Terbaru! 7 Cara Mengembalikan Nomor Kontak yang Hilang Untuk Semua Tipe Hp Android

Cara Mengembalikan Nomor Kontak yang Hilang di Android

Cara Mengembalikan Nomor Kontak yang Hilang – Disetiap perangkat seluler tentu mempunyai sebuah aplikasi yang bernama kontak. Aplikasi tersebut mempunyai fungsi sebagai tempat menyimpan seluruh informasi penting yang berhubungan dengan nomor telepon, alamat, perusahaan, email dan data lainnya.

Aplikasi tersebut sangatlah penting untuk ada didalam sebuah ponsel, hal ini karena saat kita ingin mengirim sebuah pesan ataupun menghubungi mereka maka kita hanya perlu membuka aplikasi tersebut dan mencari nomornya. Dengan begini kita tidak akan perlu repot-repot lagi untuk mengingat setiap nomor mereka semuanya, karena kita hanya perlu menyimpan didalam aplikasi saja.

Meski kita rasa kalau aplikasi kontak adalah tempat yang aman untuk menyimpan nomor telepon atau email dari orang yang kita kenal, maka itu tidak selamanya benar. Karena beberapa kontak yang kita simpan didalam aplikasi tersebut bisa saja tiba-tiba menghilang tanpa kita sendiri sadari.

Kontak hp tiba-tiba hilang tentu bisa disebabkan oleh banyak hal, mulai dari kesalah diri sendiri, ponsel yang direset sampai terserang oleh virus dan malware. Tapi kalian tidak usah panik, karena ada sebuah cara yang bisa kalian lakukan untuk mengatasi masalah tersebut.

Cara Backup Nomor Kontak Dengan Akun Google

Sebelum kita lanjut kedalam pembahasan mengenai cara mengembalikan kontak yang terhapus di Android, ada baiknya kita melihat dilu bagaimana cara untuk mencegah agar hal tersebut tidak terjadi pada kita.

Nah, berikut ini Kampung Gadget sudah merangkumkan kalian sebuah cara mencegah agar kontak Hp tidak hilang dengan cara membackupnya pada akun Google. Lalu bagaimana caranya? Mari, kita lihat langkah-langkahnya dibawah ini:

  1. Pertama kalian masuk terlebih dahulu kedalam menu “Pengaturan” yang ada didalam ponsel.
  2. Setelah itu cari menu “Akun” yang ada dibagian bawah.
  3. Cari akun Gmail yang ingin kalian gunakan atau yang sedang digunakan.
  4. Jika sudah kalian tinggan mencari menu “Sinkronisasi Akun”
  5. Lalu kalian tinggal mencentrang menu “Kontak
  6. Selanjutnya kalian kembali lagi kedalam menu sebelumnya dan centrang opsi “Otomatis Sinkonkan Data

Dengan begitu seluruh kontak yang ada didalam ponsel kalian akan tersinkron secara otomatis dan kita juga bisa meminimalisir hilangnya kontak penting yang disimpan.

Cara mengembalikan nomor kontak yang hilang pada ponsel Android, kalian bisa menggunakan 2 tahapan yna gberbeda-beda. Mulai dari tahapan menggunakan aplikasi tambahan dan tahapan tanpa menggunakan aplikasi tambahan. Kedua tahapan tersebut memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, untuk lebih jelasnya kalian bisa menyimak informasi lengkapnya dibawah ini.

Cara Mengembalikan Nomor Kontak yang Hilang Tanpa Aplikasi

Cara Mengembalikan Nomor Kontak yang Hilang Tanpa Aplikasi

Tahapan pertama kalian bisa mengembalikan nomor kontak yang hilang tanpa menggunakan aplikasi tambahan, ini artinya kalian tidak perlu repot-repot lagi untuk menginstal aplikasi lainnya. Untuk cara mengembalikan nomor kontak yang hilang berikut ini juga dapat dibagi menjadi dua, yaitu dengan menggunakan menu restore dan google kontak yang tersedia didalam ponsel Android.

1. Cara Mengembalikan Nomor Kontak yang Hilang Dengan Menu Restore

Saat semua kontak Hp tiba-tiba hilang, kalian sebaiknya jangan langsung panik. Sebab setiap ponsel Android terbaru saat ini sudah mempunyai fitur pencadangan data penting seperti kontak secara otomatis. Sehingga saat semua kotak terhapus secara tidak sengaja, maka kita akan lebih mudah untuk memulihkannya.

Untuk menggunakan cara ini, kalian bisa mengikuti langkah-langkahnya dibawah ini:

  • Langkah pertama kalian buka aplikasi “Kontak” pada ponsel Android.
  • Setelah itu kalian cari menu “Pengaturan“.
  • Selanjutnya kalian bisa mencari menu “Pulihkan“.
  • Dalam menu ini kalian pilih akun yang digunakan sebelumnya.
  • Setelah sudah, tunggu proses pemulihannya selesai.

Jika prosesnya sudah selesai, maka semua data penting seperti kontak yang kalian backup sebelumnya pada akun tersebut akan muncul kembali. Sangat mudah sekali bukan?

2. Cara Mengembalikan Nomor Kontak yang Hilang Dengan Google Kontak

Selain cara pertama, kalian juga bisa mengembalikan nomor telepon yang terhapus di memory telepon dengan menggunakan Google Kontak. Dengan cara ini seluruh kontak yang terhapus sebelumnya akan kembali tanpa ada yang kurang. Untuk caranya adalah sebagai berikut:

  • Langkah pertama kalian masuk kehalaman “Google Kontak“.
  • Dalam menu ini kalian akan melihat seluruh kontak yang pernah disimpan sebelumnya.
  • Nah, untuk mengembalikan seluruh kontak tersebut kalian cari menu “Lainnya“.
  • Setelah itu kalian pilih menu “Urungkan Perubahan“.
  • Jika sudah kalian tinggal mengatur waktu “Recover Kontak” ke waktu saat kontak belum terhapus.
  • Selanjutnya kalian hanya perlu membuka aplikasi “Kontak” dan pilih menu “Singkronkan“.

Apabila langkah-langkah tadi sudah benar kalian lakukan maka secara otomatis seluruh kontak yang hilang akan muncul kembali. Tapi sebelum itu usahakan kalian sudah membackup seluruh nomor kontak yang ada didalam ponsel sebelumnya, karena kalau belum kalian tidak akan bisa menggunakan cara tersebut.

Cara Mengembalikan Nomor Kontak yang Hilang Dengan Aplikasi

Jika tadi kalian sudah melihat cara mengembalikan nomor kontak yang hilang di Android tanpa menggunakan aplikasi tambahan, maka untuk berikutnya kita akan melihat sebuah cara mengembalikan nomor kontak yang hilang menggunakan aplikasi tambahan untuk memulihkan kontak yang hilang pada ponsel Android.

Saat ini memang sudah tersedia banyak aplikasi pihak ketiga yang bisa kalian gunakan untuk memulihkan seluruh kontak yang terhapus didalam ponsel Android. Tapi dalam pembahasan kali ini admin hanya membagikan 2 jenis aplikasi saja, ini karena kedua aplikasi berikut lebih populer, ringan dan sangat mudah untuk digunakan.

1. Cara Mengembalikan Nomor Kontak yang Hilang Dengan Restore Contact

Cara Mengembalikan Nomor Kontak yang Hilang Dengan Restore Contact

Untuk aplikasi yang pertama yang bisa kalian gunakan adalah Restore Contact. Aplikasi ini sangat berguna jika kalian tidak sempat membackup data kontak yang sudah terlajur terhapus.

Selain penggunaanya yang mudah, kalian juga bisa menginstal aplikasi Restore Contact secara gratis didalam Google Play Store. Untuk penggunaanya kalian bisa mengikuti langkah-langkahnya dibawah ini:

  • Langkah pertama kalian buka aplikasi “Restore Contact” yang sudah didownload tadi.
  • Pilih menu “Ijinkan” saat aplikasi meminta akses ke Kontak.
  • Dengan begitu kalian akan melihat seluruh daftar kontak yang sudah dihapus.
  • Untuk mengembalikannya, kalian tinggal menekan “Titik Tiga” yang ada dipojok kanan atas.
  • Pilih “Restore All” dan tunggu sampai prosesnya selesai.

Bagaimana, sangat mudah dan simpel bukan? Jadi kalian tidak perlu khawatir lagi kalau tiba-tiba kalian tidak sengaja menghapus kontak penting yang ada didalam ponsel.

2. Cara Mengembalikan Nomor Kontak yang Hilang Dengan Recover Contact

Cara Mengembalikan Nomor Kontak yang Hilang Dengan Recover Contact

Recover Contak juga merupakan salah satu janis aplikasi yang bisa kalian gunakan untuk memulihkan seluruh kontak yang pernah dihapus sebelumnya. Kalian juga bisa mendownload aplikasi Recover Contact secara gratis didalam Play Soter dan tutorial penggunaanya adalah seperti perikut:

  • Pertama kalian buka dulu aplikasi “Recover Contact” yang sudah didownload tadi.
  • Sama seperti sebelumnya. pilih “Ijinkan” saat aplikasi meminta akses ke Kontak.
  • Setelah itu kalian akan melihat daftar kontak yang terhapus sebelumnya.
  • Untuk mengembalikan kontak yang hilang tersebut, kalian pilih menu “Recover” yang ada disamping.

Dengan begini, daftar kontak yang telah terhapus akan kembali lagi dan bisa kalian gunakan kembali.

Selain kita dapat memulihkan beberapa kontak yang pernah kita hapus sebelumnya, tapi ada baiknya kalian membackupnya secara rutin pada akun Goolge. Karena saat ponsel kalian direset maka seluruh data yang ada didalam ponsel seperti kontak akan hilang secara permanen dan jika ini terjadi aplikasi tersebut tidak akan bisa mengembalikan kontak yang sudah terhapus secara permanen.

Namun jika kalian sudah membackupnya terlebih dahulu pada akun Google, maka seluruh daftar kontak yang terhapus tadi akan lebih mudah untuk dipulihkan.

Baik, mungkin itu saja ulasan yang bisa admin hadirkan mengenai cara mengembalikan nomor kontak yang hilang di Android dan semoga informasi tadi bisa bermanfaat untuk kalian semuanya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.