Penyebab dan Cara Memperbaiki Data Seluler yang Tidak Muncul di Android Terbaru!

Cara Memperbaiki Data Seluler Yang Tidak Muncul

Kampung Gadget – Apakah dari kalian ada yang pernah mengalami masalah seperti sinyal internet atau data seluler yang tidak muncul? Apabila iya, maka kalian tidak usah khawatir, sebab ada cara memperbaiki data seluler yang tidak muncul pada ponsel Android.

Hilangnya sinyal internet tentu akan membuat kita kesulitan saat menggunakan beberapa palikasi yang membutuhkan koneksi internet. Jadi hal juga akan menjadi sebuah mimpi buruk bagi orang yang menggunakan ponsel Android, karena hampir 90% aplikasi yang ada didalamnya itu membutuhkan koneksi internet untuk bisa bekerja.

Namun sebelum kita melihat bagaimana cara memperbaiki masalah tersebut, ada baiknya kita cari tahu dulu tentang apa yang menjadi penyebab hilangnya data seluler pada ponsel Android kita. Karena dengan cara ini kita akan lebih mudah untuk memperbaikinya masalahnya.

Penyebab Data Seluler Tidak Muncul di Ponsel Android

Pada umumnya penyebab hilangnya sinyal internet atau data seluler yang ada pada ponsel Android kita, bisa dikarenakan oleh banyak faktor dan beberapa diantaranya itu sering diabaikan oleh sebagian orang.

Nah, berikut ini adalah beberapa faktor umum yang menjadi penyebab data seluler tidak muncul pada ponsel Android.

Kartu SIM yang belum diregistrasi: Penyebab yang pertama, bisa datang dari kartu SIM yang belum didaftarkan. Dimana saat kita ingin menggunakan layanan internet dari provider yang ada di Indonesia, maka kita wajib untuk melakukan registrasi terlebih dahulu.

Hilangnya sinyal di ponsel: Penyebab hilangnya data selular pada ponsel Android itu juga bisa disebabkan oleh tidak adanya layanan internet dari kartu SIM yang digunakan. Atau mungkin juga ini karena ditempat tinggalmu itu tidak terjangkau oleh jaringan internet.

Adanya gangguan pada operator: Selain penyebab diatas, adanya masalah pada layanan operator yang sedang kita gunakan juga bisa menjadi penyebab data selular tidak muncul di ponsel Android.

Terjadi kerusakan pada Hardwere: Penyebab selanjutnya yang membuat sinyal internet kalian hilang adalah adanya masalah atau kerusakan pada sistem Hardwere. Masalah ini lebih sering terjadi pada ponsel Android versi lama.

APN yang berubah: Faktor yang terakhir bisa juga terjadi karena data APN pada ponsel kalian yang hilang atau kosong.

Selain beberapa penyebab yang sudah dijelaskan diatas, memang masih ada faktor lain yang memicu timbulnya masalah tersebut. Namun berdasarkan informasi yang admin kutip dari Make Tech Easier, 5 faktor itulah yang menjadi penyebab hilangnya data seluler secara umum.

Cara Memperbaiki Data Seluler yang Tidak Muncul di Android

Setelah kita sudah tahu mengenai beberapa penyebab hilangnya data seluler pada ponsel Android, maka untuk selanjutnya kita akan melihat tentang cara memperbaiki data selular yang tidak muncul di ponsel Android. Untuk informasi lengkapnya adalah sebagai berikut.

1. Menyetel ulang jaringan

Cara yang pertama kalian bisa memperbaiki masalah tersebut dengan melakukan penyetelan ulang koneksi internet pada ponsel Android. Untuk melakukan penyetelan ulang jaringan yang ada di HP Android, kalian bisa menggunakan kode dial “##72786#“.

Tapi cara ini hanya berlaku untuk kalian yang menggunakan ponsel Android dengan jaringan CDMA saja.

2. Aktifkan mode pesawat

Cara lain yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi masalah tersebut adalah mengaktifkan mode pesawat yang ada pada ponsel Android. Aktifkan mode pesawat dan tunggu selama 30-60 detik, setelah itu kalian bisa mematikannya kembali.

3. Registrasi kartu SIM

Setelah melakukan cara diatas, tapi masalah yang kalian alami masih belum selesai, maka kemungkinan besar kartu SIM yang digunakan belum terdaftar.

Jadi kalian harus mendaftarkan kartu SIM yang digunakan melalu aplikasi SMS yang ada pada ponsel kalian. Gunakan format “nomorKTP#nomorKK#” kemudian kirim ke 4444.

4. Menyetel ulang APN

APN atau Access Point Names adalah sarana yang digunakan oleh penyedia jaringan seluler yang ada di Indonesia. Untuk menyetel ulang APN tidaklah sulit, karena kamu bisa mengikuti langkah-langkahnya dibawah ini.

  • Buka “Setelan” yang didalam ponsel
  • lalu pilih menu “Mobile Data” kemudian “Mobile Networks
  • Setelah itu cari “Acces Point Names
  • Terakhir ketuk ikon yang ada di kanan atas lalu pilih “Reset Default

Setelah itu, tunggu sampai prosesnya selesai. Jika sudah coba matikan dan hidupkan kembali ponsel kalian serta coba gunakan untuk mengakses jaringan internet.

Jika setelah melakukan cara diatas dan masalah yang kamu alami masih terjadi, maka kemungkinan besar Hardware yang ada pada ponsel kalian mengalami masalah atau rusak. Jadi untuk mengatasinya kalian harus membawa ponsel ke tempat service.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.