Cara Membuat Email di HP

Cara Membuat Email di HP Langsung Jadi

Cara Membuat Email di HP – Di zaman yang semakin moderen seperti sekarang ini, kita sebenarnya sudah tidak perlu lagi pergi ke kantor pos hanya untuk mengirimkan sebuah surat atau dokumen tertentu. Sebab semua hal itu sudah bisa kita lakukan melalui perangkat Android dengan menggunakan Email.

Email sendiri mempunyai kepanjangan yang artinya electronic mail, yaitu pesan atau surat dengan format digital. Sekarang ini, hampir semua orang sudah mempunyai alamat email-nya masing-masing, mulai dari anak-anak sampai orang dewasa pun memiliki email.

Selain itu, email sendiri juga bisa dijadikan sebagai suatu identitas yang harus dimiliki oleh seseorang untuk menunjang pekerjaan sehari-hari. Namun untuk mereka yang juga ingin menggunakan layanan dari Google, wajib mempunyai alamat email.

Meski membuat email di HP itu terdengar mudah, namun ternyata masih banyak orang yang belum tahu cara untuk membuatnya. Oleh karena itu, dalam pembahasan kali ini saya akan menjelaskan untuk kalian tentang cara membuat email baru di HP Android. Informasi selengkapnya bisa kalian simak di bawah ini.

Kenapa Harus Membuat Gmail?

Kenapa Harus Membuat Gmail

Sebelum kita lanjut ke pembahasan cara membuat email baru di HP Android, di sini saya juga ingin menjawab sebuah pertanyaan yang masih banyak orang menanyakannya. Pertanyaannya, kenapa kita harus membuat Gmail di HP Android?

Jawabannya sebenarnya sangat sederhana saja, kok. Ini karena hampir sebagian layanan yang di gunakan oleh perangkat Android itu merupakan milik Google. Memang kita bisa tidak membuat akun email pada perangkat Android, jika tidak ingin memakai layanan dari Google.

Tapi itu akan membuat ponsel pintar kita terlihat seperti HP jadul, yang hanya bisa di gunakan untuk mengirim SMS dan telpon saja. Sangat di sayangkan sekali bukan? Ponsel dengan harga jutaan hanya bisa di gunakan mengirim SMS dan telponan saja.

Maka dari itulah, seluruh pengguna HP Android wajib mempunyai satu akun email di ponselnya. Karena dengan begitu kita bisa memakai semua layanan yang di miliki oleh Google. Selain yang saya jelaskan tadi, masih ada keuntungan lain yang bisa kita rasakan jika mempunyai akun gmail di HP, seperti:

  • Bisa menggunakan seluruh produk dari Google seperti Google Docs, Google Maps, Google Playstore dan masih banyak lagi yang lainnya.
  • Tentu saja semua produk dari Google itu gratis.
  • Mendapatkan penyimpanan data yang cukup besar dan gratis.
  • Sinkronisasi Chrome.
  • Dan lainnya.

Perlu juga kalian ketahui, kalau tutorial cara membuat email di HP yang akan saya sampaikan di sini itu bisa di gunakan pada semua perangkat Android. Mulai dari HP Xiaomi, Samsung, Oppo, Asus, Realme, Vivo dan HP Android lainnya.


Cara Membuat Email di HP Langsung Jadi

Untuk membuat email di HP Android itu sebenarnya mudah jika kita sudah tahu caranya dan email yang kita buat juga langsung bisa di gunakan. Namun sebelum itu, pastikan juga kalau di HP kalian sudah ter-install aplikasi Gmail dari Google. Jika belum, kalian bisa mendownloadnya terlebih dahulu melalui Google Playstore yang ada di HP Android.

Jika sudah, berikut cara membuat email baru di HP Android:

  1. Buka aplikasi Gmail dan pilih menu Add on email address.
  2. Lalu kalian akan di arahkan ke halaman Set up Email, dan pilih saja Google.
  3. Untuk membuat email, kalian pilih menu Creat account.
  4. Selanjutnya pilih For myself.
  5. Sekarang kalian bisa isikan nama depan dan nama belakang, lalu klik Next.
  6. Masukkan tanggal lahir dan jenis kelamin kalian dan jika sudah pilih menu Next.
  7. Jika sudah, sekarang kalian harus membuat password dan buat dengan kombinasi angka, huruf dan simbol.
  8. Apabila password yang kalian buat sudah sesuai, maka tap kembali menu Next.
  9. Pada halaman ini, kalian bisa memasukkan nomor telepon yang masih aktif.
  10. Bila tidak ingin menambahkan nomor telepon, kalian bisa tap menu Skip (lewati).
  11. Selanjutnya kalian periksa kembali informasi akun yang sudah di buat tadi, jika sudah sesuai klik Next.
  12. Klik saja I Agree jika halaman Syarat dan Ketentuan terbuka.
  13. Jika kalian ingin mem-backup seluruh data ke Google Drive, maka pilih Accept.
  14. Selesai, kalian sudah berhasil membuat akun gmail baru di HP.

Penting juga untuk kalian ketahui, kalau sebaiknya kalian menambahkan nomor telepon ke akun Gmail tadi. Karena ini akan memudahkan kalian nantinya jika lupa password Gmail sendiri. Jika tidak, kalian beresiko kehilangan akun Gmail tersebut, lho.

Cara Membuat Email Baru di HP yang Sudah Ada Emailnya

Sebenarnya cara membuat email baru dan menambahkan email baru di HP yang sudah mempunyai email itu tidaklah jauh berbeda. Karena prosesnya hampir sama, dan data yang kalian masukkan juga seperti membuat akun email baru di HP tadi.

Tapi jika kalian masih merasa bingung, maka berikut cara membuat email baru di HP yang sudah ada emailnya:

  1. Buka Pengaturan pada HP Android.
  2. Lalu scroll kebawah, kalian pilih menu Google.
  3. Nanti akan muncul halaman yang berisikan akun email yang sudah tersimpan pada HP.
  4. Di sini kalian klik saja tanda panah kebawah di samping akun.
  5. Setelah itu pilih menu Tambahkan Akun Lain.
  6. Jika sudah, tap menu Buat Akun, lalu pilih lagi Untuk diri sendiri.
  7. Masukkan nama depan dan belakang dan klik menu Berikutnya.
  8. Pada halaman ini, kalian masukkan tanggal lahir dan jenis kelamin, kemudian klik Berikutnya.
  9. Biasanya di sini kalian akan melihat saran nama Gmail, jika ingin membuat yang baru, maka pilih Buat alamat Gmail Anda sendiri. Masukkan nama Gmail yang di inginkan, setelah itu klik menu Berikutnya.
  10. Sekarang kalian buat password dengan kombinasi angka, huruf dan simbol, lalu pilih Berikutnya.
  11. Di halaman ini kalian akan di minta untuk memasukkan nomor telepon. Jika tidak, kalian bisa pilih Lewati.
  12. Setelah itu akan muncul akun gmail yang sudah kalian buat, pilih saja Berikutnya.
  13. Pada halaman Privasi dan Persyaratan, kalian pilih Saya Setuju.
  14. Selesai, akun Gmail yang baru kalian buat itu sudah aktif dan bisa langsung di gunakan.

Jika kalian merasa kurang yakin dengan password pada akun email yang di buat tadi, maka kalian bisa coba melihat password gmail sendiri lalu mengubahnya dengan yang baru.

Penutup

Bagaimana, sangat mudah sekali bukan cara membuat email di HP Android? Jadi sekarang kalian tidak perlu pusing-pusing lagi saat ingin membuat akun email bari pada HP, karena dengan mengikuti tutorial di atas, akun email yang kalian buat bisa langsung jadi.

Sedikit informasi penting untuk kalian, jika memang kalian berencana untuk membuat email yang digunakan dalam jangka panjang, maka ada baiknya untuk menambahkan nomor telepon kedalam akun. Karena selain akan mempermudah kalian saat reset password, dengan menambahkan nomor telepon aktif itu juga bisa membuat akun email kalian tambah aman.

Namun keputusan itu ada pada diri kalian masing-masing, karena di sini saya hanya sebatas memberikan saran saja, ya.

Jadi, mungkin itu saja sedikit informasi tentang cara membuat email di HP Android yang bisa saya sampaikan. Jika ada pertanyaan seputar pembahasan di atas, maka jangan ragu untuk menuliskannya di kolom komentar, ya.

Semoga bermanfaat.

Gambar Gravatar
Sangat suka menulis dan utak atik HP dari kecil!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.