Cara Mengirim Tugas di Google Classroom

Cara Mengirim Tugas di Google Classroom Lewat HP

Cara Mengirim Tugas di Google Classroom – Mungkin dari kalian pastinya sudah tahu, kalau Google Classroom itu sengaja di desain sedemikian rupa agar mudah di gunakan oleh semua orang. Tidak mengherankan juga kalau Classroom mempunyai banyak pengguna dari berbagai kalangan masyarakat.

Karena merupakan platform kelas online, sudah pasti Google Classroom ini mempunyai fungsi untuk mengirimkan tugas. Sehingga anggota atau siswa yang ada di dalam kelas bisa belajar dan mengerjakan tugas secara online.

Untuk tugas yang bisa kita kirim di dalam kelas, biasanya akan berupa sebuah dokumen. Seperti PDF ataupun tugas dengan format Word.

Nah, jika kalian saat ini sedang bingung tentang cara mengirim tugas ke kelas di Google Classroom. Maka tidak usah khawatir, sebab kalian bisa mengikuti panduan lengkapnya di artikel ini.

Cara Mengirim Tugas di Google Classroom

Sebelum kalian mengirim tugasnya, ada baiknya di pastikan terlebih dahulu, apakah sudah sesuai atau belum. Hal ini dilakukan agar kalian nanti tidak harus repot-repot lagi untuk memperbaiki jawaban yang salah.

Agar tidak terlalu panjang, berikut ini panduan cara mengirim tugas di Google Classroom.

  1. Langkah pertama, silakan kalian buka dulu aplikasi Google Classroom pada HP.
  2. Lalu pilih kelas yang sudah mempunyai tugas.
  3. Kemudian kalian pilih tugas yang mau di kerjakan.
  4. Berikutnya tekan tombol Tambahkan Tugas.
  5. Maka akan muncul beberapa opsi, silakan pilih Upload.
  6. Di sini kalian cari serta pilih file yang ingin di upload.
  7. Apabila sudah sesuai, silakan tekan menu Serahkan untuk mengirim tugasnya.
  8. Biasanya akan muncul notifikasi, pilih saja opsi Serahkan.
  9. Selesai dan tugas berhasil terkirim.

Tutorial tadi itu saya menggunakan HP dengan bantuan aplikasi Google Classroom. Jika kalian ingin mengirim tugas menggunakan laptop atau PC, saya rasa langkah-langkahnya tidak jauh berbeda dengan yang tadi.

Termasuk juga ketika kalian ingin mengirim sebuah video ke kelas di Google Classroom, prosesnya kurang lebih masih sama. Hanya saja nanti akan ada sedikit penyesuaian saat mengirim videonya.


Baca Juga : Cara Membuat Absen di Google Classroom


Cara Menambahkan Catatan Kalau Pengiriman Tugas Terlambat

Ketika mendapatkan sebuah tugas dan menyelesaikannya, tidak sedikit dari orang yang bisa saja mengalami keterlambatan dalam mengirimkan tugas tersebut.

Meski sudah terlambat, sebaiknya kalian tetap mengirimkan tugas yang sudah selesai dibuat itu ke kelas Google Classroom. Ini karena meski tugas yang kita kirimkan sudah terlambat dari waktu pengumpulan, namun tetap saja tugas itu akan sampai ke pengajar.

Hanya saja nanti akan ada sebuah catatan keterlambatan dalam mengirimkan tugas. Baik itu pada akun kita sebagai siswa, catatan ini juga akan muncul ke pengajar dalam bentuk notifikasi. Contoh catatan yang saya jelaskan di sini, bisa kalian lihat pada gambar di atas.

Sedikit Tambahan:

Ada baiknya kalian memberikan alasan kenapa terlambat dalam mengirimkan tugas tersebut. Bisa berupa komentar di halaman tugasnya atau bisa juga dengan mengirimkan sebuah pesan pribadi ke pengajarnya.

Cara Menghapus Jawaban yang Salah Didalam Tugas

Di Google Classroom, kita tidak hanya bisa mengirimkan tugas yang terlambat, namun juga bisa menghapus jawaban yang salah. Memang bisa? Tentu saja bisa dan caranya ialah dengan mengganti tugas yang di kirim sebelumnya dengan tugas baru.

Yang terpenting, pastikan dulu waktu tenggangnya belum habis dan tugas yang kalian kirim belum di nilai oleh pengajarnya ya.

Panduan lengkapnya seperti ini:

  • Pertama buka dulu aplikasi Google Classroom.
  • Lalu pilih menu Tugas Kelas.
  • Kemudian cari tugas yang ingin kalian perbaiki.
  • Jika sudah, silakan tekan menu Batalkan Pengiriman.
  • Sekarang pilih opsi Batalkan Pengiriman untuk mengkonfirmasi.
  • Berikutnya tekan ikon Close pada tugas sebelumnya.
  • Tekan menu Hapus untuk menghilangkan tugas sebelumnya.
  • Kalau sudah, tekan kembali Tambahkan Tugas.
  • Selanjutnya kalian tap opsi Upload lalu cari tugas yang sudah di perbaiki.
  • Tekan menu Serahkan.
  • Langkah terakhir tinggal melakukan konfirmasi dengan menekan menu Kirim Ulang.
  • Selesai.

Dengan membatalkan pengiriman tugas yang sudah kalian kirimkan pertama kali itu juga akan membuat tugas tersebut hilang dari penyimpanan pengajar. Jadi nantinya tugas yang akan muncul di penyimpanan pengajar adalah tugas yang sudah kalian perbaiki.


Baca Juga : Cara Mengarsipkan Kelas di Google Classroom


Penutup

Bagi kalian yang sekarang masih kesulitan dalam mengirim tugas di Google Classroom, semoga dengan panduan di atas bisa membantu. Oh ya, untuk pengiriman tugas via dokumen di sini juga tidak ada batas pastinya berapa ukuran maksimal dari dokumen yang bisa kita kirim.

Tapi yang terpenting, pastikan saja dokumen yang di kirim ke kelas itu sudah didukung oleh Classroom. Sebaiknya gunakan format yang umum, seperti PDF misalnya.

Jika masih ada yang kurang jelas atau kalian mempunyai pertanyaan seputar pembahasan di atas, silakan tuliskan pada kolom komentar.

Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.