dengan begitu fitur Double Tap to Wake akan secara otomatis aktif di ponsel kalian.

5. Menghidupkan HP Android Tanpa Tombol Power Memakai Kabel Charger

Cara Menghidupkan HP Android Tanpa Tombol Power Memakai Kabel Charger

Cara menghidupkan Hp Android tanpa tombol power yang selanjutnya bisa dilakukan dengan memakai kabel charger.

Jadi saat smartphone kalian mengalami masalah pada tombol power, maka selain menggunakan cara diatas itu kalian juga boleh mencoba cara sederhana berikut ini.

  • Pertama kalian hanya perlu menyiapkan charger
  • Kemudian hubungkan charger ke ponsel kalian
  • Saat layar sudah menyala maka cabut kembali kabel charger tersebut

Bagaimana, sangat mudah bukan? Selain menggunakan kabel charger, kalian juga bisa memakai Power Bank untuk melakukan cara tersebut.

6. Cara Menghidupkan HP Android Tanpa Tombol Power Memakai Aplikasi Tambahan

Terakhir kalian juga bisa memakai aplikasi tambahan untuk mengganti fungsi tombol power yang sedang bermasalah pada smartphone kalian.

Untuk saat ini sudah ada banyak aplikasi pihak ketiga yang bisa kalian gunakan untuk mengganti fungsi tombol power yang rusak. Salah satu rekomendasi aplikasi yang pernah admin gunakan adalah “Power Buton to Volume Buton” dan cara penggunannya juga sudah dijelaskan diatas tadi.

Selain aplikasi tersebut, kalian juga bisa menggunakan aplikasi lainnya seperti:

  • Cerdas Layar On/Of
  • Layar Pintar On Off
  • Gravity Screen-On/Off
  • Power On

Tentu selain yang sudah dijelaskan diatas, masih ada banyak aplikasi lainnya yang bisa kalian gunakan untuk mengganti fungsi tombol power yang sedang rusak.

Baik, mungkin itu saja sedikit rangkuman informasi yang bisa Kampung Gadget rangkumkan mengenai cara menghidupkan HP Android tanpa tombol power, semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Gambar Gravatar
Sangat suka menulis dan utak atik HP dari kecil!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.