Cara Menghapus Duplikat Kontak

Cara Menghapus Duplikat Kontak di Android dan iPhone dengan benar

Cara Menghapus Duplikat Kontak – Hal ini mungkin akan terkesan sepele bagi sebagian orang, mungkin kamu salah satunya. Namun bisa dikatakan demikian jika duplikat kontak pada smartphone kalian masih dalam hitungan biji saja, karena lain ceritanya jika sudah dalam hitungan ratusan ataupun ribuan. Tentu akan berubah menjadi tugas yang menyebalkan bukan?

Melakukannya dengan cara manual memang bisa kita lakukan, tapi itu jika duplikat kontak di ponsel kalian masih sedikit. Sebab jika dalam jumlah yang banyak, seratus atau seribu kontak duplikat, tentu tidak akan mudah dikerjakan secara manual. Karena kalian akan membutuhkan waktu yang panjang serta konsentrasi yang bagus agar tidak salah menghapus kontak nantinya.

Tapi sekarang lupakan saja rencana kalian untuk menghapus duplikat kontak yang ada itu satu persatu. Karena ada alternatif lain yang bisa kalian coba lakukan dan pastinya lebih menghemat waktu berharga yang kalian miliki. Penasaran dengan caranya? Yuk, simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

Cara Menghapus Duplikat Kontak di Android

Cara Menghapus Duplikat Kontak di Android

Terkadang smartphone Android itu bisa menyimpan kontak yang sama hingga dua atau lebih didalam telepon. Hal ini biasanya sering terjadi ketika kalian melakukan factory reset ataupun melakukan sinkronisasi kontak sebelumnya.

Bagi sebagian orang, tentu hal ini akan terasa sangat menyebalkan, apalagi untuk kalian yang sering melakukan panggilan biasa. Karena melihat banyak kontak dengan nama yang sama, pasti akan membuat kita bingung saat memilih nomor kontak yang ingin dicari.

Maka dari itu, di sini saya sudah menyiapkan 3 cara yang bisa kalian gunakan ketika ingin menghapus duplikat kontak di Android. Namun sebelum itu, ada baiknya kalian melakukan backup terlebih dahulu pada kontak yang tersimpan didalan ponsel. Ini untuk mencegah hal-hal yang tidak terduga terjadi selama proses penghapusan duplikat kontak berlangsung.

1. Langsung Melalui Kontak pada Telepon

Saat ini sudah banyak ponsel Android yang dibekali dengan fitur ‘merge’¬†(menggabungkan) kontak bawaan, meski tidak semuanya juga, sih. Namun fitur tersebut akan memindai semua kontak serta menghapus kontak duplikat dengan nomor dan alamat email yang sama.

Cara menghapus duplikat kontak yang benar itu seperti ini:

  1. Buka aplikasi Kontak yang ada pada ponsel.
  2. Lalu tap tombol Menu.
  3. Berikutnya kalian pilih opsi Merge Accounts.
  4. Setelah itu tekan kembali menu Merge From Google.
  5. Terakhir tap menu OK dan tunggu sampai prosesnya selesai.

Namun perlu juga untuk kalian ketahui kalau proses ini akan menggabungkan akun yang ada didalam kontak untuk menghapus kontak duplikat yang sudah dibuat oleh beberapa akun. Karena itu, cara ini mungkin belum bisa membantu kalian dalam mengatasi semua duplikat kontak pada HP Android.

2. Menghapus Duplikat Kontak di Android Dengan Gmail

Menghapus Duplikat Kontak di Android Dengan Gmail

Apabila biasanya kalian sering melakukan backup data, maka kemungkinan besar kalian juga ikut mengaktifkan fitur sinkronisasi kontak dengan gmail. Dimana fitur ini memang merupakan bawaan semua HP Android, yang bekerja untuk menyinkronkan semua kontak dengan akun Gmail.

Untuk mengatasi masalah duplikat kontak di Android, kalian juga bisa melalui pengaturan pada Gmail. Sehingga kalian bisa menghapus semua duplikat kontak yang ada didalam ponsel tanpa harus menyentuhnya langsung. Jika berminat, langkah-langkahnya itu seperti ini:

  1. Pertama buka akun Gmail yang kalian miliki.
  2. Lalu klik saja menu Contacts.Menghapus Duplikat Kontak di Android Melalui Akun Gmail
  3. Maka kalian akan melihat semua kontak yang tersimpan.
  4. Langsung saja klik menu More.
  5. Kemudian pilih opsi Find Duplicates.
  6. Tunggu beberapa saat, maka kalian akan di tampilkan beberapa duplikat kontak yang ada didalam ponsel.
  7. Kalian dapat menghapus tanda centang pada kontak jika ingin membiarkan kontak tersebut tetap tersimpan.
  8. Apabila sudah, langsung saja pilih menu Merge dan tunggu sampai prosesnya selesai.

Cara ini hanya akan berfungsi jika semua kontak yang ada di smartphone kalian itu terhubung dengan akun Gmail.

3. Menggunakan Aplikasi Duplicate Contacts

Sekarang ini sudah ada banyak sekali aplikasi yang bisa membantu kita saat ingin menghapus duplikat kontak di Google Playstore. Meski ada banyak sekali aplikasi, namun dalam tutorial kali ini saya hanya membagikan satu jenis aplikasi saja. Dimana aplikasi ini bernama Duplicate Contacts dan merupakan salah satu aplikasi yang sering saya gunakan.

Apabila kalian tertarik, maka begini cara penggunaanya:

  • Download terlebih dahulu aplikasi Duplicate Contacts.
  • Setelah selesai, langsung buka aplikasinya.
  • Dihalaman utama, aplikasi ini akan secara otomatis memindai dan menampilkan duplikat kontak yang ada pada HP kalian.
  • Lalu kalian juga bisa menghapus tanda centang pada setiap kontak jika masih ingin menyimpannya.
  • Kemudian klik menu Deleted Selected.
  • Terakhir tekan menu Yes.

Sekarang duplikat kontak pada ponsel kalian akan hilang tanpa tersisa.

Cara Menghapus Duplikat Kontak di iPhone

Sedikit berbeda dengan ponsel Android, dimana pada iPhone biasanya duplikat kontak bisa tercipta karena kesalahan penggunanya. Biasanya bagi mereka yang sudah menyimpan banyak nomor kontak sering kelupaan kalau sebenarnya iya sudah memasukan nomor kontak yang sama sebelumnya.

Sehingga hal ini sering membuat nomor kontak tersebut menjadi duplikat. Bahkan anehnya lagi, kondisi ini bisa terjadi hingga 2 sampai 3 kontak yang memiliki nomor sama tersimpan didalam iPhone. Tapi kalian tidak perlu khawatir karena ada sebuah cara yang akan membantu untuk mengatasi permasalahan ini. Berikut informasi lengkapnya untuk kalian.

1. Dengan Aplikasi Contacts Cleaner

Salah satu cara yang paling mudah untuk menghapus duplikat kontak di iPhone adalah dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga di App Store. Ada banyak sekali pilihan aplikasi yang bisa membantu kalian untuk menghapus duplikat kontak di iPhone, salah satunya itu bernama Cleaner.

Aplikasi tersebut sangat simpel dan mudah untuk kalian operasikan, namun sangat berguna untuk menghapus duplikat kontak. Bila kalian penasaran, cara pemakaiannya itu seperti ini:

  1. Pertama-tama kalian harus menginstall aplikasi Cleaner di App Store.
  2. Setelah itu, langsung saja buka aplikasinya.
  3. Dalam halaman utama, kalian pilih menu Duplicate Contacts.
  4. Maka akan muncul banyak beberapa nama kontak duplikat yang tersimpan di iPhone.
  5. Jika kalian ingin menggabungkan kotak secara satu persatu, maka pilih menu Merge.
  6. Namun jika ingin menggabungkan semua kontak duplikat sekaligus, gunakan menu Merge All Duplicates.
  7. Terakhir tunggu sampai prosesnya selesai.

2. Menghapus Duplikat Kontak di iPhone Lewat iCloud

Menghapus Duplikat Kontak di iPhone Lewat iCloud

Selanjutnya jika kalian tidak ingin memakai aplikasi tambahan untuk menghapus duplikat kontak di iPhone, maka cara ini bisa kalian coba. Di mana untuk membersihkan semua kontak ganda yang tersimpan di iPhone, kalian bisa memakai iCloud.

Namun sebelum kalian mulai melakukan pembersihan duplikat kontak di iPhone melalui iCloud, ada bagusnya untuk membackup terlebih dahulu semua kontak. Ini untuk meminimalisir terjadinya hal-hal yang tidak kalian inginkan.

Cara mencadangkan kontak di iPhone seperti ini:

  • Pertama kalian buka iCloud, bisa melalui¬†browser.
  • Lalu klik saja ikon Contact.
  • Kemudian pilih menu Settings dan Select All.
  • Setelah itu, ketuk kembali menu Settings.
  • Maka akan terbuka jendela Export vCard.
  • Ketuk menu tersebut untuk menyimpan semua kontak pada iPhone dengan format VCF.

Untuk menghapus duplikat kontak di iPhone itu begini:

  • Buka kembali iCloud.
  • Kemudian pilih menu Contact.
  • Pada menu ini, kalian bisa memilih beberapa kontak yang mempunyai nama atau nomor yang sama.
  • Atau bisa memilih Select All untuk menghapus semua duplikat kontak yang sudah dipilih.Cara Menghapus Duplikat Kontak di iPhone Melalui iCloud
  • Lalu tekan saja menu Delete untuk menghapus duplikat kontak tersebut.

Cara ini memang sedikit rumit, karena kalian harus melakukannya dengan cara menual. Jika kontak yang kalian miliki masih berjumlah belasan, mungkin cara ini cocok untuk di coba. Tapi jika sudah lebih dari ratusan atau bahkan seribuan, maka cara yang pertama akan lebih cocok untuk digunakan.

Penutup

Mungkin itu saja beberapa cara menghapus duplikat kontak yang bisa saya rangkumkan hari ini. Meski dirasa aman, namun kalian harus tetap mencadangkan seluruh kontak yang ada didalam smartphone. Karena untuk mencegah hal-hal yang tidak kita inginkan terjadi saat proses penghapusan duplikat kontak berlangsung.

Seperti biasa, jika kalian mempunyai sebuah pertanyaan seputar Android ataupun Apple, maka bisa menuliskannya di kolom komentar. Saya akan membantu untuk mencarikan solusi dari masalah yang sedang kalian alami tersebut.

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Gambar Gravatar
Sangat suka menulis dan utak atik HP dari kecil!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.