Aplikasi Belajar Bahasa Jepang

Daftar Aplikasi Belajar Bahasa Jepang Sehari hari

Aplikasi Belajar Bahasa Jepang – Untuk saat ini, selain bahasa Korea, bahasa Jepang juga termasuk salah satu bahasa yang saat ini banyak di pelajari oleh orang-orang di dunia dan termasuk juga di Indonesia. Beda dengan bahasa asing lainnya, kosakata dari bahasa Jepang itu tidak terlalu sulit untuk kita pelajari.

Pada dasarnya, penulisan bahasa Jepang itu menggunakan huruf kanji, hiragana dan juga katakana. Untuk mempelajari ketiga penulisan itu pastinya akan membutuhkan waktu yang cukup lama, meski ada juga yang bisa mempelajarinya dengan cepat.

Dikarenakan saking sulitnya mempelajari penulisan bahasa Jepang, tidak sedikit dari orang yang lebih memilih untuk menyerah. Mungkin kalian salah satu orangnya?

Selain cara penulisan bahasa Jepang yang terasa cukup sulit, mengikuti kelas bahasa Jepang atau membaca buku terkadang membuat kita cepat bosan. Hasilnya sudah pasti, kita akan menyerah di tengah jalan dan lebih memilih untuk tidak melanjutkan pembelajaran.

Selain karena memang rasa malas, rasa bosan juga sangat sulit untuk kita hilangkan. Kalau malas mungkin sulit untuk kita hilangkan, tapi kalau bosan itu ada cara mudah untuk menghilangkannya. Yaitu dengan menggunakan sarana lain untuk belajar bahasa Jepang sehari-hari di rumah.

Salah satunya dengan menggunakan sebuah aplikasi belajar bahasa Jepang. Karena saat ini juga sudah ada banyak aplikasi belajar bahasa Jepang yang memiliki metode pembelajaran yang lebih asyik dan pastinya tidak membuat kalian merasa cepat bosan.

Rekomendasi Aplikasi Belajar Bahasa Jepang Terbaik Tahun Ini

Dalam pembahasan hari ini, saya akan menghadirkan beberapa aplikasi belajar bahasa Jepang yang bisa kalian install pada ponsel.

Berikut daftar aplikasi untuk kalian pengunjung setia Kampung Gadget:

1. Aplikasi SakuJapan

Aplikasi pertama yang bisa kalian gunakan ketika ingin belajar bahasa Jepang sehari-hari adalah SakuJapan. Di mana aplikasi ini merupakan besutan dari Yongkru dan memiliki ranting yang sangat bagus.

Di dalam SakuJapan, terdapat beragam kosakata, kalimat umum, nama hewan, angka yang tertulis dalam bahasa Jepang. Selain itu, kalian juga bisa menemukan sebuah game yang cukup menarik dan bisa kalian gunakan dalam mengasah kepintaran berbahasa Jepang.

Namun tidak sampai di situ saja, pada aplikasi SakuJapan, kalian juga akan mendapatkan sebuah video tentang cara belajar bahasa Jepang yang benar. Untuk mendapatkan aplikasi ini, kalian bisa mendownloadnya di Google Play Store yang ada di dalam ponsel atau di App Store untuk perangkat iOS.

2. Obenkyo

Selain SakuJapan, Obenkyo juga merupakan salah satu aplikasi belajar bahasa Jepang terbaik lainnya yang bisa kalian download. Di mana dalam aplikasi ini kalian akan diajarkan tata bahasa, kosakata yang di gunakan oleh orang Jepang.

Dalam Obenkyo, kalian juga bisa mempelajari huruf kanji, hiragana, katakana dan juga tidak ketinggalan angka dalam bahasa Jepang. Namun tidak sampai di situ saja, karena pada aplikasi ini kalian juga bisa menggunakan fitur latihan yang berfungsi untuk mengetahui tingkat kemampuan kalian dalam berbahasa Jepang.

Masih sama seperti aplikasi pertama, kalian juga bisa mendapatkan aplikasi Obenkyo secara gratis di Google Play Store atau di App Store.

3. Hello Talk

Aplikasi Hello Talk juga bisa menjadi pilihan untuk kalian yang ingin belajar berbahasa Jepang dengan baik dan benar. Karena di dalam aplikasi ini, kalian akan diajari berbahasa Jepang dengan cara mengobrol langsung lewat fitur chat yang sudah di sediakan.

Namun, untuk kalian yang ingin belajar di aplikasi Hello Talk, maka harus mencari partner terlebih dahulu. Jika sudah sesuai dengan yang kalian inginkan, maka pembelajaran bisa langsung di mulai dari aplikasi Hello Talk.

Selain itu, kalian bisa sama-sama saling mengajarkan berbahasa Jepang bersama partner yang sudah di pilih sebelumnya. Jadi, sangat cocok bagi kalian yang memang serius ingin belajar berbahasa Jepang.

4. LingoDeer

Mungkin beberapa dari kalian yang suka download aplikasi di Google Play Store, pastinya tidak asing lagi dengan aplikasi yang satu ini. Yup, LingoDeer merupakan salah satu aplikasi belajar bahasa Jepang terbaik yang ada di Google Play Store.

Di mana, aplikasi LingoDeer juga sudah memuat lebih dari 150 pelajaran bahasa Jepang yang bisa kalian ikuti dengan mudah. Sama seperti aplikasi sebelumnya, LingoDeer juga sudah dilengkapi dengan klip audio yang bisa membantu kalian untuk meningkatkan pengucapan dalam berbahasa jepang sehari-hari.

Kosakata yang ada di dalam aplikasi ini juga sudah lebih dari 2000 kosakata dan terdapat beragam kalimat yang bisa di pelajari oleh penggunanya.

5. Aplikasi Drops

Bila kalian masih belum tertarik dengan aplikasi di atas, maka mungkin berbeda dengan aplikasi berikut ini. Di mana aplikasi bernama Drops ini dibuat khusus oleh developer Language Drops dan merupakan salah satu aplikasi belajar basah Jepang terbaik.

Pada aplikasi Drops, penggunanya di sediakan waktu selama lima menit untuk memulai belajar bahasa Jepang setiap harinya. Mengenai materi yang ada di dalamnya, Drops lebih mengutamakan pembelajaran kosakata serta kalimat grammar atau tata bahasa.

Tidak hanya itu saja, aplikasi Drops juga dibekali dengan fitur permainan yang bisa digunakan oleh semua penggunanya agar tidak cepat merasa bosan saat belajar. Kurang lebih sampai saat ini, aplikasi Drops mempunyai 99 topik dan 1700 kata serta kalian yang bisa dipelajari oleh penggunanya dengan mudah.

6. Bravo Language

Bravo Language juga berada di salah satu deretan aplikasi belajar bahasa Jepang terbaik yang ada di tahun ini. Karena dalam aplikasi ini, penggunanya tidak hanya bisa menggunakannya untuk belajar bahasa Jepang saja melainkan bisa digunakan sebagai phrasebook.

Aplikasi ini menyediakan sesi pelajaran tata bahasa serta pengucapan bahasa Jepang sehari-hari yang baik dan benar. Tidak hanya itu saja, kalian juga akan di temani oleh guru virtual yang berkarakter burung beo dan suaranya di isi langsung oleh seorang guru bahasa jepang.

Jika kalian berminat, maka bisa segera mendownloadnya secara gratis di Play Store ataupun App Store yang ada di perangkat masing-masing.

7. Mondly

Mondly juga menjadi salah satu aplikasi belajar bahasa Jepang yang patut untuk kalian pertimbangkan selain beberapa aplikasi di atas. Selain itu, aplikasi ini juga mempunyai fitur chat bot yang akan membantu penggunanya dalam belajar bahasa Jepang.

Dalam aplikasi Mondly, kalian akan menemukan sebuah pelajaran harian serta beragam daftar kosakata yang bisa di pelajari dengan mudah. Mondly juga memiliki sebuah fitur yang cukup menarik, yaitu speech recognition yang dapat kalian gunakan untuk melatih saat mengucapkan bahasa Jepang.

Fitur quick session yang ada di dalamnya juga sangat berguna untuk kalian ingin menginginkan sesi pembelajaran singkat. Jadi, sudah pasti aplikasi yang satu ini akan sangat membantu kalian dalam belajar berbahasa Jepang dengan baik dan benar.

8. Kanji Senpai

Selain Mondly dan aplikasi lainnya yang saya sebutkan tadi, Kanji Senpai juga bisa kalian install jika memang ingin serius belajar menulis Jepang. Karena pada aplikasi ini, kalian akan diajari menulis Jepang dengan baik dan benar serta dimulai dari hal-hal dasar yang ada di kehidupan.

Sehingga, Kanji Senpai sangat cocok sekali untuk kalian yang memang baru mulai belajar menulis bahasa Jepang. Namun tidak hanya pembelajaran menulis saja sih, tapi Kanji Senpai juga akan mengajarkan kalian membaca huruf kanji yang sudah di tulis.

Dalam Kanji Senpai, kalian juga akan menemukan berbagai kosakata yang terbilang sangat lengkap. Tidak hanya itu, kalian juga akan mendapatkan sebuah tes kecakapan dalam berbahasa Jepang.

9. Memory Hint: Hiragana

Aplikasi untuk belajar bahasa jepang yang selanjutnya ini juga bisa menjadi pilihan untuk kalian yang memang baru mulai belajar. Karena dalam aplikasi Memory Hint: Hiragana ini kalian bisa belajar mulai dari mengenal huruf hiragana dalam bahasa Jepang.

Selain belajar mengenal huruf hiragana dalam bahasa Jepang, kalian juga akan mendapatkan sebuah kuis yang berguna untuk menguji kemampuan. Penjelasan setiap materi pembelajaran di aplikasi ini juga sangat jelas karena di lengkapi dengan gambar.

Jadi, sangat cocok sekali untuk kalian yang masih pemula dalam belajar menulis bahasa Jepang.

10. Aplikasi Tandem

Dalam aplikasi Tendem, konsep yang diusungnya itu hampir sama dengan aplikasi Hello Talk. Yang mana kalian bisa mencari partner untuk belajar bahasa Jepang bersama dan kalian juga bisa berbagai ilmu kepada mereka yang diajak sebagai partner.

Tandem juga mempunyai fitur yang tergolong lengkap, seperti video, voice notechat serta pesan yang hadir dalam bentuk gambar atau audio. Saat ini, Tandem juga sudah mendukung 150 bahasa dengan 2500 kombinasi bahasa Jepang yang ada di dalamnya.

Sehingga aplikasi yang satu ini sangat cocok sekali untuk kalian yang cepat bosan ketika belajar bahasa Jepang. Jadi, bagaimana? Jika tertarik, kalian dapat mendownloadnya di Play Store ataupun App Store yang ada di perangkat.

11. Simply Learn Japanese

Seperti dengan nama dari aplikasinya, di mana Simply Learn Japanese ini menghadirkan proses pembelajaran bahasa Jepang yang lebih simpel dan pastinya mudah di pahami oleh mereka yang baru belajar. Di dalam aplikasi Simply Learn Japanese, kalian akan menemukan berbagai hal yang berhubungan dengan pembelajaran yang di lakukan.

Mulai dari mengenal huruf kanji, hiragana, katakana, kartu bahasa Jepang, daftar ungkapan, kuis dan masih banyak lagi. Meski tampilannya cukup sederhana, namun ilmu yang ada di dalamnya sangat efektif sekali buat seorang pemula.

12. Drops: Learn Japanese

Apabila dari kalian memang sedang mencari sebuah aplikasi pembelajaran bahasa Jepang yang baru, maka Drops: Learn Japanese bisa menjadi pilihan. Karena hampir sama dengan aplikasi Simply Learn Japanese, Drops: Learn Japanese juga menghadirkan metode pembelajaran yang simpel dan sangat mudah di pahami.

Selain itu, aplikasi ini juga memberikan sebuah penekanan yang terbilang sangat mudah di bagian tata bahasa yang mendukung kosakata dan frasa. Tidak hanya itu, agar penggunanya tidak cepat bosan saat belajar, Drops: Learn Japanese juga dibekali dengan sebuah game yang menarik.

Terdapat sekitar 1700 kata dan 99 lebih topik pembelajaran yang ada di dalam aplikasi. Sehingga kalian tidak akan kehabisan bahan untuk belajar bahasa Jepang.

13. Busuu

Busuu jika menjadi salah satu dari deretan aplikasi belajar bahasa Jepang terbaik yang ada di tahun ini. Ini juga karena di dalam aplikasi Busuu, kita akan memperoleh banyak pembelajaran bahasa yang lengkap dan termasuk juga bahasa Jepang.

Fitur yang ada di dalam aplikasi Busuu juga terbilang sangat lengkap, seperti fitur latihan aksen, tips tata bahasa dan 150 lebih sisi kursus bahasa. Menariknya lagi, aplikasi ini juga sudah menyediakan dukungan untuk penggunanya yang ingin belajar bahasa Jepang secara offline atau tanpa koneksi internet.

Selain versi gratis, aplikasi Busuu juga menghadirkan versi premium yang bisa di gunakan oleh penggunanya yang memang serius belajar berbahasa Jepang.

14. Memrise

Seperti halnya aplikasi yang ada di atas tadi, Memrise juga menjadi salah satu aplikasi belajar bahasa Jepang yang cukup populer di tahun ini. Karena mungkin dalam aplikasi ini kita bisa belajar berbahasa asing yang lengkap, tak terkecuali bahasa Jepang.

Di dalam aplikasi, penggunanya akan diberikan proses pembelajaran kosakata dan tata bahasa melalui berbagai latihan, game, kuis dan juga ujian. Hal ini juga akan membuat kita yang belajar di dalam aplikasi tersebut tidak cepat merasa bosan.

Jadi, aplikasi ini pada dasarnya memang sengaja didesain khusus untuk mereka yang memang ingin serius belajar bahasa Jepang.

15. FluentU

FluentU menjadi aplikasi belajar bahasa Jepang terbaik terakhir yang bisa kalian install. Karena dalam aplikasi ini kalian juga akan diajarkan berbagai macam kebudayaan serta aktivitas sehari-hari yang dilakukan oleh orang Jepang.

Proses pembelajarannya juga akan dilakukan melalui media video, audio, trailer film, berita dan masih banyak lagi yang lainnya. Pendiri FluentU juga mengharapkan kalau aplikasi yang iya buat bisa bermanfaat bagi semua orang yang memang ingin belajar bahasa serta budaya yang ada di Jepang.

Bila kalian tertarik, maka bisa mendownload aplikasi tersebut di Google Play Store ataupun di App Store yang ada di perangkat masing-masing.

Penutup

Baik, itulah beberapa daftar aplikasi belajar bahasa Jepang terbaik tahun ini yang bisa saya sampaikan untuk kalian. Semua deretan aplikasi belajar Bahasa Jepang di atas bisa menjadi alternatif untuk kalian yang memang ingin bisa berbahasa Jepang tapi tidak ingin ikut khursus.

Walaupun melalui sebuah aplikasi, bila kalian memang serius untuk belajar, saya jamin kalian bisa mewujudkan impian untuk bisa berbahasa Jepang dengan baik dan benar. Karena pada dasarnya, cepat lambatnya seseorang dalam belajar itu ada pada niatnya masing-masing.

Semoga bermanfaat.

Gambar Gravatar
Sangat suka menulis dan utak atik HP dari kecil!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.