10 Kelebihan dan Kekurangan Oppo A92 Terbaru di Tahun 2020

Kelebihan dan Kekurangan Oppo A92

Kelebihan dan Kekurangan Oppo A92 – Jika kita lihat dari namanya, Oppo A92 ini merupakan generasi penerus dari Oppo A91 yang dirilis beberapa bulan lalu. Dimana Oppo A91 ini hadir secara resmi di pasar gadget Indonesia pada bulan Maret dan untuk Oppo A92 ini hadir pada bulan Mei 2020.

Selain jaraknya yang berdekatan, ternyata kedua smartphone tersebut juga mempunyai harga yang relatif hampir sama. Dimana Oppo A91 dan Oppo A92 ini dibandrol dengan harga di bawah 4 jutaan saja, tapi untuk urusan spesifikasi ternyata kedua smartphone ini memiliki perbedaan.

Spesifikasi Oppo A92

Memang untuk masalah harga, kedua ponsel tersebut jelas tidak jauh berbeda. Tapi untuk urusan spesifikasi, Oppo A92 ini mempunyai beberapa spesifikasi yang tidak ada pada Oppo A91 sebelumnya. Untuk lebih detail, kalian bisa menyimak spesifikasi Oppo A92 dibawah ini.

  • Teknologi layar: IPS LCD 6.5 inches 1080 x 2400 piksel
  • Chipset: Qualcomm SM6125 Snapdragon 665 (11 nm)
  • CPU: Octa-core (4×2.0 GHz Kryo 260 Gold & 4×1.8 GHz Kryo 260 Silver)
  • GPU: Adreno 610
  • RAM: 8 GB
  • Memori Internal: 128 GB
  • Memori Eksternal: microSDXC (dedicated slot)
  • Kamera Belakang: Quad 48 MP + 8 MP + 2 MP + 2 MP
  • Kamera Depan: 16 MP
  • Baterai: Li-Po 5000 mAh

Lihat spesifikasi selengkapnya…

Jika dibadingkan dengan spesifikasi Oppo A91, ternyata Oppo A92 memiliki sedikit perbedaan yang memang tidak terlalu jelas jika dilihat dengan kasat mata. Namun salah satu perbedaannya itu ada pada versi Android dan ColorOS yang digunakan oleh masing-masing smartphone tersebut.

Kelebihan Oppo A92

Seperti hanya smartphone lainnya, dimana Oppo A92 ini juga memiliki beberapa keunggulan yang membuat ponsel ini layak untuk dipilih. Barikut adalah beberapa kelebihan yang akan kamu rasakan, seperti.

1. Desain yang Keren

Saat ini Oppo A92 ini hadir di pasar Gadget Indonesia dengan mengusung 3 varian warna yang cukup menarik seperti twilight black, aurora purple dan juga shining white. Namun untuk varian warna yang lebih populer saat ini adalah aurora purple.

Selain varian warna yang cukup keren, bagian belakang bodi Oppo A92 ini juga dilapisi dengan polikarbonat yang dikombinasikan dengan bingkai bagian belakang yang sudah sepenuhnya metal. Konsep ini tidak hanya membuat desain dari Oppo A92 lebih terlihat menarik tetapi juga tergolong nyaman saat digengam.

2. Harga yang Relatif Terjangkau

Untuk masalah harga, Oppo A92 ini dibandrol dengan harga yang cukup terjangkau bagi kaum muda yang menginginkan sebuah ponsel dengan desain kekinian. Dimana, untuk saat ini Oppo A92 ini berada dikisaran harga 3 jutaan saja.

Cukup terjangkau bukan! Apalagi desain bodi yang keren ditambah fitur serta spesifikasi cukup lengkap, membuat ponsel ini layak ada di saku baju kalian.

3. Teknologi Layar yang Oke

Selain masalah harga, Oppo A92 juga mempunyai kelebihan lain yang akan kamu rasakan saat membeli ponsel ini. Yup, kelebihan ini ada pada teknologi layar yang digunakan oleh Oppo A92.

Meski Oppo A92 tidak hadir dengan panel Super AMOLED seperti yang dimiliki oleh Oppo A91, tidak lantas membuat layar Oppo A92 menjadi terlihat murahan. Hal ini karena layar Oppo A92 ini memiliki resolusi 1080 x 2400 px dengan ukuran 6.5 inci serta kerapatannya mencapai 405 ppi.

4. Fitur Sidik Jari yang Berbeda

Jika biasanya smartphone memiliki fitur sidik jari yang ada dibagian belakang, namun berbeda dengan Oppo A92. Sebab Oppo A92 ini hadir dengan fitu sidik jari yang berada di bagian samping atau dekat dengan tombol power.

Penempatan sensor sidik jari dibagian sampiang tentu akan menjadi kelebihan tersendiri dibandingkan dengan smartphone lainnya. Selain itu dengan posisi sensor sidik jari yang dekat dengan tombol power, maka ini akan membuat proses membuka ponsel akan menjadi lebih cepat.

5. Kapasitas Baterai yang Cukup Besar

Untuk masalah ketahanan, Oppo A92 ini bisa kamu hadalkan. Ini karena Oppo A92 hadir dengan baterai berkapasitas 5.000 mAh. Meski tidak terlalu istiwah, tapi ukuran baterai tersebut tergolong besar dibandingkan dengan pesaing lainnya.

Kapasitas baterai Oppo tidak hanya besar, tapi daya tahannya juga tergolong sangat lama. Untuk pemakaian biasa, baterai Oppo A92 bisa bertahan seharian penuh.

6. Proses Pengisian Daya yang Cepat

Selain kapasitas baterai yang terbilang besar, Oppo A92 juga memiliki teknologi pengisian daya yang cukup cepat (18W). Pihak Oppo juga mengklaim kalau Oppo A92 dapat mengisi daya secara penuh hanya dengan watu 80 menit saja.

Meski saat ini sudah ada banyak produk smartphone direntang harga 4 jutaan dengan mengusung fast charging 20W, tapi proses pengisian daya pada Oppo A92 tidaklah terlalu buruk.

7. Hadirnya ColorOS 7.1 Dengan Android 10

Oppo A92 hadir dengan menawarkan ColorOs 7.1 yang berbasis Android 10. Dengan hadirnya ColorOS 7.1 ini tentu akan memberikan nilai plus untuk Oppo A92, apalagi ColorOS 7.1 ini menawarkan banyak fitur yang menarik serta tampilan yang lebih baik.

ColorOS 7.1 juga hadir dengan beberapa fitu unggulan seperti Quick Tools, customized ikon otomatis, mode gelap dan masih banyak lagi. Tentu kehadiran fitur tersebut akan membuat pengguna Oppo A92 mempunyai kenyamanan serta pengalaman yang lebih baik.

8. Kapasitas Memori yang Besar

Kelebihan Oppo A92 yang selanjutnya ada pada bagian Memori Internal dan juga RAM. Dimana Oppo membekali ponselnya ini dengan RAM berkapasitas 8GB serta ruang penyimpanan berkapasitas 128GB. Tentu ini juga merupakan kapasitas memori yang paling besar dikelas harga dibawah 4 jutaan.

Kekurangan Oppo A92

Setelah kita melihat secara jelas mengenai beberapa kelebihan yang ada pada Oppo A92, maka untuk selanjutnya kita akan melihat apa saja kekurangan yang ada pada smartphone ini. Dari pengalaman pribadi, admin merasakan 2 kekurangan pada Oppo A92 seperti.

1. Kualitas Kamera yang Tidak Terlalu Istiwah

Seperti yang sudah kita lihat diatas, kalau Oppo A92 ini hadir dengan kamera 4 lensa kamera belakang, dimana lensa utama adalah 48 MP, lensa ultrawide 8 MP, lensa micro 2 MP dan lensa depth sensor adalah 8 MP. Sedangkan untuk kamera selfie, Oppo A92 hadir dengan lensa berukuran 16 MP.

Untuk masalah kualitas, kamera belakang dari Oppo A92 ini sebenarnya biasa saja, meski kamera utamanya memiliki lensa 48 MP. Selain itu, hasil foto dari kamera utamanya ini juga tidak terlalu tajam atau hampir sama dengan kamera smartphone biasanya.

2. Chipset yang Biasa Saja

Kekurangan yang selanjutnya dapat kalian lihat pada bagian chipset yang digunakan oleh Oppo A92. Dimana Oppo A92 ini dibekali dengan chipset Qualcomm Snapdragon 665 yang tergolong sama persis dengan Oppo seri A sebelumnya.

Untuk urusan performa, Oppo A92 memiliki performa yang tidak jauh berbeda dengan saudara lainnya seperti Oppo A9, Oppo A5 dan juga dengan Oppo A52. Jadi penggunaan chipset Snapdragon 665 pada Oppo A92 ini tidak bisa dibilang spesial dan cenderung menjadikannya biasa saja.

Kesimpulan

Jika dilihat dari seluruh pembahasan diatas, maka dapat kita ambil kesimpulan kalau Oppo A92 ini masih tetap layak untuk kalian miliki. Meski ada beberapa kekurangan, namun secara overall smartphone ini masih mempunyai beberapa keunggulan yang bisa kamu banggakan.

Selain tampilan bodi yang cukup elegan, Oppo A92 juga memiliki beberapa fitu unggulan yang tidak dimiliki oleh ponsel Oppo di seri A sebelumnya.

Tapi jika saat ini kalian mungkin sedang mencari sebuah ponsel dengan kualitas kamera diatas rata-rata, maka Oppo A92 ini bukan sebuah pilihan buat kalian. Seperti yang sudah dijelaskan diatas kalau hasil foto dari kamera Oppo A92 ini hanya biasa saja dan cenderung sama dengan kamera smartphone yang ada di rentang harga 3 jutaan lainnya.

Baik, mungkin itu saja sedikit pembahasan mengenai kelebihan dan kekurangan Oppo A92 yang bisa Kampung Gadget hadirkan, semoga bermanfaat untuk kalian semuanya. Jangan lupa nantikan tips keren seputar gadget lainnya hanya disini.

Gambar Gravatar
Sangat suka menulis dan utak atik HP dari kecil!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.